Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Dalam Bukunya

Anda pasti sering mendengar kata manajemen. Ya, umumnya, kata manajemen ini sendiri digunakan pada sebuah organisasi untuk menjalankan sebuah organisasi dengan baik. Namun, apakah pengertian dari manajemen itu sendiri? Sebagian orang pastinya sudah paham dengan tujuan dari manajemen, namun apakah ada tahu apa arti manajemen itu sendiri?

Pengertian manajemen menurut beberapa ahli yang telah disimpulkan yakni sebuah seni dalam ilmu serta proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan serta pengendalian ataupun pengawasan.

Pengertian Manajemen

Mengapa pengertian dari manajemen ini merupakan sebuah seni? Hal tersebut karena seni berfungsi untuk bisa mewujudkan sebuah tujuan yang nyata dengan adanya hasil ataupun manfaat. Sementara itu, manajemen yang digunakan sebagai ilmu nantinya akan digunakan untuk menerangkan berbagai fenomena atau kejadian sehingga dapat memberikan penjelasan yang sebenarnya dan sejelas-jelasnya.

Selain pengertian manajemen di atas, Anda juga harus mengetahui bahwa manajemen itu sendiri berasal dari bahasa inggris yakni “Manage” yang memiliki arti mengurus, mengendalikan, mengelola, memimpin dan mengusahakan. Sementara itu, secara etimologis arti dari manajemen itu sendiri adalah seni untuk melaksanakan serta mengatur.

Tak cukup sampai disitu saja, pengertian manajemen lainnya yakni dipandang sebagai disiplin ilmu yang dimanfaatkan untuk mengajarkan proses agar bisa mendapatkan tujuan organisasi di dalam upaya bersama dengan sejumlah orang ataupun sumber milik organisasi. Sedangkan orang yang melakukan manajemen disebut dengan manajer.

Setelah Anda mengetahui apa itu manajemen secara umum, tampaknya juga penting bagi Anda untuk mengetahui pengertian manajemen yang diungkapkan oleh para ahli. Nah, siapakah yang menjabarkan tentang pengertian dari manajemen itu sendiri? Berikut adalah beberapa ahli yang mengungkapkan arti dari manajemen.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. George R.Terry
Beliau mengungkapkan bahwa pengertian manajemen itu sendiri merupakan suatu proses ataupun kerangka kerja yang mana melibatkan bimbingan ataupun arahan untuk suatu kelompok agar bisa menuju ke arah tujuan dari organisasional yang nyata.

2. Enclycopedia of the Social Science
Menurut Enclycopedia of the Social Science, manajemen ialah suatu proses yang mana pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan selalu diawasi.

3. Mary Parker Follet
Ahli yang satu ini mengatakan bahwa pengertian manajemen itu sendiri merupakan sebuah seni atau yang juga disebut dengan management is art. Artinya, setiap pekerjaan mampu untuk diselesaikan oleh orang lain.

4. Lawrence A. Appley
Sedangkan menurut Appley sendiri, manajemen adalah seni untuk mencapai tujuan suatu usaha yang dilakukan melalui usaha orang lain.

5. Wilson Bangun
Wilson Bangun mengungkapkan bahwa arti dari manajemen itu sendiri merupakan rangkaian aktivitas yang dikerjakan oleh para anggota organisasi untuk bisa mencapai tujuan.

6. Koontz
Sedangkan menurut Koont, manajemen adalah sebuah seni yang paling produktif dan selalu didasarkan dengan menggunakan pemahaman terhadap ilmu yang digunakan untuk mendasarinya.

Sebenarnya, masih banyak para ahli yang mengungkapkan pengertian manajemen ini. Yang mana, inti dari pengertian manajemen tersebut sama yakni digunakan untuk memudahkan dalam mengatur suatu organisasi.

Selain itu, untuk dalam menjalankan sebuah manajemen juga tidak boleh sembarangan. Anda harus memiliki pengetahuan tentang manajemen terlebih dahulu agar tidak menyebabkan kesalahan saat menjalankannya. Tentu saja, akan menjadi sebuah hal yang sulit bagi Anda jika tidak mengetahui apapun tentang manajemen yang satu ini.

Lalu, apakah belajar bagaimana cara melakukan manajemen adalah hal yang sulit untuk Anda lakukan? Ternyata tidak, bahkan Anda bisa mempelajarinya secara langsung lewat beberapa organisasi yang Anda ikuti, lingkungan kantor dan masih banyak yang lainnya.

Demikian pengertian manajemen menurut beberapa ahli. Semoga informasi tentang apa itu manajemen dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar