Tips Menjaga Kesehatan Hati Yang Perlu Kamu Ketahui

InfoKekinian.com – Hati merupakan organ pada manusia paling penting dan terbesar nomor 2. Sehingga kamu harus mengetahui tips menjaga kesehatan hati, agar organ hati kamu selalu dalam keadaan sehat.

Ketika hati rusak, ia mampu menyembuhkan diri sendiri. Namun, ini tidak berarti bahwa kamu harus membiarkan hati kamu dihancurkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Organ Hati
Kerusakan hati dapat mengakibatkan sirosis dan kanker hati yang fatal. Untuk mengurangi bahaya tersebut, kamu harus aktif menjaga kesehatan hati kamu.

Untuk mengetahui tips menjaga kesehatan hati, simak artikel ini hingga selesai.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Hati

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kesehatan liver adalah gaya hidup sehari-hari seseorang. Berikut beberapa rekomendasi dari Liver Foundation untuk menjaga kesehatan hati:

Menghindari Minuman yang Mengandung Alkohol

Jika kamu seorang pecandu alkohol, berhati-hatilah. Mengapa? Karena minum minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan hati.

Alkohol dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan pembesaran atau jaringan parut (sirosis), yang dapat mengakibatkan kematian.

Selain itu, senyawa ini dapat menyebabkan hati bekerja lebih keras untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membatasi atau menghindari minum minuman tersebut. Selain itu, waspadai semua tanda sirosis hati.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Ray Chung, MD, seorang direktur medis untuk program transplantasi hati di Rumah Sakit Umum di wilayah Massachusetts, berpendapat bahwa diet dan gaya hidup yang seimbang diperlukan untuk menjaga kesehatan hati.

Mengkonsumsi setidaknya berbagai sayuran hijau setiap hari tidak diragukan lagi bermanfaat bagi hati.

Hal ini karena sayuran, terutama yang berdaun hijau, mengandung folat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, terutama hati.

Selain itu, folat sangat bermanfaat dalam mengurangi masa penyembuhan pasien dengan masalah hepatitis.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar asam folat yang sangat tinggi.

Olahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik secara teratur, seperti berolahraga, sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

Selain itu, olahraga dapat mencegah berkembangnya masalah hati yang mengakibatkan sirosis.

Kamu yang memiliki masalah berat badan dapat berpartisipasi dalam olahraga yang membakar banyak kalori.

Sebenarnya, olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik secara keseluruhan.

kamu dapat memilih dari berenang, berlari, berjalan, dan bersepeda, serta olahraga yang mendorong penurunan berat badan yang cepat.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak mengekspos diri kamu pada risiko kesehatan yang terkait dengan mandi setelah berolahraga.

Lebih Selektif dalam Memilih Obat-Obatan

Lebih Selektif dalam Memilih Obat-Obatan
Beberapa obat yang dimaksudkan untuk mengobati penyakit yang kamu derita justru dapat melukai organ dalam kamu, khususnya hati kamu.

Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang mengambil jumlah yang berlebihan dari bahan kimia atau pengobatan herbal tertentu dalam jangka waktu yang lama.

Misalnya, penggunaan obat penurun kolesterol dan pereda nyeri seperti asetaminofen secara berlebihan dapat membahayakan jantung.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu terlebih dahulu mengunjungi petugas medis mengenai pemberian obat yang benar yang harus kamu minum.

Vaksinasi

Vaksinasi juga sangat efektif untuk mencegah penyakit hati seperti hepatitis.

Kita sadar bahwa hepatitis adalah salah satu penyakit menular yang dapat ditularkan melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus, yang kemudian dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui darah dan cairan tubuh.

Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk bepergian ke suatu daerah yang mengalami wabah virus hepatitis, sebaiknya kamu meminta vaksin untuk mencegah tertular penyakit tersebut.

Hindari Kontak dengan Sumber Racun

Tips menjaga kesehatan hati yang selanjutnya adalah mencegah kontak langsung dengan zat berbahaya setiap saat.

Beberapa larutan pembersih, semprotan aerosol, pestisida, dan bahan tambahan makanan termasuk dalam kategori ini.

Bahkan efek negatif nikotin dari rokok dapat berdampak negatif terhadap kesehatan hati dari waktu ke waktu. Menjalani gaya hidup sehat juga akan menjaga jantung kamu.

Waspada Produk Suplemen Makanan dan Herbal

Waspada Produk Suplemen Makanan dan Herbal
Beberapa obat herbal dan suplemen makanan yang sekarang tersedia di pasaran berpotensi merusak kesehatan hati. Bahkan produk tersebut dapat mempengaruhi terjadinya kerusakan organ.

Menurut Ray Chung, MD, direktur medis departemen transplantasi hati di sebuah rumah sakit umum daerah Massachusetts, mengatakan jika tidak ada bukti bahwa barang-barang ini meningkatkan kesehatan hati.

Penggunaan jangka panjang membawa bahaya mengembangkan kerusakan hati.

Mengatur Pola Makan

Ketika seseorang mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan atau mengonsumsi makanan olahan, gorengan, atau berlemak tinggi, hal itu dapat menyebabkan hati bekerja terlalu keras.

Hal ini menyebabkan ketidakmampuan organ untuk menyaring racun dan lipid dengan benar dari tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk mulai memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, baik dari segi jumlah maupun cara penyajiannya.

Misalnya, kamu bisa mengonsumsi empat makanan sehat lima ideal per hari.

Menghindari Stress dan Polusi

Menghindari Stress dan PolusiCara hidup modern memiliki banyak efek negatif pada kesehatan, termasuk pertumbuhan stres dan kemungkinan paparan polusi.

Kedua faktor ini memiliki dampak signifikan pada kinerja hati kamu, yang akan mengalami kelebihan beban saat menyaring racun yang masuk.

Menjaga Kebersihan Diri

Ini adalah tips yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama hati. Biasakan diri kamu atau anak-anak kamu untuk mencuci tangan dengan sabun secara teratur.

Tindakan ini akan menurunkan kemungkinan penularan virus yang menyebabkan penyakit hati seperti hepatitis. Perhatikan juga cara mencuci tangan yang benar dan steril.

Hindari Seks Bebas

Seseorang yang tidak berada dalam hubungan monogami memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena gangguan hati seperti hepatitis. Virus hepatitis dapat menyebar melalui darah dan cairan tubuh kita, seperti yang telah dibahas di atas.

Oleh karena itu, lebih baik untuk lebih berhati-hati selama hubungan seksual salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat pelindung diri seperti kondom.

Atau, jauh lebih baik, jika kamu setia pada kekasih kamu dan tidak memiliki akses ke seks bebas. Selain bahaya penyakit liver, aktivitas seksual bebas juga dikaitkan dengan risiko terkena AIDS.

Penuhi Kebutuhan Vitamin

Beberapa jenis vitamin, seperti vitamin B dan vitamin C, perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati.

Menurut Vincen Zanoni dari University of Michigan Medical School, sedikitnya 500 mg vitamin C per hari dapat membantu dalam pencegahan akumulasi lemak dan sirosis hati.

Selain vitamin C, vitamin B, khususnya B-12, tampaknya memainkan peran penting dalam kesehatan hati.

Vitamin ini dapat mempercepat proses penyembuhan bagi penderita penyakit kuning, anoreksia, dan peningkatan kadar bilirubin serum.

Dengan kata lain, kedua jenis vitamin ini dapat membantu melindungi dan menjaga kesehatan hati.

Mengkonsumsi Makanan Pembersih Hati

Beberapa jenis makanan diketahui mengandung bahan kimia yang dapat membantu membersihkan hati. Jelas, ini adalah salah satu teknik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran jantung.

Bawang putih, wortel, apel, bit, alpukat, sayuran berdaun hijau, minyak zaitun, biji-bijian, lemon, kunyit, asparagus, kangkung, kubis, dan kenari adalah beberapa makanan yang bisa membantu dalah membersihkan hati.

Terapi Pijat

Tips Menjaga Kesehatan Hati Terapi Pijat
Dalam upaya menjaga kesehatan hati kamu, perawatan pijat adalah pilihan tambahan.

Dengan metode ini, kamu akan dapat meningkatkan aliran darah ke organ-organ tersebut, sehingga jantung kamu dapat berfungsi secara optimal.

Selain itu, pemijatan untuk kesehatan hati sebaiknya hanya dilakukan oleh profesional yang mengerti teknik pemijatan.

Mencari Informasi tentang Kesehatan Hati

Yang tidak kalah pentingnya adalah kamu terus menerus mencari informasi tentang kesehatan dan cara menjaga kesehatan hati kamu dari buku dan sumber lainnya.

Sebaiknya kamu berkonsultasi langsung dengan dokter atau profesional medis lainnya. Hati adalah organ detoksifikasi kimia terbesar di tubuh.

Ini menunjukkan bahwa hati memainkan peran penting dalam kehidupan kita. Untuk itu, perlu selalu menjaga kesehatan organ-organ tersebut.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang paling umum dipertanyakan:

Buah Apa yang Bagus Untuk Hati?

Berikut adalah beberapa buah yang baik untuk hati:

  1. Brokoli
  2. Bit
  3. Lemon
  4. Apel
  5. Sayuran berdaun hijau.

Apakah Air Kelapa Bisa Mengobati Liver?

Air kelapa mengandung asam amino yang bisa membantu mencegah atau mengatasi komplikasi pada liver.

Asam amino ini memiliki fungsi sebagai penyusun protein dan antibodi sistem kekebalan tubuh

Apa Vitamin untuk Hati?

Dilansir dari studi mengatakan jika vitamin B12 ataupun B3 dipercaya sebagai vitamin untuk hati, karena dapat menurunkan segala risiko terjadinya perlemakan pada hati.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai tips menjaga kesehatan hati yang perlu kamu ketahui, agar fungsi organ hati kamu tetap terjaga dengan baik.

Kini kamu bisa memulai dengan hal kecil seperti menjaga kebersihan, dengan mencuci tangan secara teratur. Dan tetap untuk melakukan pemerikasaan sesuai dengan anjuran para ahli.

/* */