Syarat-Syarat Komunikasi Yang Efektif


Infokekinian.com – Komunikasi merupakan suatu aktivitas yang terus menerus kita lakukan secara berkala. Tetapi siapa sangka, jika ada hal yang tidak kita sadari betapa pentingnya syarat-syarat komunikasi yang efektif untuk terjadi.

Setiap orang pasti melakukan komunikasi setiap hari. Komunikasi ini dapat dilakukan secara lisan atau melalui berbagai media, antara lain surat, telepon, video call, dan lain-lain.

Apa Itu Komunikasi

Beberapa di antaranya adalah bentuk komunikasi nyata yang sering kita gunakan. Namun, komunikasi juga dapat berbentuk indikasi tertentu, seperti mengedipkan mata, mengangguk, dan menggelengkan kepala.

Apa Itu Komunikasi?

Komunikasi adalah pertukaran informasi antara dua pihak atau lebih dengan tujuan tertentu dalam pikiran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi, berita, atau pesan antara dua pihak atau lebih sehingga maksud atau pesan tersebut dipahami.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Beberapa spesialis menawarkan perspektif mereka tentang makna komunikasi. Berikut adalah beberapa pendapat dari para ahli:

  1. Carl I. Hovland, seorang psikolog yang berafiliasi dengan Universitas Yale. Menurutnya, komunikasi adalah proses yang dapat dilakukan oleh pembawa informasi dalam upaya mempengaruhi perilaku orang lain.
  2. Stewart L. Tubbs dan Sylvia adalah penulis buku “Human Communication.” Menurut mereka, komunikasi adalah pertukaran informasi antara setidaknya dua pihak.
  3. Aristoteles, seorang filsuf Yunani, menyatakan bahwa komunikasi adalah sarana dimana setiap orang dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi.
  4. Ahli teori komunikasi dan sosiolog Amerika Everett M. Rogers mendefinisikan komunikasi sebagai transmisi ide atau maksud dari satu sumber ke sumber lain dengan tujuan mengubah perilaku penerima konsep.

Ini adalah beberapa definisi umum dan definisi komunikasi yang diberikan oleh para spesialis. William F. Glueck lebih lanjut membagi komunikasi menjadi dua elemen, yaitu:

  1. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi informasi dan transfer pemahaman antara dua atau lebih individu dalam kelompok kecil.
  2. Komunikasi kelompok (organizational communication) adalah aliran informasi dan pemahaman dari seorang pembicara ke kelompok-kelompok dalam suatu organisasi.

Fungsi Komunikasi

Advertisements

Fungsi Komunikasi

Komunikasi melayani berbagai fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah fungsi-fungsi komunikasi:

Melalui komunikasi seseorang akan memperoleh informasi dari suatu sumber informasi. Informasi yang baik ditransmisikan antara dua pihak atau lebih.

Kami akan menerima informasi ketika orang lain mengirimkan informasi kepada kami, dan sebaliknya.

Tentunya ada norma atau peraturan tertentu yang berlaku di masyarakat. Norma-norma ini biasanya bervariasi dari satu daerah ke daerah lain.

Hanya melalui komunikasi aturan atau standar ini dapat diberikan kepada masyarakat, yang berarti bahwa jika suatu tujuan dipahami, ia dapat mengontrol perilaku masyarakat.

Seseorang akan termotivasi oleh berbagai jenis obrolan atau interaksi dengan individu lain jika percakapan tersebut menghasilkan memberikan motivasi.

Itulah beberapa fungsi komunikasi yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, ada banyak tujuan tambahan komunikasi. Selain menjelaskan proses komunikasi, kita juga akan membahas tujuan komunikasi.

Tujuan Komunikasi

Komunikasi tidak hanya memiliki banyak fungsi penting, tetapi juga memiliki tujuan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa fungsi komunikasi:

  1. Bertukar informasi kepada orang lain. Tujuan komunikasi adalah untuk memberikan informasi kepada pihak lain; sebaliknya, kita berkomunikasi dengan orang lain untuk mendapatkan informasi dari mereka.
  2. Untuk memahami individu lain. Dengan berkomunikasi dengan orang lain, kita dapat memahami maknanya. Jika kita tidak berbicara satu sama lain, baik kita maupun orang lain tidak akan dapat memahami satu sama lain.
  3. Agar pendapat kita dapat diterima oleh orang lain. Jelas, agar pandangan kita diterima oleh orang lain, kita harus mengkomunikasikan informasi dan tujuan kita dengan jelas kepada orang lain.

Syarat-Syarat Komunikasi

Syarat Komunikasi

Ada banyak kondisi yang memenuhi syarat-syarat komunikasi. Berikut adalah prasyarat untuk suatu kegiatan yang dikenal sebagai komunikasi:

  1. Ketika ada komunikator atau pembawa pesan, suatu kegiatan disebut sebagai komunikasi. Penyampai pesan ini bisa berupa individu yang menyampaikan informasi secara langsung atau melalui berbagai media, seperti surat kabar, radio, televisi, SMS, wa, dll. Media ini kadang disebut sebagai komunikator.
  2. Komunikator (penerima pesan) adalah individu atau kelompok yang menerima pesan dari komunikator.
  3. Syarat-syarat komunikasi berikutnya ada pesan, sesuatu dianggap komunikasi jika komunikator menyampaikan pesan atau maksud kepada komunikan.
  4. Efeknya, komunikasi dianggap berhasil jika berdampak pada penerima pesan (komunikan). Menanggapi pesan dari komunikator, misalnya, penerima komunikasi dapat bereaksi atau mengambil tindakan.

Ini adalah beberapa syarat-syarat komunikasi agar suatu tindakan dapat dianggap sebagai komunikasi.

Jelas, jika salah satu dari elemen ini tidak terpenuhi, tindakan tersebut tidak dapat dianggap sebagai komunikasi.

Unsur Komunikasi

Komunikasi dimungkinkan jika beberapa elemen hadir, termasuk pengirim pesan, penerima pesan, dan pesan yang akan dikirim.

Selain itu, ada berbagai komponen atau faktor komunikasi lainnya yang harus kamu waspadai, sebagai berikut:

Sumber

Komunikasi dapat terjadi jika sumber menghasilkan atau mengirimkan informasi. Sumber yang berhubungan ini dapat berupa individu tunggal atau kelompok, sumber kelompok, seperti partai politik, lembaga, atau organisasi.

Di era yang semakin maju ini, pengertian sumber tidak hanya mencakup individu atau kelompok, tetapi juga surat kabar, majalah, media sosial, televisi, dan banyak lagi. Sumber ini biasanya disebut dalam bahasa Inggris sebagai source, echoorder, atau sender.

Penerima

Penerima adalah pihak kepada siapa komunikasi yang dikirim oleh sumber ditujukan. Pesan ini hanya memiliki satu penerima, baik individu atau kelompok.

Penerima pesan dalam komunikasi ini harus ada, karena komunikasi tanpa penerima tidak dapat dianggap komunikasi.

Pesan

Pesan komunikasi adalah informasi yang dikomunikasikan dari pengirim kepada penerima. Pesan ini dapat disampaikan secara tatap muka atau melalui media komunikasi. Pesan yang disampaikan dapat berupa hiburan, pengetahuan, informasi, nasihat, inspirasi, dll.

Media

Media adalah alat atau media yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan komunikasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan.

Menurut beberapa ahli, media yang paling berpengaruh dalam komunikasi adalah indera manusia, seperti mata dan telinga. Otak manusia kemudian akan memproses pesan yang diterima dari indera manusia.

Teknik ini melibatkan penerjemahan pesan yang diperoleh. Mengenai media komunikasi, berikut ini adalah beberapa jenis media yang paling sering digunakan:

Media Antar Pribadi

Media ini sering dicadangkan untuk komunikasi dua arah. Contoh media komunikasi interpersonal adalah kurir, surat, dan telepon.

Media kelompok

Media ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan kelompok besar atau khalayak, termasuk rapat, seminar, dan konferensi.

Biasanya, lembaga dan organisasi mengadakan pertemuan untuk membahas hal-hal penting terkait lembaga.

Biasanya, lebih dari 30 orang menghadiri seminar yang menyampaikan informasi tentang topik tertentu kepada banyak peserta.

Konferensi adalah jenis komunikasi yang digunakan oleh anggota organisasi tertentu untuk membahas masalah yang signifikan.

Biasanya, pertemuan tidak dihadiri oleh satu institusi tetapi oleh beberapa perwakilan institusi yang memiliki ikatan yang berkelanjutan.

Media massa

Untuk mentransfer informasi dari sumber ke khalayak, digunakan media. Radio, televisi, surat kabar, majalah, media sosial (BBM, wa, line, telegram, dan sms), dan lain-lain, adalah contoh media massa.

Biasanya, media ini digunakan untuk menyebarkan informasi yang sudah tersedia secara luas. Secara alami, data tersebut berasal dari lokasi yang jauh sehingga dapat disampaikan kepada kami melalui media.

Pengaruh atau Efek

Pengaruh adalah efek sumber pada penerima komunikasi. Setelah menerima pesan dari awal, pandangan dan tindakan penerima menunjukkan apakah dia terpengaruh atau tidak.

Model Komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial, yang membutuhkan komunikasi dan interaksi dengan orang lain.

Tidak ada manusia yang mampu untuk tidak berkomunikasi dengan orang lain, sebab manusia membutuhkan bantuan orang lain. Ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain, mereka akan menerima bantuan.

Macam Macam Komunikasi

Macam Macam Komunikasi

Ada berbagai bentuk komunikasi yang harus kamu pahami, antara lain:

Komunikasi Berdasarkan Penyampaian

Ini adalah bentuk bebas dari komunikasi langsung atau tatap muka. Contoh komunikasi lisan antara lain percakapan antara dua individu atau lebih, pembicaraan, wawancara, presentasi, rapat, seminar, dan masih banyak lagi.

Komunikasi verbal juga dapat terjadi melalui telepon dan video call, antara lain media.

Komunikasi Tertulis

Beberapa dekade yang lalu, komunikasi tertulis mungkin terbatas pada surat. Namun, kini kami memiliki akses ke berbagai media untuk komunikasi tertulis, termasuk WhatsApp, Line, Instagram, Facebook, BBM, SMS, dan banyak lainnya.

Bahkan media ini sangat canggih, menyampaikan teks, gambar, audio, dan video.

Komunikasi Berdasarkan Maksudnya

Jika maksud komunikator sangat jelas, komunikasi akan berjalan sesuai rencana. Komunikasi yang ditujukan untuk tujuan tertentu, seperti ceramah, motivasi, wawancara, atau penyampaian instruksi atau perintah yang terperinci.

Harus jelas mengapa kegiatan ini diadakan agar hasil yang diinginkan dapat tercapai.

Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Komunikasi diklasifikasikan menjadi dua kategori berdasarkan ruang lingkupnya: komunikasi internal dan komunikasi eksternal.

Sebagai informasi tambahan, kami akan menjelaskan kedua bentuk komunikasi tersebut sebagai berikut:

  1. Komunikasi internal: Jenis komunikasi ini terjadi di dalam lingkup terbatas, seperti organisasi atau pengaturan kerja. Ada tiga jenis komunikasi internal:
  2. Komunikasi vertikal mengacu pada komunikasi antara atasan dan bawahan, seperti perintah atau tugas dari atasan, peringatan, dll.
  3. Komunikasi horizontal adalah komunikasi antara orang-orang dengan status yang sama, seperti percakapan antara dua karyawan dari perusahaan yang sama.
  4. Komunikasi diagonal, atau komunikasi yang sering terjadi dalam suatu organisasi atau kantor.
  5. Komunikasi eksternal adalah komunikasi informasi antara individu atau organisasi dengan masyarakat. Contoh komunikasi internal termasuk konferensi pers, siaran radio dan televisi, layanan sosial, dll.

Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Berdasarkan aliran informasi, ada lima kategori komunikasi:

Komunikasi ke Bawah

Berlawanan dengan komunikasi ke atas, komunikasi ini bersifat ke bawah. Jika ada komunikasi ke atas dari bawahan ke atasan, maka ada juga komunikasi ke bawah dari manajer ke anak perusahaan, yang biasanya terjadi dalam sentuhan.

Komunikasi ke Atas

Komunikasi antara bawahan dengan atasannya.

Komunikasi ke Samping

Komunikasi ini terjadi antara dua individu dalam posisi yang sama.

Komunikasi Satu Arah

Komunikasi hanya dari satu pihak biasanya, komunikasi ini terjadi di dalam institusi yang sedang mengalami keadaan darurat; karenanya, hanya satu pihak yang harus menyampaikan instruksi khusus.

Komunikasi Dua Arah

Komunikasi terjadi antara dua atau lebih individu merupakan komunikasi ini sering timbal balik.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Awalnya, studi tentang komunikasi manusia dikenal sebagai publisitas di Eropa. Di Amerika, disiplin ini dikenal sebagai ilmu komunikasi (communication science). Ilmu komunikasi ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Yunani kuno, dengan Socrates, Plato, dan Aristoteles sebagai pionirnya.

Joseph Publitzher, yang menginginkan sekolah jurnalisme di Amerika Serikat, mendorong pengenalan ilmu komunikasi sebagai jurusan di perguruan tinggi dan universitas.

Charles Elliot dan Nicholas Murray Butler, Rektor Universitas Harvard saat itu, menanggapi permintaan Publitzer dengan baik. Lima orang Amerika dianggap sebagai pendiri ilmu komunikasi.

Carl Hovland

Harold Lasawell

Kurt Lewin

Paul Lazarsfeld

Wiber Schram.

FAQ

Berikut adalah ringkasan dari beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan seputar istilah komunikasi.

Apa Contoh Dari Komunikasi?

Contoh komunikasi verbal termasuk pertemuan klien, wawancara kerja, dan percakapan antara dua orang.

Selain itu, komunikasi lisan dapat terjadi pada jarak yang sangat jauh. Misalnya, telekonferensi, percakapan telepon, dan panggilan video.

Mengapa Komunikasi Itu Sangat Penting?

Komunikasi yang baik memudahkan seseorang untuk memahami pesan atau informasi; karenanya, kesulitan rumit seperti kesalahpahaman dapat dihindari melalui komunikasi interpersonal yang efektif.

Apa Saja Peran Komunikasi?

Peluncuran buku Performance of Human Resources: Theory, Applications, and Research (2020) karya Ni Kadek Suryani, dkk, fungsi esensial komunikasi dalam organisasi adalah menghubungkan informasi, ide, pemikiran, opini, dan rencana.

Bagaimana Cara Membangun Komunikasi Yang Baik dan Efektif?

Berikut adalah beberapa panduan untuk membangun komunikasi yang sukses dan efisien:

  1. Memperhatikan Lawan Bicara
  2. Mengajukan Pertanyaan
  3. Memberikan Informasi dengan Jelas
  4. Mengombinasikan Komunikasi Verbal dan Nonverbal
  5. Membangun Kepercayaan
  6. Mencegah dan Mengatasi Masalah
  7. Mendapat Pengarahan
  8. Meningkatkan Kekompakan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian, fungsi, tujuan, jenis dan syarat-syarat komunikasi yang bisa kamu ketahui dan pelajari agar dapat bermanfaat untuk Sobat Kekinian.

Demikianlah artikel mengenai syarat-syarat komunikasi dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */