Aplikasi Untuk Membuat Peta Konsep

Infokekinian.com – Dalam postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 5 Aplikasi Untuk Membuat Peta Konsep.

PETA konsep adalah istilah dalam pembelajaran yang sudah sangat lekat dengan seorang pelajar. Akan tetapi, peta konsep sangatlah asing bagi orang umum. Sebenarnya, apa itu dan bagaimana cara untuk membuat peta konsep?

Pengertian peta konsep Peta konsep adalah suatu bagan skematis atau ilustrasi grafis untuk mewakili hubungan yang bermakna antara satu konsep dengan konsep lainnya sehingga menjelaskan suatu pengertian konseptual seseorang dalam suatu rangkaian pernyataan.

Daftar Aplikasi Peta Konsep

Peta konsep adalah suatu cara atau strategi untuk menyajikan informasi dalam bentuk konsep-konsep yang saling terhubung dalam suatu rangkaian.

Peta konsep dikembangkan oleh Novak dan tim pada 1972 pada program penelitian yang dilaksanakan di Cornell.

Peta konsep dibuat untuk mencari dan memahami perubahan pemahaman dalam ilmu pengetahuan anak-anak.

Peta konsep digunakan untuk mengetahui konsep-konsep yang telah dimiliki siswa, sehingga dengan bantuan peta konsep dapat menumbuhkan proses belajar yang lebih bermakna.

Peta konsep menggunakan pengingat visual sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan untuk belajar, mengorganisasikan dan merencanakan.

Peta konsep dapat membangkitkan ide-ide orisinal dan memicu ingatan dengan mudah jauh lebih mudah daripada pencatatan secara tradisional (Sugiyanto, 2013).

Saat ini kamu bisa membuat peta konsep dengan mudah, karena kamu bisa menggunakan dan mengakses dengan mudah aplikasi yang akan kami rekomendasikan.

Daftar Aplikasi Peta Konsep

Berikut adalah daftar dari aplikasi yang bisa kamu coba:

1. mindomo

Aplikasi gratis Mindomo tidak dapat ditemukan di antara lebih dari 1 juta unduhan dan 20.000 peringkat dengan skor rata-rata 4,7 bintang dari lima.

Dengan Mindomo, kita dapat dengan cepat dan mudah mengubah pikiran kita menjadi peta pikiran yang mudah kita ingat dan mudah dipahami orang lain.

Mindomo memungkinkan kita untuk membuat presentasi interaktif langsung dari peta pikiran, sebuah konsep yang hebat jika sebagian besar waktu peta pikiran harus dibagikan dengan orang lain.

Kemungkinan yang ditawarkannya saat memproduksi peta mencakup bagan melingkar, konseptual, dan organisasi.

Setiap area dapat memiliki ikon, warna, dan gaya yang berbeda, memungkinkan kami untuk menambahkan foto, komentar, dan tautan ke tugas, serta riwayat peta lengkap yang memungkinkan kami kembali dan menelusuri kembali perjalanan kami.

Microsoft Windows dan Apple Mac OS X keduanya didukung oleh Mindomo. Meskipun benar bahwa aplikasi Android benar-benar gratis.

Jika kita ingin memanfaatkannya dengan menyinkronkan konten dengan desktop, kita harus membuka kotak dan membayar keanggotaan selama kita bekerja dengan lebih dari 3 peta konsep.

Atau, kita dapat menggunakan aplikasi Android gratis dari cloud Mindomo dan menyinkronkannya ke cloud.

2. miMind – Pemetaan Pikiran Mudah

Menggunakan miMind, kamu dapat melacak pemikiran kamu, membuat diagram, dan kemudian mengirimkannya ke kontak atau rekan kerja kamu.

Membuat pesanan konseptual sangat mudah berkat perpustakaan desain, skema warna, bentuk, dan pola aplikasi yang luas.

Setelah kami membuat peta, kami dapat membagikannya, mengekspornya ke gambar, file PDF, file teks, atau XML.

Saat menggunakan miMind, kita dapat membuat berbagai bentuk geometris untuk menghubungkan ide dan mencadangkan kreasi kita ke Google Dirve dan Dropbox, yang membuatnya ideal untuk tablet.

Aplikasi ini telah diunduh ke lebih dari satu juta ponsel cerdas, dengan lebih dari 25.000 peringkat dan skor rata-rata 4,7 bintang dari lima kemungkinan.

Ini gratis untuk diunduh, tetapi ada pembelian dalam aplikasi yang tersedia. Selain iOS, ia menampilkan aplikasi Windows dan macOS, memungkinkan kami untuk terus bekerja di banyak platform.

3. Pengasuh pikiran

Dengan aplikasi Mindmeister, kita dapat menjahit dan menyanyikan peta pikiran kita saat rapat, presentasi, atau bahkan saat mengantar anak-anak.

Kita dapat membuat dan menyinkronkan tiga peta pikiran secara gratis di cloud menggunakan versi gratis aplikasi ini.

Kita dapat menyertakan ikon, foto, catatan, gaya, dan lainnya di setiap peta yang kami buat. Memperbesar dan menyeret bagian yang sudah dibuat ke lokasi baru keduanya dimungkinkan oleh ini. Termasuk catatan, tautan, dan aplikasi tugas.

Jika kita ingin mengekspor konten, kita bisa melakukannya langsung di Word dan PowerPoint, jadi dalam kasus terakhir, kita tidak perlu membuat presentasi terkait.

Kami juga dapat mengekspor konten dalam file terkompresi dalam format ZIP. Namun, jika kamu menggunakan Linux secara teratur, Mindmeister adalah pilihan yang lebih baik daripada yang lain karena dapat diakses melalui web.

Aplikasi ini juga beradaptasi dengan format tablet yang dikelola oleh Android, sesuatu yang sangat sedikit dilakukan oleh aplikasi.

/* */