HP Cepat Panas! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai HP cepat panas: ini penyebab dan cara mengatasinya. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Karena banyak pengguna yang masih mengabaikan kondisi kesehatan perangkat seluler mereka dan membiarkan perilaku buruk terus berlanjut, penting bagi pengguna untuk memahami penyebab panas berlebih pada HP dan cara mengatasinya.

Padahal, jika kamu terus mempraktekkan kebiasaan berbahaya ini, umur komponen di kendaraan kamu akan lebih pendek.

Penyebab HP Cepat Panas

Munculnya gejala panas pada perangkat elektronik adalah wajar, tetapi jika panas jauh di atas kisaran normal, kamu harus curiga bahwa perangkat yang kamu gunakan tidak berfungsi dengan baik.

Panas yang dihasilkan oleh perangkat seluler ini dapat dikaitkan dengan dua sumber: baterai dan komponen perangkat keras seperti prosesor, layar, dan komponen lainnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan keduanya muncul bersamaan, misalnya panas berlebih dipicu saat panas baterai tidak kunjung hilang.

Dan panas menjalar ke komponen lain sehingga menyebabkan panas berlebih. Panas normal bukanlah masalah besar jika tidak dipicu oleh penggunaan yang berlebihan.

Jika perilaku ini berlanjut, ada kemungkinan komponen seperti baterai, CPU, dan layar akan kehilangan fungsi dan masa pakainya.

Alhasil penyebab HP overheat harus benar-benar kamu atasi dan cara mengatasinya agar performanya lebih awet dan umur ponsel bisa diperpanjang.

Penyebab HP Cepat Panas

Pemicu HP cepat panas bisa dari faktor internal dan juga eksternal. Biasanya kalau ditinjau dari segi internal kurang lebih gak jauh dengan komponen HP, aplikasi, game, dan jaringan dari ponsel tersebut.

Kemudian kalau dari segi eksternal banyak dari pengaruh kebiasaan pengguna yang cenderung buruk.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya di bawah ini:

1. Menjalankan Aplikasi Berat

Membebankan tugas berat kepada perangkat ponsel tentunya dapat berpengaruh bagi konsumsi daya sebuah baterai.

Semakin lama penggunaan dalam menjalankan aplikasi berat, maka semakin boros juga baterai yang tersisa efek instan yang bakal pengguna rasakan yaitu HP akan terasa panas.

Akan lebih baik jika kamu pakai dalam batas ketentuan wajar saja.

2. Memainkan Game Seharian Penuh

Selain aplikasi berat yang membebankan tugas perangkat, penyebab HP cepat panas yang berikutnya adalah bisa disebabkan oleh game yang dijalankan seharian penuh.

Sebenarnya game memiliki respon komponen yang lebih kompleks, karena HP membutuhkan peran GPU dan prosesor dalam membentuk kualitas gambar dan kontrol yang sempurna.

Jika hal ini dipacu seharian penuh, alhasil perangkat bisa sampai overheat.

3. Baterai Sudah Usang Baterai HP Rusak

Kondisi baterai yang sudah tidak sehat sangat memberikan pengaruh terhadap penyaluran daya di dalam ponsel.

Karena aktivitas baterai yang bisa dikatakan sudah tidak normal lagi, alhasil selama penggunaan harian akan memunculkan gejala aneh seperti HP suka panas dengan sendirinya.

Hal tersebut diakibatkan baterai yang sudah bocor, terlalu cepat menyerap daya hingga menyebabkan suhu perangkat meningkat.

4. HP Susah Menangkap Sinyal

Belum banyak orang tahu jika HP sedang melakukan aktivitas menangkap sinyal, sistem dalam perangkat sangat berusaha keras untuk kembali menghubungkan ke jaringan demi mendapatkan kualitas akses yang bagus.

Biasanya HP akan mudah panas jika kamu menghidupkan paketan data. Solusinya adalah jika berada di tempat yang sulit menjangkau sinyal, sementar matikan dulu paketan data lalu hubungkan saja ke koneksi Wi-Fi.

5. Faktor Cuaca dan Suhu Sekitar

Sebenarnya faktor eksternal seperti cuaca dan temperatur bisa sangat mempengaruhi suhu sebuah ponsel.

Jika cuaca sekitar lagi panas dan kamu terpaksa mengoperasikan ponsel di ruangan outdoor, gak perlu tunggu lama hanya hitungan sesaat saja HP kamu suhunya bakal naik.

Karena berdasarkan pengalaman admin pribadi, faktor tersebut memang sangat terbukti.

Menjalankan Aplikasi Berat

6. Charger HP Bermasalah

Jangan pernah kalian pakai charger HP yang tidak sesuai dengan spek aslinya.

Dikhawatirkan jika cas yang dipakai memiliki output daya lebih besar, baterai dalam ponsel terlalu cepat menerima arus hingga menyebabkan suhu naik, begitupun sebaliknya.

Apalagi kalau HP kondisi di cas tetapi masih dipaksa digunakan, seperti bermain game, atau menjalankan aplikasi berat. Tentu suhu bakal naik seketika.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Berikut adalah cara mengatasi ketika Handphone cepat panas:

1. Bermain di Ruangan Ber-AC

Buatmu yang miliki rezeki lebih, gunakanlah air conditioner atau AC, karena cara mendinginkan HP ini terbilang cukup efektif.

Dengan berdiam diri di ruangan ber-AC, tidak hanya gawaimu saja yang dingin, namun badanmu juga akan merasakan dampaknya.

Rasanya merasakan lose streak di game Mobile Legends takkan sesakit itu di ruangan ber-AC. Biasanya, suhu ruangan ideal supaya suhu gawai tetap terjaga ialah berada pada kisaran 25c karena kita hidup di daerah tropis.

Meski tidak serta-merta mendinginkan suhu gawai secara masif, namun setidaknya suhu HP tetap bisa dikondisikan, bukan?

2. Gunakaan Cooler Tambahan

Nah, cara mendinginkan HP yang satu ini cukup populer buat saat ini loh. Tak hanya laptop, namun kini HP diberikan kemudahan untuk akses pendinginan ekstra.

Biasanya, cara gunakan cooler ini cukup ditempelkan pada bagian belakang gawai sembari dicolok ke charger, atau bahkan gawaimu secara langsung.

Beruntung, opsi gunakan cooler tambahan ini terbilang cukup mudah dan murah untuk dilakukan siapapun.

Kalian bisa temui beraneka ragam cooler khusus HP, bahkan tablet yang mampu turunkan suhu gawaimu secara signifikan.

Sebagai referensi, sebelumnya kami pernah mengulas smartphone gaming Black Shark 4 dengan dan tanpa cooler, yang bisa kalian lihat di atas.

3. Istirahatkan HP

Cara termudah untuk mendinginkan HP ialah dengan mengistirahatkannya barang sejenak. Biasanya, penyebab utama dari panasnya gawai ialah dikarenakan pemakaian yang terlalu intens.

Entah itu untuk bermain game, maupun sekedar digunakan. Dengan mengistirahatkan HP sekitar 20-an menit, setidaknya suhu gawai mampu turun perlahan.

4. Bersihkan HP dari File Sampah

Bila HP sudah cukup lama digunakan, biasanya akan ada banyak file sampah yang terakumulasi. Entah itu cache aplikasi, cookies pada browser, yang semuanya berperan untuk membantu dongkrak suhu HP secara tidak langsung.

Prosesor dan RAM pada gawaimu akan terkena imbasnya, menjadi lebih panas karena harus memproses semuanya.

Jangan salah, terkadang membersihkan HP juga bisa menjadi salah satu cara mendinginkan HP paling efisien loh.

Memainkan Game Seharian Penuh

5. Hindari Memainkan HP Sembari Mengisi Daya

Nah, ini nih kebiasaan yang paling sering penulis lihat di sekitar. Sebisa mungkin, hindari memainkan HP sembari mengisi daya, karena akan berdampak pada performa dari HP itu sendiri.

Logikanya, mengisi daya saja sudah bisa membuat HP terasa hangat, apalagi bila sembari digunakan untuk sesuatu yang menuntut, seperti nge-game.

Bila Sobat kekinian tetap melakukan hal tersebut, ditakutkan justru akan memperpendek usia dari gawai itu sendiri.

6. Mematikan Bluetooth dan Akses Lokasi

Eits siapa bilang bahwa bluetooth dan akses lokasi tidak menyedot daya yang cukup besar. Justru dengan mematikan konektivitas bluetooth berikut akses lokasi bila tak diperlukan memang terbukti mampu turunkan suhu gawai milikmu.

7. Cara Mendinginkan HP Terekstrim, Cemplungin ke Air

Buatmu yang miliki HP yang tahan air seperti limbah Jepang milik penulis, rasanya cara mendinginkan HP ini sangatlah lumrah dilakukan.

Perlu dicatat bahwa ini termasuk ekstrim karena tidak semua HP memiliki sertifikasi tahan air. Namun, bila kamu memang kebetulan miliki HP yang memang tahan air, rasanya tak ada salahnya untuk mencoba cara ekstrim yang satu ini.

Sebagai referensi, penulis berhasil turunkan suhu dari 40c ke 32c dengan mencemplungkan limbah Jepang ke dalam air selama 1 menit.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah Handphone yang sering cepat panas dan bahkan berakibat baterai yang cepat habis.

Demikianlah artikel mengenai HP Cepat Panas! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya ​dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.