Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Persaingan di dunia kerja semakin ketat dari waktu ke waktu. Anda dituntut untuk memiliki kompetensi yang mumpuni untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian Anda. Setiap proses penerimaan karyawan akan membuat Anda melewati beberapa tahapan. Tentu ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan untuk bisa menembus tahap demi tahap penerimaan karyawan sebuah instansi maupun perusahaan.

Proses seleksi bisa saja berbeda satu sama lain, tetapi satu hal yang pasti, Anda wajib menuliskan surat lamaran pekerjaan untuk menunjukkan minat Anda bergabung menjadi karyawan instansi maupun perusahaan tersebut. Nah, surat lamaran yang diminta pun beragam. Ada perusahaan yang meminta pelamar untuk menulis surat lamaran dalam bahasa Indonesia.

Namun demikian, seiring dengan era globalisasi, banyak perusahaan yang mengharuskan Anda menulis surat lamaran kerja bahasa inggris. Apakah hal ini berarti bahwa Anda wajib memilik kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni untuk bisa menulis surat lamaran kerja yang baik dalam bahasa Inggris? Kemampuan bahasa Inggris memang menjadi salah satu syarat penting dalam banyak lowongan pekerjaan. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan berbagai contoh surat lamaran kerja bahasa inggris di dunia maya sebagai panduan untuk menulis surat lamaran kerja Anda sendiri.

Mengajukan lamaran pekerjaan bahasa inggris mungkin terdengar sepele dan mudah apalagi dengan bantuan internet, Anda bisa menemukan banyak contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris. Meskipun demikian, ada cara-cara yang sebaiknya Anda ikuti untuk memastikan bahwa Anda menulis surat lamaran kerja bahasa inggris dengan tepat.

Format Surat Lamaran Kerja

 

Anda bisa menemukan begitu banyak contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris di internet. Namun demikian, Anda mungkin justru akan merasa bingung karena begitu banyaknya contoh yang tersedia.

Anda perlu memastikan bahwa Anda memberikan surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris yang baik khususnya jika Anda melamar ke perusahaan asing. Anda tak perlu merasa kebingungan ketika melihat contoh lamaran kerja dalam bahasa inggris tersebut karena Anda bisa menemukan format yang sama dari surat lamaran tersebut.

Anda cukup membuat surat lamaran mengikuti format yang benar untuk menghasilkan surat lamaran kerja dalam bahasa inggris yang baik. Berikut adalah format surat lamaran yang bisa Anda ikuti.

Your Address

Phone Number

Date

Mr./Ms. First-nama Last-name

Title

Organization

Organization Address

Dear Mr./Ms. Last-name,

Paragraf pembuka menjelaskan posisi yang ingin Anda lamar, cara Anda mengetahui lowongan pekerjaan tersebut, dan informasi dasar beserta kualifikasi mengenai diri Anda sebagai pelamar.

Paragraf kedua menjelaskan alasan Anda tertarik pada posisi yang ditawarkan maupun perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan tersebut. Paragraf ini memberikan gambaran bahwa Anda mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai perusahaan tersebut juga posisi pekerjaan yang ditawarkan. Anda juga perlu menjelaskan kualifikasi khusus yang membuat Anda menjadi pilihan tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Paragraf ini memberikan rincian penjelasan yang sesuai dengan resume Anda.

Paragraf ketiga menjelaskan keinginan Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara demi mendapatkan posisi yang ditawarkan perusahaan tersebut. Sebaiknya Anda tidak lupa mengucapkan terimakasih pada kalimat penutup di akhir paragraf ini.

Yours sincerely,

(signature)

Your Name.

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris

Berikut ini adalah salah satu contoh yang bisa Anda ikuti untuk menulis surat lamaran dalam bahasa inggris.

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris
Dear Ms. Smith,

I am writing to apply for IT Support position with Google as advertised on Google’s official website. I am keen to applu my knowledge as well as key skills gained through univesity study and also work experience, particularly with regard to computer networks.

My enthusiasm to work at Google has been encouraged by the company’s reputation of working creatively for providing customers with excellent network support. It would be satisfying if I could ensure the company company networks at the best shape.

Thank you for reviewing my applicaton. My resume and academic transcripts are enclosed. I believe that I have demonstrated skills and qualities needed by the company and would welcome interview opportunity to discuss my application in detail. Thank you.

Yours sincerely,

(signature)

Putih Melati

Tinggalkan komentar