Mari Kenali Pengertian HIV AIDS dan Cara Pencegahannya !

Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus kemudian menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang, apalagi namanya kalau bukan AIDS? Ya, penyakit yang satu ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas.

AIDS sendiri sudah ada sebelum zaman belum semodern sekarang. Nah, sebelum mengetahui penjelasan AIDS lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui sejarah penyakit menular ini dahulu bukan? Kepanjangan AIDS yakni Aquired Immunodeficiency, penyakit ini dilaporkan pertama kali pada tahun 1981.

Pengertian HIV AIDS

Pada tahun tersebut AIDS menyerang beberapa orang Amerika Serikat, namun seiring berjalannya waktu, jumlah penderita AIDS semakin banyak, khususnya di Los Angeles dan New York. Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa penyakit tersebut menular melalui hubungan seks, penggunaan jarum suntik, dan melalui transfusi darah.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini kemudian merambah dan sampai ke Indonesia pada tahun 1987. Penyebaran AIDS di Indonesia pun sama kasusnya dengan yang ada di negara lain, yakni hubungan seks, penularan melalui jarum suntik, serta transfusi darah.

Jumlah penderita AIDS dari tahun ke tahun semakin banyak, akan tetapi hingga kini pun belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan AIDS secara total. Beberapa obat hanya mampu memperlambat fase AIDS saja, namun tidak mampu menghilangkan penyakit itu.

Beberapa orang mengungkapkan pengertian AIDS yang lebih simple, yakni sebuah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus HIV, kepanjangan HIV sendiri adalah Human Immune Deficiency Virus yang kemudian menyerang sistem imun manusia. Jadi, penderita HIV AIDS cenderung lebih mudah terkena penyakit lain, karena daya tahan tubuh semakin menurun.

Gejala yang paling ringan dari HIV AIDS semakin cepat lelah, lemas dan demam. Pada awalnya memang masih gejala umum seperti penyakit lain, dan mulai berkembang setelah beberapa bulan. Ya, proses penyerangan virus HIV terbilang cukup lama, namun hal tersebut juga tergantung dengan kondisi si penderita.

Setelah berjalan 4 hingga 6 bulan, AIDS mulai tampak, perubahan pada penderita pun cukup signifikan. Ciri-ciri terkena HIV AIDS setelah 4 bulan lebih adalah cepat lelah, bernafas berat, terasa sesak di dada, dan sering demam dalam kurun waktu lama. Selain itu, berdatangan pula penyakit lain, seperti flu, batuk, sariawan, dan sebagainya, karena system immune mengalami penurunan.

Ada pula pengertian AIDS yang disimpulkan oleh Wikipedia, yakni sekumpulan infeksi atau gejala yang terjadi akibat rusaknya sistem imun pada tubuh manusia karena virus HIV. Jadi, bisa diartikan bahwa fase awal dari AIDS disebut HIV, kemudian fase lanjutan yang sudah 6 bulan ke atas bisa disebut penyakit AIDS.

Penyakit yang satu ini akan berujung kematian, sudah tidak sedikit orang yang mengalami kematian akibat penyakit AIDS. Hal ini juga dikarenakan penularan virus HIV bisa melalui berbagai macam.

Dengan alasan tersebut, maka banyak yang beranggapan bahwa penderita AIDS harus dihindari, dijauhi, jangan didekati, agar tidak menular. Padahal anggapan tersebut salah besar. Penderita HIV AIDS sangat memerlukan motivasi, dukungan, atau semangat, terlebih dari orang-orang terdekatnya. Dengan semangat, maka ia bisa bertahan hidup, bisa memperjuangkan cita-citanya.

Perlu Anda ketahui, meski AIDS adalah penyakit menular, namun tidak berarti dengan berjabat tangan, dengan mengobrol, atau dengan bersentuhan penyakit tersebut menular. AIDS hanya bisa menular melalui hubungan seks, transfusi darah dan jarum suntik. Jadi, tak perlu khawatir bila Anda tak melakukan ketiga hal tersebut.

Untuk terhindar dari AIDS, Anda pun harus melakukan beberapa pencegahan atau penanggulangan. Pencegahan tersebut tentu dengan cara menjauhi hal-hal yang berkaitan atau yang bisa menularkan virus HIV.

Nah, itu dia pengertian HIV AIDS dan beberapa penjelasan lainnya yang bisa membantu Anda terhindar dari penyakit berbahaya yang berujung kematian ini.

Tinggalkan komentar