Inilah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia Beserta Peninggalannya Yang Paling Terkenal

Munculnya kerajaan Hindu Budha di Indonesia dijaman dahulu tidak terlepas dari proses sejarah. Pasti Anda pernah berpikir bukan, asal muasal dari kerajaan-kerajaan tersebut? Pertanyaan tersebut mungkin kerap muncul dan sering ditanyakan mengenai bagaimana proses muncul dan terbentuknya.

Masuknya beberapa kerajaan di Indonesia ternyata telah membawa beberapa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Ambil contoh saja bahwa dulu kepercayaan masyarakat Indonesia bersifat Animisme dan juga Dinamisme lalu berubah menjadi penganut agama Hindu dan Budha.

 

Pada tahapan ini, tatanan kehidupan masyarakat sudah mulai mengenal dengan yang namanya kasta. Selain kasta, seni ukir, seni bangunan, seni sastra hingga seni pahat juga mulai berkembang. Bahkan perubahan yang paling penting masuknya Hindu Budha ini pun terlihat di bidang politik dan juga pemerintahannya dimana dulunya hanya mengenal pemerintahan yang sederhana seperti masyarakat di suatu desa hingga berubah menjadi sebuah kerajaan.

peninggalan kerajaan Hindu Budha di Indonesia

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan Hindu di Indonesia yang pertama adalah Kerajaan Kutai yang didirikan pada abad ke 5 Masehi.  Berada di lembah Sungai Mahakam atau lebih tepatnya berada di Kalimantan Barat.

Sumber sejarah dari kerajaan ini pun diketahui setelah ditemukan prasasti yang bernama Yupa yang berjumlah 7 buah di daerah Kutai. Prasasti ini pun merupakan sumber sejarah yang sangat penting karena terdapat sejarah dan juga silsilah dari Kerajaan Kutai itu sendiri. Untuk prasasti tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa sansekerta dan Aksara Pallawa.

2. Kerajaan Tarumanegara

Merupakan kerajaan yang bercorak Hindu. Berdiri sejak abad ke 5 Masehi yang terletak di daerah Jawa Barat. Raja pertama dari Kerajaan Tarumanegara bernama Purnawarman yang digambarkan dengan sosok raja yang rendah hati dan merakyat.

Namun, kerajaan tersebut runtuh pada abad ke 7 setelah di serang oleh Kerajaan Sriwijaya. Beberapa peninggalan  dari kerajaan tersebut antara lain prasasti Ciarateun, Prasasti Pasir Awi, Prasasti Tugu, Prasasti Kebon Kopi dan Prasasti Muara Ciantern.

3. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan terbesar di Indonesia dengan corak Budha. Berdiri sejak abad ke 7 Masehi yang terletak di Sumatera. Menjadi salah satu kerajaan Hindu di Indonesia yang paling besar dan terkenal mengingat hampir di seluruh wilayah Nusantara.

Salah satu wilayah taklukannya yaitu berada di tepian Sungai Musi yang berada di Sumatera Selatan hingga ke Selat Malaka. Dan pada saat itulah jalur kawasan tersebut menjadi jalur perdagangan antara India dan Cina.

4. Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno atau yang lebih dikenal dengan Kerajaan Medang merupakan kerajaan yang berdiri di abad 8 Masehi yang dengan corak Budha dan berada di Jawa Tengah. Beberapa dinasti pernah berkuasa pada kerajaan  tersebut seperti Dinasti Syailendra, Dinasti Isana dan Dinansti Sanjaya. Adapun peninggalan dari Kerajaan  Mataram Kuno yaitu Candi Borobudur, Candi Sewu, Candi  Bima dan Candi Arjuna.

5. Kerajaan Majapahit

Merupakan kerajaan yang berpusat di kawasan Jawa Timur. Berdiri di tahun 1293 Masehi dan runtuh di tahun 1500 Masehi. Untuk wilayah yang pernah dikuasai memang sangat luas bahkan wilayah Indonesia yang sekarang masih kalah luas dengan wilayah kerajaan tersebut.

Untuk Kerajaan Majapahit sendiri merupakan salah satu kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Beberapa peninggalan dari Kerajaan Majapahit yaitu Candi Cetho, Candi Jabung, Candi Tikus, Prasasti Gajah Mada dan masih banyak lagi.

 

Tinggalkan komentar