Teknik Dalam Menangkap Bola Ala Kiper Handal

InfoKekinian.com – Masih dengan permainan sepak bola, pada artikel ini kami akan membahas teknik dalam menangkap bola dalam permainan sepak bola, yang merupakan teknik yang harus dikuasai oleh kiper.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di Indonesia dan dunia secara keseluruhan.

 

Cara Menangkap Bola dalam Permainan Sepak Bola

Olahraga ini dimainkan oleh sebelas orang, yang masing-masing menempati lokasi yang berbeda di lapangan.

Kiper atau posisi penjaga gawang merupakan posisi yang sangat krusial dan penting. Penjaga gawang adalah pemain terakhir dalam permainan sepak bola yang berperan untuk mencegah agar bola tidak masuk ke gawang.

Selain itu, penjaga gawang adalah posisi pemain yang diperbolehkan menggunakan tangannya untuk mengamankan bola.

Namun, hak istimewa penjaga gawang terbatas pada kotak penalti dan dia tidak diizinkan untuk menangkap bola dari rekan setimnya.

Pergerakan penjaga gawang tidak boleh terganggu, sehingga gangguan sekecil apapun dalam pergerakan penjaga gawang dapat dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit.

Kiper juga memiliki hak istimewa dan lebih cenderung menjadi sasaran pelanggaran. Sebagaimana ditentukan oleh peraturan sepak bola FIFA, penjaga gawang memiliki hak khusus dibandingkan dengan pemain lain.

Seperti misalkan, penjaga gawang yang memakai jersey yang berbeda dari pemain lain. Selain itu, penjaga gawang diharuskan memakai sarung tangan yang dirancang untuk menangkap bola dan melindungi tangan mereka dari cidera.

Cara Menangkap Bola dalam Permainan Sepak Bola

Untuk menjadi penjaga gawang profesional, kamu harus mempelajari setidaknya beberapa metode menangkap sepak bola. Dan berikut ini adalah beberapa teknik dalam menangkap bola dalam permainan sepak bola:

1. Tangkapan Bola Melayang

Ini adalah teknik menangkap bola ketika bola tersebut sedang terbang atau melayang dekat dengan penjaga gawang.

Saat bola mendekati kiper dan tangkapannya lengket, kamu bisa memanfaatkan jari-jari kamu dengan membentuk huruf “W” di bagian belakang bola.

Sarung tangan juga berpengaruh dalam menangkap bola, oleh karena itu kamu harus mengetahui cara merawat sarung tangan kiper.

Jika kamu ingin menjadi penjaga gawang sepak bola yang hebat, kamu bisa berlatih menangkap bola melayang. Dan berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk menangkap bola melayang:

  1. Ini merupakan intuisi penjaga gawang untuk mengambil posisi antara gawang dan bola sehingga tidak ada celah atau ruang kosong yang besar, sehingga dapat meminimalisir jumlah kesalahan atau blunder
  2. Selanjutnya, buka sedikit kaki kamu hingga selebar bahu
  3. Tekuk tubuh kamu sedikit dan posisikan tangan kamu di depan kamu untuk menerima bola
  4. Saat bola mendekat dan menyentuh telapak tangan kamu, tarik lengan kamu dan ikuti arah bola sambil menahannya
  5. Kemudian dekap dengan tubuh dan mundur sedikit untuk memperlambat kecepatan bola. Hal ini dilakukan agar bola tidak rebound dan menimbulkan kesalahan, karena bola yang berada di atas pinggang sulit untuk ditendang.

2. Tangkapan Bola Yang Mengarah Diatas Kepala

Teknik ini dapat digunakan saat bola melambung dan menuju ke arah kamu disaat melayang diatas kiper.

Biasanya, bola yang melambung di atas kepala tidak terlalu kencang, tetapi jika kamu ingin menjadi penjaga gawang profesional, kamu harus mempelajari teknik ini, karena ini adalah salah satu teknik dasar dalam sepak bola.

Dan berikut adalah langkah-langkah untuk menangkap bola atas:

  1. Luruskan tubuh kamu sedemikian rupa sehingga kamu berdiri tegak dan bola mengarah ke arah yang kamu hadapi
  2. Letakkan tangan kamu tepat di atas kepala ke arah bola akan datang
  3. Segera setelah bola mengenai telapak tangan kamu, remaslah di antara kedua tangan kamu dan tahan selama beberapa saat untuk memastikan bahwa bola itu berhenti bergerak
  4. Tarik tangan kamu ke bawah untuk memastikan tangkapan bola yang tepat.

3. Teknik Menangkap Bola Menyusuri Tanah

Teknik Menangkap Bola Menyusuri tanah

Strategi ini digunakan ketika bola rendah atau di tanah, karena hal ini juga dikenal sebagai tangkapan bola basket. Berikut adalah teknik menangkap bola menyusuri tanah:

  1. Tempatkan tubuh dalam posisi jongkok di antara bola dan gawang untuk mencegah bola masuk ke gawang
  2. Rentangkan kaki selebar bahu
  3. Buka telapak tangan kamu sambil mengambil posisi membungkuk
  4. Saat bola mendekati kamu, tangkap dengan mendekatkannya ke dada sambil tangan kamu ditarik ke atas untuk memeluknya. Peluk bola dan tekuk satu kaki untuk mencegah kesalahan di mana bola meluncur di antara kedua kaki.

4. Menepis Bola

Jika bola bergerak dengan kecepatan tinggi dan posisi kamu tidak memungkinkan kamu menangkapnya dengan benar, maka kamu dapat memblokir bola dengan cara menepis.

Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegahnya masuk ke gawang dan mengurangi kemungkinan kesalahan.

Penjaga gawang profesional sudah mengetahui bola mana yang harus ditangkap dan mana yang harus dihindari.

Saat bola sudah dekat dan kamu tidak bisa meraihnya, kamu bisa langsung mengambil inisiatif dan menepis dengan satu tangan sehingga bisa menjangkau tangan tambahan.

Selain itu, kamu harus bisa memposisikan diri sedemikian rupa agar bola tidak terlalu jauh saat kamu meraihnya.

Saat menghadapi lawan dari samping, kamu bisa menutup gawang dekat dengan arah badan yang bersiap memblok bola dari tiang jauh.

Jika lawan berada di depan kamu, kamu dapat mengurangi jarak tembak dengan mendekati mereka dan mencoba memprediksi arah perjalanan mereka.

Selain intuisi, penjaga gawang harus memiliki fisik yang kuat, oleh karena itu latihan fisik sepak bola sangat diperlukan.

5. Teknik Tangkapan dengan Menjatuhkan Badan

Biasanya, metode ini digunakan ketika bola horizontal di sepanjang tanah. Strategi ini sangat baik dalam mencegah tujuan masuk.

Strategi ini biasanya digunakan untuk bola berkecepatan sedang yang ditujukan dekat dengan posisi pemain dan ke kanan atau kiri, tetapi masih ada peluang untuk ditangkap.

Dengan tangkapan W, kamu dapat menjatuhkan diri dan menangkap bola dengan cepat.

6. Strategi Tangkap Terbang

Strategi Tangkap Terbang

Metode ini sering digunakan oleh penjaga gawang profesional, dan tangkapan yang melonjak sangat jarang. Strategi ini digunakan ketika bola berada di udara dan masih dalam jangkauan.

Cara ini sangat berbahaya karena jika gagal, bola bisa masuk ke gawang, karena penjaga gawang adalah pemain sepak bola terakhir.

Ketika bola ketat dan sulit dijangkau, maka penjaga gawang biasanya memilih untuk menepisnya.

Hal ini tentunya mengacu pada jumlah jam terbang dan pelatihan yang kamu terima, karena penilaian dan naluri penjaga gawang bergantung pada keahliannya dan dibuat dalam sepersekian detik.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang umum dipertanyakan seputar teknik dalam menangkap bola:

Apakah Kiper Boleh Menendang Bola?

Penjaga gawang boleh menendang bola dan bahkan bisa berpartisipasi pada saat adu penalti.

Apakah Kiper Bisa Kartu Merah?

Jawabannya adalah benar. Dada pertandingan sepak bola, kiper juga memiliki kemungkinan terkena kartu merah lho, Sobat Kekinian.

Bila hal ini terjadi, maka ada dua skenario yang bisa dilakukan supaya tim dapat tetap bertanding, tapi tentunya ini akan melibatkan pergantian pemain.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai teknik dalam menangkap bola yang perlu kamu ketahui dan pahami agar dapat menjadi kiper yang handal.

Dan bisa kita simpulkan, jika kiper atau penjaga gawang ini merupakan pemain akhir yang berperang dalam menghadang bola dengan seluruh anggota tubuhnya, selama masih berada di area kotak 16, saat bola akan atau ingin memasuki gawang.

/* */