20 Tips Traveling Ke Korea Selatan

Infokekinian.com – Setelah memberikan tips liburan hemat, dan juga rekomendasi tempat wisata gratis pun juga sudah. Maka yang terakhir adalah persiapan dan tips traveling ke Korea Selatan.

Siapa sih yang tidak ingin pergi berlibur ke negeri ginseng ini, pergi berlibur ke negara ini tentu akan jadi sebuah pengalaman yang sangat menarik.

Apalagi jika kamu seorang penggemar K-Pop. Duh, pastinya liburan ke Korea bakalan sangat worth it, deh.

Persiapan Liburan ke Korea Selatan
Tapi, jika berbicara tentang liburan. Tentunya kita akan membutuhkan persiapan yang sangat panjang, mulai dari budget, kesehatan dan juga beberapa lainnya seperti dokumenn.

Tapi gak perlu khawatir, Sobat Kekinian! Karena melalui artikel ini, kami akan membagikan tips dan persiapan traveling ke Korea Selatan.

Persiapan Liburan ke Korea Selatan

Berikut adalah beberapa persiapan dan tips liburan ke Korea Selatan yang perlu kamu perhatikan:

1. Paspor

First of all, tentu kamu harus menyiapkan paspor terlebih dahulu ketika ingin pergi berlibur ke luar negeri.

Karena paspor merupakan dokumen yang sangat penting dalam imigrasi yang perlu kamu siapkan dan bawa.

Kamu juga perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan dokumen ini, selain itu juga proses pembuatannya yang cukup memakan waktu. Jadi kamu perlu membuatnya dari jauh-jauh hari.

2. Visa

Selain paspor, dokumen penting yang perlu kamu siapkan berikutnya adalah visa. Karena visa merupakan sebuah syarat untuk izin memasuki suatu negara.

Dan tentunya kamu perlu membuat visa minimal satu bulan sebelum keberangkatan, karena proses pembuatan visa biasanya memakan waktu 14 hari kerja.

Untuk biaya pembuatannya pun berbeda, biasanya biaya pembuatan visa Korea berkisaran Rp 600.000 hingga Rp 800.000.

Tapi, biaya pembuatan akan lebih murah jika kamu mengurusnya langsung ke kedutaan besar Korea.

Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan supaya proses pembuatannya cepat di terima.

3. Mata Uang

Mata Uang
Paspor sudah, visa sudah. Maka yang selanjutnya adalah uang. Korea Selatan mempunyai mata uang Won yan tentunya tidak akan menerima transaksi dengan mata uang Rupiah.

Sehingga kamu perlu menukar mata uang menjadi Won di money changer. Tetapi jika saat di Korea kamu kehabisan uang Won, kamu bisa mengambilnya di ATM yang berlogo mastercard, visa, maupun cirrus.

4. Transportasi

Kalau kamu pergi berlibur sendiri tanpa adanya pemandu dari agen perjalanan, maka sebaiknya kamu mempelajari sistem transportasi disana.

Para wisatawan dibebaskan untuk menggunakan transportasi umum yang sudah tersedia dengan baik dan tertata rapih.

Kamu bisa naik subway maupun bus, maka kamu harus mengetahui jalur subway dan bus kemudian sesuaikan dengan lokasi tujuan kamu.

5. Persiapkan Fisik

Tips tarveling ke Korea Selatan selanjutnya adalah kamu perlu mempersiapkan fisik yang kuat. Kamu bisa berolahraga kecil minimal sebulan sebelum keberangkatan.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat fisik kamu agar dapat beradaptasi dengan perjalanan panjang yang akan kamu lalui.

Karena kamu akan dituntuk untuk banyak berjalan kaki, seperti berpindah jalur saat naik subway yang berkisaran 30 hingga 40 menit.

6. Pelajari Musim

Pelajari Musim
Hal ini sangat penting agar kamu tidak salah waktu, karena itu sama saja seperti kamu bunuh diri jika kamu liburan ke korea pada musim dingin sedangkan kamu membawa pakaian untuk musim panas.

Maka dari itu, kamu benar-benar perlu mempelajari jangka waktu musim di Korea. Lalu sesuaikan dengan jadwal penerbangan kamu, agar bisa menyiapkan keperluan serta pakaian yang tepat.

Berikut adalah jangka waktu musim di Korea Selatan:

  1. Musim dingin, Desember – Februari
  2. Musim semi, Maret – Mei
  3. Musim panas, Juni – Agustus
  4. Musim gugur, September – November.

7. Informasi Seputar Makanan Halal

Karena mayoritas di Korea adalah non-muslim, maka kamu akan sedikit kesulitan untuk menemukan makanan halal selama berada di Korea Selatan.

Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan risiko tersebut. Kamu perlu mempelajari dan mencari tahu informasi seputar tempat makan yang menyediakan makanan halal, karena hal ini akan sangat membantu kamu selama liburan.

8. Siapkan Makanan Ringan

Jika kamu menyukai cemilan, kami sarankan untuk membawa cemilan yang banyak dari Indonesia saja, terlebih jika kamu hanya menyukai makanan ringan dari Indonesia.

Selain karena harganya yang bisa mencapai hingga lima kali lipat, hal ini juga dapat menghindari kamu dari makanan ringan yang tidak halal.

9. Siapkan Obat-obatan

Siapkan Obat-obatan
Sama halnya dengan snack, kamu perlu menyiapkan obat-obatan yang cukup sebelum pergi berlibur.

Karena kita tidak akan tahu seperti apa situasi dan kondisi cuaca selama di Korea, karena tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi.

10. Siapkan Asuransi

Jika kamu ingin traveling ke Korea, kamu bisa mengurus asurasi wisata jika menginginkannya.

Karena banyak wisatawan yanng membekali dirinya dengan asuransi selama berwisata ke luar negeri, salah satunya adalah Korea Selatan.

11. Persiapan Tiket Pesawat

Kamu bisa mencari tiket pesawat murah dari jauh-jauh hari. Karena jika kamu mendadak membeli tiket pesawat selain risiko kehabisan kursi, kamu juga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih mahal lagi.

12. Penginapan

Penginapan
Setelah persiapan dokumen dan jadwal penerbangkat telah rampung, kini kamu perlu mempersiapkan penginapan selama di Korea.

Kamu bisa mencari penginapan dari jauh-jauh hari agar tidak ada kendala kehabisan, terlebih jika kamu berkunjung pada masa liburan.

13. Buatlah Jadwal Perjalanan

Agar liburan kamu tidak sia-sia, tips traveling ke Korea Selatan yang kami berikan selanjutnya dalah dengan membuat itinerary atau jadwal.

Kamu bisa menuliskan seluruh tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, mulai dari tujuan, jam keberangkatan, rute perjalanan, dsb.

14. Persiapan Barang Bawaan

Tips persiapan traveling yang tak kalah penting adalah list persiapan barang yang akan kamu gunakan selama berlibur.

Hal ini juga dapat membantu kamu dalam cross check barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal.

15. Prediksi Budget

Prediksi Budget
Budget merupakan the most important yang perlu kamu persiapkan, kamu bisa memprediksi biaya pengeluaran apa saja selama liburan.

Kamu juga bisa memprediksinya melalui itinerary yang telah kamu buat sebelumnya.

16. Siapkan Makanan Instan

Karena mahalnya harga makanan di Korea dan sulitnya mencari makanan halal, maka wisatawan disarankan untuk membawa makanan sendiri dari Indonesia.

Bawalah makanan instan atau makanan yang mudah dimasak dan tidak membutuhkan waktu yang panjang untuk memasaknya. Misalnya abon, nugget, sarden kalengan, dan bakso.

17. Persiapan Internet

Di Korea, ada banyak sekali hotspot wifi gratis. Namun, kecepatan wifi gratis tampaknya tidak stabil dan tidak bisa di andalkan.

Siapkan internet yang sesuai dengan kebutuhan internet kamu selama berwisata di Korea. Atau kamu juga dapat menyewa perangkat WiFi portabel atau membeli kartu sim baru.

18. Mencari Voucher Diskon

Tidak ada salahnya mencari voucher diskon masuk tempat wisata sebelum keberangkatan. Saat ini, beberapa voucher tur virtual dapat ditukarkan dengan tiket masuk murah ke tempat-tempat wisata.

Meskipun voucher diskon sering menghemat tidak lebih dari Rp 20.000, tapi hal ini pasti akan membantu untuk menekan biaya perjalanan.

19. Download Aplikasi Yang Dibutuhkan

Download Aplikasi Yang Dibutuhkan
Banyak aplikasi tersedia yang bisa kamu unduh untuk membantu dan memudahkan kamu dalam mengenali Korea.

Contohnya termasuk program yang menampilkan jalur kereta bawah tanah di Korea, penerjemah bahasa, dan aplikasi lainnya.

Ini merupakan sesuatu yang mungkin dilupakan banyak orang, tetapi aplikasi seperti ini akan sangat membantu.

20. Packing

Persiapan dan tips traveling ke Korea Selatan yang terakhir adalah packing. Barang-barang kamu harus diisi serapi dan seefisien mungkin.

Tidak boleh ada barang yang tertinggal, karena tur Korea tidak dapat dilakukan dengan baik jika ada barang yang tertinggal.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan persiapan liburan ke Korea Selatan:

Berapa Jam Naik Pesawat dari Indonesia ke Korea Selatan?

7 jam 20 menit adalah rata-rata waktu penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta ke Seoul Incheon International.

Apakah Biaya Hidup di Seoul Mahal?

Meski terkenal sebagai salah satu negara di kawasan Asia dengan gaji yang cukup tinggi, namun rupanya, biaya hidup di Korea Selatan juga relatif mahal.

Meski begitu, biaya di Korea Selatan tentu lebih rendah jika dibandingkan dengan biaya hidup di Jepang.

Liburan ke Korea Apakah Perlu Visa?

Selama kondisi Covid-19, Korea menghentikan sementara bebas visa dan visa waiver dan menerapkan Korea Electric Travel Autorization (K-ETA) sistem.

Namun, turis yang masuk Korea lewat Pulau Jeju dan Yangyang bisa bebas visa yang berlaku per 1 Juni 2022 lalu.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa tips serta persiapan untuk liburan ke Korea Selatan, kamu benar-benar harus menyiapkan segalanya agar liburan kamu lebih tenang dan nyaman.

Demikianlah artikel mengenai tips traveling ke Korea Selatan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */