Contoh Teks Prosedur Protokol Beserta Pengertian, Tujuan dan Ciri – Cirinya

Bahasa Indonesia sendiri mengenal berbagai macam teks atau tulisan. Setiap teks dibedakan berdasarkan tujuan dan kaidah penulisan teks tersebut. Teks prosedur protokol merupakan salah satu jenis tulisan yang umum ditemui. Berikut ini kami rangkum pengertian beserta contoh teks prosedur protokol.

Pengertian Teks Prosedur  Protokol

Teks prosedur protokol dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang memuat tata cara atau langkah – langkah dalam melakukan sesuatu. Teks tersebut menuntun pembaca agar nantinya bisa melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan.

Pada umumnya teks prosedur protokol menggunakan kalimat perintah di dalamnya. Atau juga lebih sering gaya kalimat yang digunakan adalah kalimat imperatif. Jadi pembaca bisa paham dengan perintah yang terkadang dalam teks, serta bisa menerapkan langkah – langkahnya.

Agar langkah – langkah atau petunjuk yang terdapat dalam teks prosedur protokol lebih mudah dipahami, maka dalam teks tersebut juga biasanya rutin menggunakan kata keterangan. Misalnya seperti keterangan tempat, waktu, cara, dan yang lainnya.

Teks prosedur sendiri memiliki 3  jenis teks, dan prosedur protokol merupakan salah satunya. Teks prosedur protokol biasanya memuat langkah – langkah sederhana. Dengan demikian pembaca nantinya mudah memahami petunjuk atau langkah – langkah pada teks tersebut.

Tujuan Teks Prosedur Protokol

Tujuan utama dari teks prosedur  protokol adalah memberikan petunjuk kepada pembaca dalam melakukan sesuatu kegiatan. Misalnya contoh teks prosedur protokol membuat akun instagram. Maka proses pembuatan akun Instagram tersebut, nantinya harus sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Oleh karena itu dalam teks prosedur biasanya disebutkan langkah – langkah secara berurut. Dengan demikian jika pembaca mengikuti prosedur yang ditetapkan, maka hasilnya nantinya bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Dilansir dari Kemdikbud (2017 : 84), teks prosedur memiliki tujuan komunikatif untuk memberikan petunjuk atau cara melakukan sesuatu (kegiatan) melalui serangkaian langkah – langkah atau tindakan.

Ciri – Ciri Teks Prosedur Protokol

Secara umum terdapat 7 ciri utama dari teks prosedur protokol, diantaranya :

  • Memuat petunjuk tindakan atau langkah – langkah
  • Menggunakan Kata kerja aktif
  • Menggunakan kata penghubung kalimat
  • Menggunakan kata keterangan (Waktu, tempat, cara,
  • Menggunakan kalimat perintah atau imperatif
  • Menggunakan Kalimat Saran atau juga larangan
  • Dijelaskan secara spesifik atau detail

Struktur Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol sendiri memiliki struktur yang hampir sama dengan jenis teks lainnya dalam Bahasa Indonesia. Pada teks prosedur strukturnya lebih mudah dipahami, karena hanya memuat judul, tujuan, alat, dan juga tahapannya. Berikut penjelasan masing – masing struktur teks tersebut.

Judul

Pada bagian judul memuat informasi tentang tema atau topik kegiatan apa yang hendak dilakukan. Judul mencerminkan isi seluruh teks tersebut. Oleh karena itu judul harus singkat, padat dan jelas.

Tujuan

Merupakan bagian pengantar untuk menuntun pembaca memahami tujuan dari kegiatan yang dilakukan. Biasanya tujuan dirangkum dalam bentuk paragraf untuk membuat pembaca semakin paham tentang fungsi atau kegunaan kegiatan yang dilakukan. 

Alat

Memuat informasi tentang barang atau hal apa saja yang diperlukan. Pada umumnya hal ini terdapat dalam teks prosedur tentang membuat benda atau yang lainnya.

Tahapan

Berisi langkah – langkah atau petunjuk yang dibuat dalam bentuk penomoran atau list tahapan. Pada bagian ini bisa menggunakan kata – kata seperti : pertama, kedua, selanjutnya dan yang lainnya.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Prosedur Membuat Akun Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer saat ini, dan hampir semua anak muda memiliki instagram. Berikut ini langkah mudah dalam membuat akun Instagram.

  • Langkah pertama, download aplikasi Instagram terlebih dahulu dari Playstore atau juga dari App Store.
  • Setelah aplikasi terinstal buka aplikasi tersebut. Nantinya akan muncul jendela untuk login akun Instagram.
  • Pada bagian bawah, pilih bagian “daftar dengan Email atau Nomor Telepon ” yang terletak di bagian bawah. Atau anda juga bisa memilih “login dengan Facebook”.
  • Jika anda mendaftar dengan Email atau Nomor Hp, maka anda harus membuat nama akun beserta mengisi info profil anda. Jika anda memilih daftar dengan Facebook, maka secara otomatis akun Instagram anda bisa langsung didaftarkan.

Itu lah salah satu contoh teks prosedur protokol yang ringkas dan mudah.

Tinggalkan komentar