Teknik Dalam Menyundul Bola, Ini Cara Tepat Untuk Mencetak Gol

InfoKekinian.com – Setelah mengenal teknik menggiring, kini saatnya kamu untuk mengenal teknik dalam menyundul bola atau heading yang benar agar kamu bisa mencetak gol.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari masyarakat. Bahkan orang dewasa dan anak-anak sama-sama senang memainkannya.

Apa Itu Heading
Setiap pemain harus menguasai teknik sundulan yang tepat dan mahir. Dengan menguasai strategi ini, kita dapat dengan mudah mengatur pola ofensif dan defensif.

Informasi mengenai teknik sundulan dalam sepak bola ini telah kita pelajari saat kita masih berada di bangku sekolah dasar. Pada buku LKS juga berisi penjelasan tentang teknik dasar heading sepak bola.

Sayangnya, meskipun begitu tidak semua siswa memiliki kemampuan menyundul dan mengontrol bola. Meski terdengar sederhana, banyak pemain yang kesulitan dalam melakukan teknik sundulan yang tepat.

Cara menyundul bola ini tentunya tidak hanya sekedar menerima bola dengan kepala saja. Tapi kamu juga harus memperhatikan sejumlah sektor, seperti sudut bola serta kontrol yang tepat.

Lantas, bagaimana teknik dalam menyundul bola yang benar? Yuk, kita simak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Heading?

Tidak dapat disangkal bahwa sepak bola telah menjadi olahraga yang semakin populer. Permainan ini cukup menyehatkan dan menghibur, apalagi dimainkan bersama teman.

Nah, untuk menjadi pemain profesional, kamu harus menguasai keterampilan dasar seperti passing, shooting, dan heading.

Apa itu Heading? Heading yang baik dan benar dapat diartikan sebagai teknik menyundul bola dalam permainan sepak bola. Setiap pemain bertahan dan menyerang tentunya harus mempelajari keterampilan dasar ini.

Melalui penguasaan dari teknik ini, kita dapat dengan bebas memberikan umpan balik atau umpan kepada teman-teman. Menguasai teknik sundulan memberi anggota tim banyak manfaat.

Misalnya, untuk mencetak poin, kamu dapat mengoper operan dari atas atau melakukan operan. Oleh karena itu, menyundul dalam sepak bola tidak sebatas menerima bola saja.

Cara Menyundul Bola

Sebelum lanjut ke teknik dalam menyundul bola, yang pertama kami akan jelaskan ada tentang prinsip dalam melakukan sundulan pada bola secara umum:

  1. Berlari untuk menjemput bola yang datang, serta mata yang diarahkan pada saat datangnya bola
  2. Memperkuat serta memperkeras bagian otot leher
  3. Untuk menghindari sakit pada kepala, dianjurkan untuk menggunakan dahi saat melakukan sundulan
  4. Melengkungkan badan dengan cara menarik kearah belakang dapat mempermudah penyundulan bola
  5. Usahan untuk menapat serta tidak memejamkan mata saat melakukan sundulan.

Selain prinsip diatas, terdapat beberapa kegunaan yang bisa kamu jadikan sebagai keuntungan, antara lain:

  1. Untuk mempermudah pengoperan serta perpindahan bola ke teman satu tim
  2. Mempermudah dalam mencetak gol
  3. Untuk mematahkan serangan dari lawan, teknik heading ini bisa membantu dalam mempercepan pengiringan bola.

Teknik Melakukan Heading

Berikut adalah beberapa teknik dalam melakukan heading:

Teknik Menyundul Posisi Berdiri

Teknik Menyundul Posisi Berdiri
Berikut adalah cara melakukan heading dengan sikap berdiri:

  1. Usahakan jika badan dalam keadaan bergerak dan tidak sedang berdiri di tempat
  2. Hadapkan tubuh ke arah datangnya bola, kemudian tekuk ke dua kaki ke bagian belakang
  3. Condongkan sedit badan ke arah belakang
  4. Fokuskan pandangan ke arah bola
  5. Gunakan otot perut dengan kuat, hal ini berguna untuk pinggul dapat di dorong dan di ikuti dengan meluruskan kedua kaki dengan cara mendorongnya
  6. Kemudian condongkan seluruh tubuh ke arah depan dengan disertai gerakan lanjutan supaya bola bisa disundul dengan sempurna.

Teknik Sundulan Melompat

Jenis teknik heading dalam sepak bola berikut ini adalah teknik heading jumping. Pemain sepak bola sering melakukan aksi melompat sambil menyundul bola.

Teknik menyundul bola ini bisa dilakukan dengan atau tanpa awalan, tergantung kenyamanan dan kesukaan pemainnya.

Jika pelaksanaan heading dengan melompat tidak didahului dengan awalan, kedua kaki dapat digunakan untuk menolak, tetapi jika ada awalan, hanya satu kaki yang digunakan.

Jika teknik menyundul bola dalam sepak bola didahului dengan awalan, maka itu adalah sundulan. Kemudian kamu dapat menolak dengan salah satu atau kedua kaki.

Jika kita dikepung lawan saat menggiring bola, metode jumping heading akan sulit dilakukan. Terutama ketika teknik heading didahului oleh prefiks. Lalu bagaimana jika hal ini terjadi? Berikut adalah penjelasannya:

  1. Saat tubuh dalam keadaan ke atas atau sedang bersiap untuk melompat, maka gerakan menyundul bola ini dapat dilakukan. Tujuan utama menyundul bola dengan melompat adalah untuk sekadar menetralisir serangan gencar lawan. Bahkan saat berada di depan gawangnya sendiri, teknik sundulan ini bisa digunakan untuk menghalau bola yang dianggap ancaman dari lawan.
  2. Teknik menyundul bola dalam sepak bola ini juga dimungkinkan saat lompatan berada di puncaknya. Oleh karena itu, bola yang disundul ini akan mengarah kebawah, karena tujuan dari teknik heading sepak bola adalah untuk mencetak gol atau mengirim bola ke rekan satu tim.

Teknik Menyundul Bola Dengan Berlari

Berikut adalah teknik menyundul bola sambil berlari:

  1. Pastikan posisi tubuh sedang dalam kondisi berlari menuju arah bola
  2. Kemudian fokuskan pandangan pada bola
  3. Setelah itu lakukan gerakan seperti menyundul bola.

Dalam sepak bola, metode menyundul hampir identik dengan teknik menyundul bola dengan sikap berdiri. Perbedaannya, bagaimanapun, adalah dalam gerakan berlari menuju arah bola.

Kemudian, cukup lakukan teknik sundulan bola dengan postur dan gaya yang sama dengan gerakan menyundul posisi berdiri.

Teknik Heading Sikap Melayang

Teknik Heading Sikap Melayang
Metode heading selanjutnya yang digunakan dalam sepak bola adalah teknik heading sikap melayang. Metode sundulan ini biasanya efektif untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Sundulan akan membuahkan hasil yang memuaskan jika arah dan sudut sasaran tepat. Selain itu, pemain harus berani menjatuhkan tubuhnya saat mencoba menyundul bola.

Hal ini dikarenakan teknik ini menggabungkan gerakan meloncat dan menerbangkan badan dengan sikap pamungkas menjatuhkan badan setelah menyundul bola.

Metode sundulan dalam sepak bola ini digunakan untuk membuat bola yang tingginya sedang di atas tanah.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang paling umum dipertanyakan seputar teknik dalam menyundul bola:

Teknik Heading Ada Berapa?

Terdapat dua macam heading atau sundulan dalam permainan sepak bola, yaitu sundulan dengan melompat atau heading jump, dam drive heading.

Apa itu Kepanjangan dari FIFA?

FIFA atau yang memiliki kepanjangan dari Federation Internationale de Football Association, merupakan nama induk dari organisasi sepakbola di dunia.

Apakah Boleh Menahan Bola dengan Dada?

Jawabannya adalah boleh, karna paha, kaki, dada dan kepala merupakan bagian tubuh yang bisa atau boleh dilakukan dalam menghentikan bola.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai teknik dalam menyundul bola dalam permainan sepak bola, yang bisa kamu praktekan langsung.

Dan bisa kita simpulkan bahwa heading merupakan istilah untuk sundulan, yang berguna untuk mengontrol bola seperti mengoper, menembak, menyangkal bola dengan menggunakan kepala.

Dan biasanya, taktik heading ini sering digunakan untuk mempertahankan gawang serta mengecoh pemain bertahan

/* */