12 Strategi Jitu Memulai Bisnis Untuk Pemula

Infokekinian.com – Siapa si yang tak ingin sukses dalam berbinis? Banyak orang yang mencari cari hingga menyusun strategi jitu memulai bisnis pun di lakukan.

Setiap orang tentu akan mencari dan meraih kesuksesan. Semua kalangan masyarakat, terutama kaum muda, sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Sehingga, banyak orang saat ini yang sudah menjadi pemilik bisnis yang sukses di usia muda. Ini sama sekali tidak mengejutkan karena banyak orang mulai merasa lelah dan terkekang oleh pekerjaan mereka, sehingga mereka mempertimbangkan untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Tips Sukses Memulai Bisnis
Memulai bisnis dengan sukses membutuhkan serangkaian kemampuan dan tindakan tertentu yang harus dilakukan dengan hati-hati.

Bahkan ada gagasan yang mengatakan, bahwa tidak semua orang bisa sukses sebagai pengusaha.

Tetapi jika kamu siap meluangkan waktu dan upaya untuk belajar, siapa pun dapat berhasil sebagai wirausaha. Investor, penulis, dan pengusaha muda Amerika bernama Scott Gerber, adalah salah satunya.

12 Tips Sukses Memulai Bisnis

Berikut ini adalah 12 tips sukses untuk memulai bisnis ala Scott Gerber:

1. Fokus Pada Satu Peluang Bisnis

Dengan berkembangnya dunia maya, segala sesuatu saat ini tampak bisa dijadikan sebagai peluang bisnis.

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, mungkin kamu tidak akan tahu mana yang harus di kembangkan karena ada begitu banyak pilihan.

Sebenarnya, ada banyak orang yang bekerja secara bersamaan untuk menciptakan banyak peluang. Apakah itu benar?.

Akan lebih baik jika kamu berkonsentrasi hanya pada satu kesempatan karena tidak ada benar atau salah karena semuanya bergantung pada kemampuan masing-masing individu.

Ide dan pertimbangan kamu untuk mengembangkan bisnis kamu akan lebih terkonsentrasi jika kamu berkonsentrasi pada satu peluang.

2. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Jika kita menikmati apa yang kita lakukan, kita akan memberikan segalanya dalam apa pun yang kita lakukan, alias tidak di bawah paksaan sehingga dapat ditingkatkan secara maksimal.

Semua upaya, jika dilakukan sepenuhnya, akan menghasilkan hasil terbaik, karena ada banyak pekerjaan yang tersedia tetapi tidak umum saat ini.

Tetapi jika kamu ingin menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena kamu pikir itu akan menghasilkan banyak uang, kamu akan terlihat keren, atau karena disuruh.

Memulai bisnis berdasarkan hobi biasanya merupakan ide yang bagus. Jika fotografi adalah salah satu hobi kamu, kamu bisa mulai menjual perlengkapan kamera. Dengan cara ini, minat dan keinginan kamu untuk memulai bisnis terpenuhi.

3. Pahami Setiap Aspek Bisnis

Pahami Setiap Aspek Bisnis
Jarang investor berani mempertaruhkan uang mereka saat bisnis baru saja dimulai. Namun, karena peluang itu bisa muncul kapan saja, kamu harus benar-benar memahami bidang bisnis kamu dan selalu siap untuk menjelaskan segala sesuatunya dengan sederhana.

Hal ini bertujuan agar kamu dapat meyakinkan investor bahwa uang mereka ada di tangan yang tepat, yaitu kamu, orang yang paling tahu bisnisnya.

4. Selalu Mau Belajar dari Orang Lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik bagi mereka. Bersikap terbuka terhadap pendapat atau ide orang lain sangat penting karena tidak ada yang tahu segalanya.

Kamu dapat belajar dari apa yang telah ia capai dengan mencari nasihat dari orang lain, seperti mentor, teman, atau orang berprestasi lainnya.

Pilih seorang mentor, teman, atau seseorang yang sukses untuk menjadi penasihat kamu sehingga kamu dapat berbicara tentang apa yang harus kamu lakukan untuk berhasil.

Karena banyak mendengar itu lebih baik daripada banyak berbicara.

5. Hiduplah dengan Sederhana

Jangan berpikir tentang keindahan menjadi seorang pengusaha. Masakan mewah, rumah besar, mobil mewah, atau apa pun yang memancarkan kemewahan.

Anggap diri kamu seorang pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan cara ini, jalan menuju kesuksesan akan lebih menyenangkan bagi kamu, dan semua yang kamu inginkan pada akhirnya akan terwujud.

6. Belajar dari Kegagalan

Belajar dari Kegagalan
Di dunia ini, tentu tidak ada yang pasti, begitupun dengan dunia bisnis. Sukses dalam hidup sebagian besar ditentukan oleh keputusan kita untuk maju atau diam.

Kamu harus siap mengalami kegagalan jika ingin maju, karena segala sesuatunya tidak selalu berjalan sesuai rencana dan lancar.

Kegagalan adalah apa yang perlu kamu alami untuk belajar darinya dan bersiap-siap untuk sukses di masa depan.

Ketika kamu gagal, jangan menyerah. Sebagai gantinya, teruslah mencoba dan gunakan pengalaman untuk meningkatkan.

Karena, guru terbaik adalah sebuah kegagalan!

7. Siapkan Modal Usaha

Sekarang kita akan berbicara tentang pengaruh eksternal dalam memulai bisnis, yaitu berbicara tentang modal. Pastikan apakah uang untuk bisnis kamu berasal dari sumber pribadi atau usaha patungan.

Pastikan semuanya diatur dengan tepat, hitam di atas putih, jika itu adalah dana hasil patungan. agar tidak ada yang merasa dirugikan saat bagi hasilnya nanti.

8. Kenali Peluang Bisnis

Sedikit kebocoran kecil, bahwa saat ini pemerintah Indonesia telah memperhatikan industri perdagangan digital selama beberapa tahun terakhir.

Ini adalah contoh peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan. Kamu juga dapat bisa memulai bisnis secara online maupun mendirikan sebuah perusahaan startup yang berbasis digital.

9. Tentukan Target Pasar

Tentukan Target Pasar
Kandidat yang efektif untuk berwirausaha harus terampil dalam analisis pasar sasaran. Bahkan jika seseorang memiliki produk dengan kualitas terbaik, akan sulit baginya untuk menjualnya jika dia tidak memiliki pasar yang sesuai.

10. Tunjukkan Bahwa Konsep Bisnis Kamu yang Terbaik

Yakin bahwa tidak akan ada investor yang mau mendanai bisnis kamu karena mereka tidak memahami konsep dari model bisnis kamu.

Maka dari itu, tunjukkan bagaimana investor akan mendapat untung besar dari ide bisnis ini. Jalankan konsep bisnis kamu dengan sedikit investasi untuk menunjukkan hasil nyata kepada investor.

Investor akan mencari kamu setelah kamu membuktikan bahwa ide atau konsep bisnis kamu adalah yang terbaik, jadi percayalah.

11. Jaga Kesehatan

Kamu harus berusaha keras jika ingin sukses, tetapi kamu juga perlu menjaga kesehatan kamu. Percayalah bahwa segala sesuatu yang kamu lakukan akan lebih produktif jika kamu menjaga kesehatan kamu.

Kamu harus melakukan perubahan pola makan, sering berolahraga, dan beristirahat dari pekerjaan. Pikirkan betapa terbatasnya kemampuan kamu jika kamu jatuh sakit.

Kesejahteraan fisik kamu menawarkan kamu kemampuan untuk meningkat. Menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat adalah hal yang penting.

12. Buktikan dengan Tindakan, Bukan dengan Kata-Kata

Hati-hati dengan perkataan mu dan angan terlalu banyak bicara jika kamu tidak dapat mencapai apa pun, jadi katakan saja apa yang kamu bisa.

Tunjukkan kemampuan kamu melalui perbuatan kamu daripada kata-kata kamu sehingga orang lain dapat lebih akurat menilai hasil kerja kamu.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan strategi jitu memulai bisnis:

Usaha Apa yang Tidak Pernah Mati?

Berikut adalah beberapa usaha yang tidak ada matinya:

  1. Penjualan aneka jajanan
  2. Membuka Warung Sembako
  3. Buka layanan laundry Kiloan
  4. Cuci motor
  5. Budidaya Ikan Hias
  6. Buat Coffee Shop.

Apa yang Sedang Booming Saat Ini?

Berikut adalah beberapa ide usaha rumahan yang sedang trend:

  1. Katering Sehat
  2. Usaha Kopi Susu Kekinian
  3. Laundry
  4. Guru Les Privat.

Faktor Apa Saja yang Menyebabkan Kegagalan Usaha?

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan usaha:

  1. Visi dan Misi Tidak Jelas
  2. Kemampuan Manajerial yang Minim
  3. Pengalaman dan Riset
  4. Pengendalian Keuangan Kurang Terlatih
  5. Berbisnis dengan Modal Hutang Tanpa Perhitungan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai strategi jitu memulai bisnis yang bisa kamu coba terapkan ketika ingin merintis sebuah usaha.

Persiapkan segala sesuatu agar berjalan dengan maksimal dan tidak terjadi sesuatu hal yang tak di inginkan.

Tapi ingat, jika seorang nakhoda yang bijaksana tidak akan membiarkan kapalnya terbalik. Menurut pepatah ini, orang yang berpengetahuan adalah orang yang tahu kapan harus mencoba sesuatu yang baru dan kapan harus menyerah.

Ada saat-saat ketika kamu terpaksa berhenti mencoba karena jika terus melakukannya hanya akan memperburuk keadaan.

Berhenti bukanlah selalu bentuk dari menyerah, hanya saja terkadang akan ada hal yang memaksa kamu untuk berhenti agar kamu tidak semakin terpuruk.

Begitupula dengan merintis bisnis. Terkadang bisnis yang kita rintis dengan harapan sukses, bisa saja gagal dan menimbulkan situasi terpuruk.

Jadi, jika situasi itu tiba, maka kamu harus tahu dan siap kapan harus berhenti. Karena bersikap bijaksana serta peka terhadap suatu keadaan dapat membantu kamu agar terhindar dari keterpurukan.

Dan ingat, Speak less, do more, right?.

Demikianlah artikel mengenai strategi jitu memulai bisnis untuk para pemula dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */