Hal yang diKetahui Tentang Saham GoTo


InfoKekinian.com – Sedang ramai mengenai saham yang diberikan Gojek untuk mitranya, Infokekinian akan membahas hal yang diketahui tentang saham GoTo. Yuk simak penjelasannya berikut ini ya!

GoTo yang merupakan perusahaan teknologi gabungan antara Gojek dan Tokopedia dikabarkan telah menghabiskan waktunya sebagai perusahaan pendanaan dengan status Unicorn untuk segera melenggang di bursa saham Indonesia. Alhasil, banyak orang yang mencari harga saham GoTo.

Apakah ingin berinvestasi di saham GoTo? Kenali berbagai proses di balik penetapan harga saham GoTo dan 7 hal seputar IPO GoTo yang tidak boleh dilewatkan.

Hal yang diKetahui Tentang Saham GoTo (2)

Definisi IPO

Sebelum memutuskan untuk membeli saham GoTo, beberapa orang mungkin bertanya-tanya apa itu IPO dan mengapa hal itu sering disebut-sebut setiap kali berita tentang perusahaan yang berencana membuka penjualan saham publik muncul.

Singkatnya, IPO adalah ketika sebuah perusahaan go public dan menjual sahamnya kepada masyarakat umum. Investor dapat membeli saham GoTo dengan harga lebih rendah selama IPO dan kemudian menerima penjatahan saham dengan membeli saham selama sistem pemesanan.

Apakah saham GoTo masih tersedia untuk investor yang melewatkan jendela IPO? Ya, calon investor tetap bisa membeli saham GoTo melalui berbagai aplikasi jual beli saham.

Namun, calon investor umumnya akan mendapatkan harga saham yang fluktuatif jika membelinya di luar periode IPO.

Hal yang di Ketahui Tentang Saham GoTo

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian ketahui mengenai saham goto

1. Harga Saham GoTo IPO – Hal yang di Ketahui Tentang Saham GoTo

Advertisements

Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, calon investor bisa mendapatkan harga saham GoTo lebih rendah selama IPO.

Dilansir dari salah satu media keuangan, harga saham IPO GoTo saat ini adalah Rp338 per saham.

Namun, GoTo membatasi ketersediaan saham selama IPO menjadi 520.000.000 lot. sobat

2. GoTo Masih Mengalami Kerugian

Berikutnya hal yang diketahui tentang saham GoTo adalah perusahaan seperti GoTo yang sedang bersiap untuk menjual perusahaannya ke publik, harus menyediakan prospektus kepada publik agar pihak yang berkepentingan dapat meninjaunya sebelum mengambil keputusan untuk membeli.

Prospektus mencakup banyak informasi tentang perusahaan, seperti laporan keuangan yang merinci pendapatan dan pengeluaran.

Tahun ini saja, GoTo diperkirakan merugi hingga Rp8,17 triliun (US$8,17 triliun). Informasi ini dapat ditemukan dalam prospektus GoTo yang dapat ditemukan di e-ipo.co.id.

Smart Friends kini dapat mengevaluasi kembali apakah IPO saham GoTo merupakan investasi yang baik atau tidak.

3. Tak Hanya Transportasi dan E-commerce, Inilah Gurita Bisnis GoTo

Sebagai gabungan dari dua perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, GoTo menjalankan bisnisnya dengan membangun berbagai unit bisnis dari 3 lini bisnisnya, yaitu; berdasarkan permintaan, keuangan, dan e-commerce.

Nantinya, pendapatan dari saham GoTo akan dialokasikan ke berbagai unit bisnis di dalamnya, seperti Goride, Gocar, Gopay, Gopay Paylater, Tokopedia, Mitra Tokopedia, dan lainnya.

4. Di Mana Kita Bisa Beli Saham GoTo?

Setelah masa IPO, calon investor dapat membeli saham GoTo melalui berbagai aplikasi platform jual beli saham. Akan ada perbedaan harga jual beli antara sekarang dan saat GoTo go public, seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

  1. iPOT
  2. Stockbit
  3. Hebat

5. Sebelum Harga Saham di Publikasikan, GoTo Harus Melalui Proses Book Building

GoTo harus melalui proses book-building terlebih dahulu sebelum menentukan harga jual sahamnya pada saat IPO. Penjamin emisi dan perusahaan akan menggunakan book building untuk menentukan harga jual IPO saham GoTo, yang merupakan proses tawar menawar harga yang dilakukan oleh calon investor.

6. Kapan GoTo IPO Di Mulai dan Bagaimana Cara Membeli Saham GoTo?

Menurut prospektus ringkas GoTo, saat ini perusahaan sedang bersiap-siap untuk masa penawaran yang juga dikenal dengan masa IPO, yang berlangsung dari 1 hingga 5 April 2022.

Sahabat Pintar dapat mengunjungi situs web e-ipo.co.id untuk melakukan pemesanan atau order selama periode IPO untuk membeli saham GoTo. Nantinya, Sahabat Pintar bisa melakukan pemesanan dengan jumlah share yang diinginkan.

Perlu diingat bahwa Sobat Pintar tidak memiliki jaminan untuk dapat membeli sejumlah saham yang ditentukan dalam pesanan selama masa IPO karena jumlahnya yang terbatas.

Meski begitu, Sobat Pintar akan mendapat konfirmasi mengenai jumlah saham yang bisa diperoleh pada tanggal pendistribusian saham secara elektronik, yakni 6 April 2022.

7. Program Stok Gotong Royong GoTo

Salah satu penawaran menggiurkan menjelang periode IPO GoTo adalah program gotong royong GoTo, singkatnya program ini merupakan penawaran khusus bagi pengguna Gojek dan Tokopedia serta mitra Gojek dan Tokopedia yang meliputi penjual dan pengemudi Gojek.

Artinya Sobat Pintar berpeluang besar untuk bisa mendapatkan bagian jatah terdekat saat melakukan pemesanan selama periode Penawaran IPO 1 sd 5 April 2022.

Program gotong royong GoTo ini merupakan apresiasi perusahaan yang ditujukan kepada para pengguna dan mitra Gojek dan Tokopedia atas kontribusinya dalam memajukan perusahaan.

Itulah hal yang diketahui tentang saham GoTo sebelum membeli saat IPO di awal April. Yang terpenting adalah memikirkan rencana masa depan dan prospektus yang dimiliki GoTo agar tidak menoleh ke belakang dan menyesali keputusan .

Kesimpulan

Nah sudah tahu kan apa saja hal yang diketahui tentang saham GoTo IPO? Bagi kalian yang minat dengan saham GoTo IPO juga bisa loh untuk membeli saham tersebut. Semoga bermanfaat ya!

/* */