Pengertian Politik Menurut Para Ahli? Berikut Ini Pembahasannya

Politik menjadi salah satu kata yang sudah tidak asing lagi. Jika merujuk pada kata politik pasti Anda akan ingat tentang Pilkada, Pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden, partai politik dan masih banyak lagi. Tentu saja, kata politik sudah sangat akrab didengar oleh masyarakat awam.

Bagaimana tidak, politik tak hanya milik para pejabat saja, namun masyarakat dari berbagai lapisan juga sangat lekat dengan istilah yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa yang dimaksud dengan politik itu sendiri dan bagaimana pengertian politik?

 

Untuk memberikan pengetahuan bagi Anda, di bawah ini akan dibahas tentang beberapa ahli yang menyampaikan pendapat tentang arti politik itu sendiri? Ada siapa sajakah yang menjabarkan pengertian dari politik?

Pengertian Politik Secara Umum

1. Aristoteles
Siapa yang tak kenal dengan tokoh bersejarah satu ini? Menurut Aristoteles, pengertian politik merupakan suatu upaya ataupun cara agar bisa memperoleh sesuatu yang dikehendaki.

2. Joice Mitchel
Sementara menurut Joice Mitchel, arti politik sendiri merupakan sebuah pengambilan keputusan yang kolektif ataupun pembuatan kebijaksanaan masyarakat umum seluruhnya.

3. Prof. Meriam Budhiarjo
Sedangkan menurut Prof. Meriam Budhiarjo, pengertian dari politik itu sendiri yakni berbagai macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan serta pelaksanaan dari tujuan itu sendiri.

4. Johan kaspar Bluchli
Menurut politik yang satu ini, arti politik ialah suatu paham ilmu yang memperhatikan dengan baik masalah kenegaraan dengan cara memperjuangkan pengertian serta pemahaman tentang suatu negara serta keadaanya, berbagai sifat dasar dalam berbagai macam bentuk manifestasi pembangunan.

5. F. Soltau
Tokoh yang satu ini menjelaskan pengertian politik yaitu suatu ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan berbagai macam lembaga yang melaksanakan tujuan itu sendiri.

6. Robert
Menurut Robert arti dari politik itu ialah sebuah seni memerintah yang mengatur masyarakat di dalamnya.

7. Paul Janet
Paul Janet mengutarakan bahwa politik merupakan sebuah ilmu yang mengatur perkembangan suatu negara termasuk prinsip-prinsip pemerintahan yang ada di dalamnya.

8. Ibnu Aqil
Pengertian politik menurut Ibnu Aqil yakni suatu hal praktis yang mendekati kepada kemaslahatan untuk manusia serta lebih jauh dari kerusakan walaupun tidak digariskan oleh Rasullualh SAW.

9. Litre
Sedangkan menurut LItre, politik itu ialah sebuah ilmu memerintah yang mengatur negara.

Beberapa tokoh di atas merupakan para tokoh yang menjelaskan tentang pengertian dari politik itu sendiri. Nah, kata politik sebenarnya berasal dari kata Yunani yakni “polis” yang berarti negara atau kota serta “teta” yang memiliki arti urusan.

Aristoteles menjadi tokoh utama yang memperkenalkan politik serta menggunakannya. Pada masa itu, Aristoteles menyebutnya dengan nama “Zoon Politikon”. Dari nama tersebut, kemudian berkembang menjadi “Polites” yang berarti warga negara, “Politeia” memiliki arti hal-hal yang berhubungan dengan negara, “Politika” yang berarti pemerintahan negara dan “Politikos” yang memiliki arti kewarganegaraan.

Nah, dengan berbagai macam pengertian dari perkembangan nama politik dari zaman ke zaman hal ini menyimpulkan bahwa politik itu sendiri suatu ilmu yang menyangkut urusan negara ataupun pemerintahan.

Selain itu, politik juga dibagi ke dalam berbagai macam. Mulai dari Liberalisme, komunisme, kapitalisme, marxisme, federalism, feminism, globalisme, demokrasi diktatorisme, keagamaan, fundamentalisme, rasisme, imprealisme, oligarki, monarki, sosialisme, libertarianisme, nasionalisme, totaliteralisme, theoraksi dan masih banyak yang lainnya.

Tentu saja, pengertian politik tersebut berbeda-beda dan tidak semua negara memiliki paham politik yang sama. Nah, semoga pengertian dan arti tentang politik ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar