Inovasi Bisnis Kreatif di Era Pandemi


Infokekinian.com – Pernahkah kalian berfikir untuk membuat inovasi bisnis kreatif di era pandemi? Yang dimaksud dengan “bisnis kreatif” adalah jenis usaha yang memanfaatkan kreativitas manusia dalam bentuk konsep, ide, bahkan sumber daya alam.

Menipisnya sumber daya alam menjadikan bisnis kreatif sebagai solusi atas minimnya pasokan sumber daya alam tersebut.

Karena bisnis ini tidak mengkonsumsi sumber daya alam sama sekali, tidak berkelanjutan.

Menurut solusi ini, kelangkaan sumber daya alam saat ini dapat diatasi melalui model bisnis kreatif yang tidak mengandalkan pengelolaan sumber daya. Namun tetap memberikan keuntungan bagi pelakunya.

5 Inovasi Bisnis Kreatif

5 Inovasi Bisnis Kreatif

Berikut ini macam-macam bisnis kreatif yang cukup menjanjikan untuk memberikan keuntungan, tanpa mengeksplorasi sumber daya alam:

1. Membuka Jasa Kepenulisan

Banyak orang yang memilih untuk tetap berada di rumah selama masa pandemi seperti ini. Oleh karena itu, bisnis kreatif ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang prospektif.

Membuka jasa penulisan merupakan bisnis kreatif yang membutuhkan inovasi penulisan dan kemampuan untuk mengartikulasikan ide-ide tersebut secara lisan.

2. Membuka Layanan Periklanan Kreatif

Advertisements

Membuka biro iklan kreatif adalah usaha bisnis yang bisa dibayangkan berikutnya bagi seorang wirausahawan kreatif.

Bisnis kreatif ini menuntut setiap pelaku untuk aktif di media sosial dan memiliki jumlah pengikut yang signifikan.

3. Membuat Produk Daur Ulang

Selain dapat membantu menjaga lingkungan, perusahaan kreatif dengan membuat produk daur ulang dapat menambah manfaat dari produk yang tidak lagi digunakan untuk menghasilkan keuntungan.

Jumlah sampah yang dapat merusak lingkungan dapat dikurangi dengan kontribusi bisnis kreatif ini.

4. Sewa Perlengkapan Bayi

Membeli perlengkapan bayi yang sudah lama tidak digunakan adalah pemborosan. Alhasil, memulai bisnis persewaan perlengkapan bayi bisa menjadi bisnis kreatif.

Menyewakan perlengkapan bayi yang sudah digunakan oleh orang tua yang sudah menjadi orang tua mungkin bisa menjadi modal usaha untuk bisnis kreatif ini. Alhasil, tidak perlu lagi membeli perlengkapan bayi.

5. Membuat Undangan

Ide bisnis kreatif berikutnya yang sangat menguntungkan adalah membuat undangan. Undangan dirancang dalam berbagai bentuk yang membutuhkan pemikiran kreatif yang unik.

Selain itu, bisnis pembuatan undangan yang kreatif dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada bisnis tradisional.

Hal ini dikarenakan usaha ini bukan merupakan usaha musiman dan tidak memerlukan eksploitasi sumber daya alam yang semakin berkurang.

Kesimpulan

Dengan semakin berkurangnya sumber daya alam, tuntutan terhadap kesejahteraan manusia meningkat pada saat yang bersamaan.

Sebagai solusi, diperlukan usaha kreatif yang mampu memenuhi kesejahteraan individu tanpa harus menggali sumber daya alam yang semakin langka.

Demikianlah artikel mengenai Inovasi Bisnis Kreatif di Era Pandemi dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */