Pengertian, Fungsi dan Simbol-Simbol Dalam Flowchart

Apakah Anda tau apa itu istilah flowchart? Atau mungkin Anda sering menggunakan flowchart? Dalam membangun sebuah sistem biasanya flowchart ini banyak dimanfaatkan, yakni untuk membuat rancangan yang logis dalam suatu program. Dengan menggunakan flowchart, maka Anda bisa menguraikan setiap kegiatan yang akan digunakan dalam aktivitas tersebut.

Pengertian Flowchart

Lalu apa sebenarnya pengertian flowchart? Diagram alir atau flowchart adalah salah satu jenis diagram yang digunakan untuk mempresentasikan algoritma atau langkah instruksi yang berurutan dalam sebuah sistem.

Pengertian Flowchart

Umumnya, seorang analis sistem memanfaatkan flowchart sebagai bukti guna menjelaskan atau gambaran secara logis dalam sistem tersebut yang akan dibangun oleh programmer. Dengan demikian maka flowchart sangat membantu dalam memberikan solusi untuk masalah yang baru saja terjadi ketika membangun sistem.

Selain itu, flowchart juga biasanya digambarkan menggunakan simbol-simbol, dimana setiap simbol flowchart sendiri mewakili suatu proses tertentu dalam program yang direncanakan. Sedangkan untuk menghubungkan simbol atau program tersebut, biasanya menggunakan garis penghubung.

Lalu sebenarnya apa fungsi flowchart? Setelah mengetahui pengertian flowchart tersebut, mungkin telah ada gambaran apa fungsi dan tujuan dari flowchart.

Fungsi flowchart dalam dunia sistem:

1. Untuk Merancang Proyek Baru
Ketika Anda akan merancang suatu proyek, maka flowchart ini bisa digunakan untuk memetakan proyek tersebut. Hal ini dapat membantu Anda untuk merancang berbagai langka yang akan dilakukan dalam melibatkan keputusan bersama

2. Untuk Mengelola Alur Kerja
Ketika Anda akan melakukan alur kerja, maka flowchart ini merupakan cara yang paling efektif untuk dilakukan, karena integritas dalam proses tersebut, mampu menciptakan suatu hasil yang berkualitas sesuai prosedur.

3. Untuk Memodelkan Proses Bisnis
Dalam suatu bisnis, tentunya hal yang butuh dirancang tak hanya keuntungan saja, namun juga tugas yang harus dilakukan baik tugas sederhana maupun rumit. Dengan begitu, maka pemodelan flowchart ini dilakukan agar bisa memberikan hasil yang konsisten serta bisa diprediksi.

4. Untuk Mendokumentasikan Proses
Untuk menyelesaikan suatu proyek, maka perlu adanya dokumentasi proses. Nah, flowchart ini dapat digunakan sebagai media yang paling tepat untuk memenuhi tujuan tersebut. Karena jika dibandingkan menggunakan narasi, maka menggunakan flowchart dengan memetakan maka dokumentasi setiap proses akan menjadi lebih efisien.

Pada dasarnya untuk membuat flowchart tidak menggunakan ketentuan mutlak yang wajib dilakukan, sebab flowchart dibuat berdasarkan pemakaian masing-masing orang untuk menganalisis suatu permasalahan bisnis. Meski demikian, Anda juga harus mengetahui simbol-simbol flowchart yang umum digunakan agar memudahkan dalam pembuatannya.

Simbol flowchart dibagi menjadi 3 kategori yakni:

1. Simbol Arus atau Flow Direction Symbols
Salah satu simbol ini dikategorikan dalam beberapa simbol yakni flow direction symbol yang digunakan untuk menghubungkan antar simbol, communication link yang digunakan untuk transisi antar lokasi, connector yang digunakan untuk menyatakan sambungan antar proses, serta offline connector yang digunakan untuk menyatukan sambungan proses antar halaman.

2. Simbol Proses atau Processing Symbols
Simbol flowchart ini digunakan untuk menyatakan simbol yang berkaitan dengan berbagai proses yang akan dilakukan. Beberapa simbol yang masuk dalam kategori ini yakni processing yang digunakan untuk menunjukkan pengelolaan yang akan digunakan pada komputer, manual operation yang digunakan untuk menunjukkan pengelolaan yang tidak dilakukan pada komputer, terminal yang digunakan untuk mengakhiri suatu program, dan offline program yang digunakan untuk menunjukkan data yang akan disimpan dalam media tertentu.

3. Simbol I/O (input-output)
Yang termasuk dalam simbol ini yakni input atau output yang digunakan untuk menyatakan  input dan output tanpa melihat jenisnya, punched card yang digunakan untuk menyatakan masukan dan keluaran yang berasal dari card, serta disk strange yang digunakan untuk menyatakan masukan atau keluaran yang berasal dari disk.

Bagaimana sangat penting bukan fungsi flowchart? Dengan demikian, agar memudahkan suatu program atau kegiatan yang akan Anda lakukan, maka rancanglah menggunakan flowchart, agar kegiatan yang dilakukan bisa sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Tinggalkan komentar