Posisi dan Tugas Pemain Sepak Bola, TERLENGKAP!


InfoKekinian.com – Setelah mengenal tujuan utama dari sepak bola, saat ini waktunya kamu untuk mengenal posisi dan tugas pemain sepak bola. Jadi, simak artikel ini hingga selesai ya.

Terdapat empat posisi atau lini dalam sepak bola yaitu penjaga gawang, pertahanan, lini tengah, dan penyerang atau pemain depan.

Posisi-Posisi Pemain Sepak Bola

Untuk membentuk tim yang kuat dan mental pemenang, masing-masing dari empat posisi ini membutuhkan individu yang kuat.

Advertisements

Selain memahami setiap aturan permainan, diperlukan pengenalan fungsi dan kedudukan pemain sepak bola.

Posisi-Posisi Pemain Sepak Bola

Berikut adalah posisi dan tugas dari pemain sepak bola:

1. Kiper atau Penjaga Gawang

Penjaga gawang diposisikan di bawah mistar gawang dan bertanggung jawab untuk mencegah tim lawan memasuki gawang dengan bola.

Penjaga gawang dapat menggunakan seluruh tubuhnya untuk menjaga gawang saat berada di kotak penalti dan biasanya harus memiliki lemparan yang baik, hal ini dikarenakan ia sering menerima tendangan keras dan tinggi untuk menghindari bola atas.

Hanya ada satu posisi di area ini, penjaga gawang, dengan berbagai tugasnya. Penjaga gawang fokus pada pekerjaan langsung yang mengurangi risiko penggunaan bola dengan hanya menjaga bola keluar dari jaring dan mengopernya ke pemain lain.

Selain mencegah gawang dari kebobolan bola, kiper juga bertanggung jawab untuk memulai serangan dari belakang dengan mengoper bola ke pemain belakang, lini tengah, dan pertahanan.

2. Pertahanan

Advertisements

Posisi ini bertanggung jawab untuk menjaga bola di luar area penalti dan mencegah tim lawan melancarkan serangan.

Posisi ini biasanya di depan penjaga gawang, yang bertanggung jawab untuk berkoordinasi dengan pemain bertahan agar tidak kebobolan.

Pemain bertahan tentunya harus kuat secara fisik dan memiliki tingkat agresi yang terukur. Berikut ini adalah empat posisi pertahanan:

Sweeper

Sweeper ini adalah posisi pertahanan yang penting dan bertanggung jawab atas pertahanan. Dengan perannya yang secara praktis identik dengan penjaga gawang dalam hal melindungi gawang.

Dan posisi ini hanya dapat digunakan jika tim yang lemah melawan tim yang jauh lebih kuat. Sweeper adalah pemain yang posisi utamanya selalu antara kiper dan bek tengah, di belakang pertahanan.

Dan tentunya dengan tujuan membuang bola sejauh mungkin, memperingatkan penyerang untuk melakukan serangan balik dan menyelamatkan gawang dengan blok, tekel, dan intersepsi.

Bek atau Libero

Saat bola masuk ke kotak penalti, pemain bertahan adalah pemain yang diposisikan di depan penjaga gawang untuk memberikan pertahanan.

Kemampuannya tidak terlalu luar biasa untuk seorang pesepakbola, meskipun ia sering dipanggil untuk melakukan hal-hal khas atau unik yang berpusat di belakang sebagai standar untuk sirkulasi bola.

Tanggung jawab utamanya adalah untuk menghentikan serangan, mencegah lawan membawa bola, dan mengeluarkan bola dari bahaya bila perlu.

Selain itu, posisi bek ini harus menghentikan permainan penyerang lawan.

Namun, tidak seperti bek tengah standar, pemain dalam posisi ini mendorong bola menjauh dari area pertahanan, memainkan serangan balik dari dalam, menghentikan serangan dan mencegah lawan menyerang bola, dan bila perlu, membuang bola dari ancaman penyerang lawan.

Tujuannya adalah untuk mengambil bola tanpa memberikan keuntungan kepada lawan dan membuatnya tetap tenang dan bebas di tengah lapangan tanpa melakukan pelanggaran.

Bek Sayap

Bek sayap adalah pemain bertahan yang ditempatkan di sayap dan berperan untuk memantau aliran bola dan melindungi pertahanan.

Biasanya, sayap bertahan yang cenderung menyerang adalah outlet utama yang mengontrol ritme serangan. Hal ini tentunya begitu penting untuk mencegah umpan ke lini tengah dan melakukan intersepsi.

Dalam sepak bola modern, bek sayap ini sangat penting, karena mereka harus mendukung bek pertahanan dengan memberikan dukungan sayap yang tumpang tindih atau layering dengan gelandang.

Hal ini bertujuan untuk memungkinkan tim dalam memajukan bola dan meluncurkan serangan dari sepertiga lapangan. Bek sayap ini biasanya bermain melebar tanpa bantuan pemain sayap lain.

Bek sayap tentunya harus melakukan semua tugas defensif dan ofensif, termasuk sayap dan fullback.

Gelandang Bertahan

Gelandang penjaga, juga dikenal sebagai gelandang pembawa air, adalah posisi di mana pemain harus melakukan sejumlah aktivitas untuk bertindak sebagai pengumpan atau bek.

Biasanya, hanya pemain yang paling mengesankan dan berbakat yang bermain di posisi ini. Berikut adalah perannya:

3. Pemain Gelandang

Pemain Gelandang

Gelandang bertanggung jawab untuk menciptakan jalur distribusi yang fleksibel antara penyerangan dan pertahanan.

Gelandang harus dipersenjatai dengan kesiapan strategis dan kemampuan unik untuk bertahan dan menyerang, karena mereka diharapkan untuk memainkan berbagai posisi di lapangan.

Deep Playmaker atau Inisiator Permainan

Peran deep playmaker adalah mencari posisi antara pertahanan dan lini tengah untuk melancarkan serangan dengan umpan-umpan yang tepat kepada pemain di posisi garis serang.

Ball-Winning Mid atau Perebut Bola

Tujuan utama dari posisi ini adalah untuk merebut kembali bola di tengah pemain untuk memotong lawan.

Ketika dia menguasai bola dan telah mengalahkan lawan, tujuan berikutnya adalah mengopernya langsung ke playmaker penyerang.

Karena itu, praktis baginya untuk memiliki rekan yang bisa bermain di wilayah tengah yang cocok dengan pemain ini.

Selain itu, menggunakan gelandang bertahan untuk mengambil bola untuk mengeksekusi keterampilan individu di lini tengah.

Ada sedikit kebutuhan untuk menyerang karena dia jarang mencetak gol dan lebih mementingkan pertahanan dan biasanya digunakan dalam serangan balik

4. Lini Tengah

Pada area ini biasanya akan menangani bola dan mengarahkannya ke arah garis penyerangan. Biasanya, mereka mencetak gol atau membantu penyerang.

Lini tengah ini biasanya menampilkan banyak barisan pemain yang kuat secara fisik dan berbakat.

Inilah sebabnya mengapa banyak gelandang muda yang unggul, seperti Brahim Diaz, yang stamina remajanya luar biasa, belum lagi kemampuannya.

Ada empat posisi di sektor ini dan berikut adalah penjelasannya:

Gelandang Tengah

Gelandang tengah adalah posisi yang menuntut para pemainnya untuk memiliki tingkat koordinasi yang tinggi antara dua zona.

Selain itu, gelandang ini harus memiliki temperamen oportunistik dan mahir dalam passing agar bisa sukses.

Gelandang tengah bertanggung jawab untuk menciptakan jalur distribusi yang bervariasi antara penyerangan dan pertahanan.

Gelandang harus memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan lapangan dengan bola, dan kemampuan defensif dan ofensif mereka harus ditingkatkan.

Pekerjaan yang sama sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah juga harus mencari posisi antara pertahanan dan lini tengah agar bisa melancarkan serangan dengan operan akurat kepada pemain di posisi garis serang.

Selain itu, tujuan utama pemain ini adalah untuk merebut kembali bola di lini tengah untuk memotong lawan.

Ketika dia menjatuhkan lawan dan menguasai bola, tujuan berikutnya adalah mengopernya langsung ke playmaker depan.

Karena itu, praktis baginya untuk memiliki rekan yang bisa bermain di wilayah tengah yang cocok dengan pemain ini.

Demikian pula, kamu dapat memanfaatkan gelandang perebut bola ini dalam melawan lawan lini tengah tertentu.

Karena dia jarang mencetak gol, tidak ada yang bisa diserang dan biasanya digunakan dalam serangan balik

Gelandang Sayap

Biasanya, pada gelandang sayap ini mencoba mengatur serangan sambil fokus mengganggu pertahanan lawan dan mencetak gol ke gawang mereka.

Setelah serangan lawan, saat permainan menarik, penyerang sayap juga bertanggung jawab untuk pertahanan ini.

Sayap

Tugas winger adalah untuk membingungkan pemain lawan, maka dia harus memiliki kemampuan yang luar biasa.

Saat tim menyerang, sayap harus berada di dekat tepi dan bersiap untuk menyerang dari samping.

Gelandang Serang

Gelandang Serang

Gelandang serang meruapak posisi yang sangat penting untuk setiap skuad. Banyak pemain percaya bahwa mereka tidak berharga bagi skuad karena mereka tidak bermain dengan pola pikir itu di lapangan.

Seorang pemain di posisi lini tengah yang lebar akan memiliki banyak peluang untuk mencetak gol di dekat gawang lawan.

Pemain pada posisi ini harus mampu memberikan umpan silang yang akurat ke dalam kotak, mengalahkan lawan satu lawan satu, dan bermain baik secara ofensif maupun defensif.

Sayap Bertahan

Tujuan sayap bertahan adalah untuk mendorong pertahanan lawan, merebut kembali bola dan mempertahankan kepemilikan, menggulirkan bola dari pinggir lapangan atau dengan cepat mengoper bola ke depan.

5. Gelandang Serang

Gelandang ofensif, juga disebut striker bayangan adalah posisi di mana kita menciptakan ruang antara diri kita sendiri dan bola.

Kevin De Bruyne adalah contoh terkenal dari posisi ini sebagai yang paling dinamis dalam permainan modern. Posisi ini merupakan posisi yang memberikan banyak kebebasan dalam hal mencetak gol.

6. Sektor Penyerangan

Di sektor ini, kita akan bertemu dengan pemain terkenal, karena pemain terbaik biasanya bermain sebagai penyerang dan dianggap demikian karena kemampuan mencetak gol mereka, terutama di tim kelas dunia.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang paling dipertanyakan seputar posisi dan tugas pemain sepak bola:

Apa Tugas Pemain Sayap?

Penyerang sayang mempunyai tugas dalam menghasilkan gol serta membantu serangan pada daerah sayap.

Dan pemain sayap ini merupakan pemain yang menjalankan sebuah serangan dan bisa ditarik ke posisi belakang.

Winger itu Apa Ya?

Secara singkat, arti winger adalah sayap. Dan dalam permainan sepak bola, posisi sayap ini berperan dalam membantu penyerangan dan juga pertahanan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai posisi dan tugas pemain sepak bola yang perlu kamu ketahui, agar memudahkan kamu saat menonton atau bahkan memainkkannya secara langsung.

Dalam permainan sepak bola, jelas jika pemain tidak serta merta bermain begitu saja. Karena setiap individup pasti mempunyai tugas lapangan yang berbeda.

Tugas dari setiap pemain ini ditentukan dari posisinya masing-masing, sedangkan posisi ini disusun atau dibuat berdasarkan formasi dan strategi yang dipakai oleh setiap masing-masing team.

Dan hal inilah yang sering kita temui, kenapa ada begitu banyak formasi dengan posisi yang berbeda disetiap pertandingannya. Bagimana, Sobat Kekinian, kalau kamu tertarik berada di posisi mana?

/* */