Pengertian dan Fungsi Iman Hari Kiamat Secara Lengkap

Sesuatu hal yang sangat mengerikan jika kita membahas Hari Kiamat atau pembalasan hari akhir. Karena jika kita menyaksikan kejadian hari Kiamat akan ditampakkan segala macam kehancuran di muka bumi.

Untuk itulah kita harus bertawakal kepada Allah SWT agar kita semua berada dalam rahmat serta Lindung Nya.

Pengertian Hari Kiamat

Hari Kiamat adalah hari dimana terjadinya hancur leburnya semua mahluk yang ada di alam semesta ini secara total tanpa tersisa. Pengertian Hari Kiamat dalam Islam adalah Kehancuran total semua alam semesta berserta mahluk yang ada di dalamnya kecuali yang dikehendaki oleh Allah SWT.
Kiamat dalam Agama Islam dimulai saat malaikat Israfil meniup sangkakala untuk yang pertama saat itu juga kehancuran yang dahsyat terjadi, bahkan bencana alam yang pernah terjadi tak sebanding dengan kedahsyatan kehancuran Alam semesta pada saat Hari Kiamat. Semua Mahluk Ciptaan Allah SWT akan binasa. Setelah semuanya sudah hancur, kemudian malaikat Israfil meniup sangkakala untuk kedua kalinya saat itu semua Manusia dari Nabi Adam sampai manusia yang terakhir lahir semua dibangkitkan di Padang Mahsyar untuk melaksanakan Hari Pembalasan.

Macam-macam Hari Kiamat

Di dalam agama Islam hari Kiamat dibagi menjadi dua jenis Kiamat Sugra ( Kiamat Kecil ) dan Kiamat Kubro ( Kiamat Besar )

Kiamat Sugra (Kiamat Kecil)

Kiamat Sugra yaitu kiamat kecil yang sering terjadi pada kehidupan kita sehari hari, seperti meninggal nya seorang manusia, bencana alam yang sering terjadi itu bagian dari kiamat Sugra.
Banyak terjadinya bencana alam yang merupakan kiamat Sugra menandakan teguran Allah SWT agar kita sebagai manusia kembali ke jalan yang benar serta mematuhi semua kewajiban dalam beragama serta menjauhi hal hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Kiamat Kubro (Kiamat Besar)

Kiamat Kubro belum pernah terjadi dan akan terjadi hanya satu kali, karena kiamat kubro berarti hancurnya semua alam semesta sampai tidak ada yang tersisa. Peristiwa ini tak bisa dibayangkan oleh logika manusia karena efek kehancurannya sungguh sangat menakutkan. Dan segala amal perbuatan manusia sudah tertutup rapat tidak diterima lagi.

Tanda tanda Hari Kiamat

Ada dua jenis tanda tanda Hari Kiamat yaitu :

Tanda tanda kiamat kecil

Yang termasuk tanda tanda Kiamat Kecil diantaranya:
Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman
Jumlah kaum perempuan lebih banyak dibandingkan kaum laki laki
Fitnah terjadi dimana mana
Terdapat golongan besar yang saling membunuh tetapi saling mengakui bahwa memperjuangkan Islam
Sering terjadinya bencana Alam
Laki laki yang menyerupai wanita dan begitu juga wanita yang seperti laki laki
Urusan tidak dipegang oleh ahlinya
Kemaksiatan merajalela

Tanda tanda kiamat Kubro

Yang termasuk tanda tanda kiamat Kubro, diantaranya:
Matahari terbit dari barat
Munculnya Imam Mahdi
Munculnya Dajjal
Munculnya Nabi Isa
Keluarnya Yajuj dan Majuj

Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat

Meningkatkan ketakwaan kepada ALLAH SWT, serta berbakti kepada orang tua serta berbuat baik sesama manusia dan mahluk hidup lainnya
Membuat manusia semakin sadar bahwa kehidupan yang sekarang diajalani hanya sementara untuk mencari bekal untuk mempersiapakan di kehidupan selanjutnya
Menyadarkan manusia untuk selalu bersikap hati hati, sehingga meningkatkaan kadar taat kepada perintah Agama serta sadar atas kesenangan di dunia.
Akan membuat hati menjadi tentram, karena tidak iri dengan rezeki yang diperoleh orang lain
Meningkatkan motivasi manusia untuk berbuat amal sholeh dan menjauhi larangan ALLAH SWT
Hikmah Beriman kepada Hari Kiamat
Beberapa hal hikmah beriman kepada hari kiamat diantaranya:
Memberikan dorongan untuk bersikap dan berperilaku positif dengan musibah yang dialami
Membaisakan diri berbuat baik serta menjaugkan diri kepada hal hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain
Mempertebal keyakinan bahwa ALLAH SWT Maha Kuasa dan Maha Adil dalam segala sesuatu.

Demikian Artikel tentang pengertian Hari Kiamat, semoga kita bisa selalu belajar untuk menjadi lebih baik agar kita bisa semakin dekat dengan ALLAH SWT.

Tinggalkan komentar