Harga dan Spesifikasi Oppo A96 5G

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan harga dan spesifikasi Oppo A96 5G, kelebihan dan kekurangannya. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Oppo A96 5G merupakan smartphone kelas menengah dengan desain yang menarik dan performa yang stabil.

Sekilas Oppo A96 5G mirip dengan Oppo Reno7 5G yang menggunakan desain modul kamera sederhana dan menggunakan punch hole untuk notch.

Harga dan Spesifikasi Oppo A96 5G

Dan bisa dikatakan harga dan spesifikasi Oppo A96 5G merupakan smartphone tertinggi di seri A untuk saat ini. Casing belakang Oppo A96 5G menggunakan teknologi penyematan kristal streamer terbaru.

Dari sisi layar, kamu dapat melihat cahaya melingkar di sekitar tepi lensa kamera yang menyala saat ada panggilan atau notifikasi lain masuk.

Baterainya berkapasitas besar yang mendukung teknologi fast charging, VOOC, 33W super flash charging.

Harga Oppo A96 5G

Harga dan spesifikasi Oppo A96 5G ini sama seperti dengan produk smartphone mid-range terbaru dari Oppo lainnya, yaitu Oppo A36 yaitu belum dijual secara bebas alias masih dipasarkan di daratan Cina dan Hong Kong saja.

Oppo A96 5G tersedia dalam 3 warna yang berbeda, yaitu Apricot Pink Warm Sun, Glass Symphony dan Night Dream and Evening Star yang kesemuanya dilengkapi dengan RAM 8GB serta ROM 256GB.

Ketiga model tersebut dijual dengan harga yang sama, yaitu CNY 1999 atau sekitar Rp4,51 jutaan. Belum diketahui apakah nantinya Oppo A96 5G bakal dipasarkan keluar Cina atau setidaknya dapat hadir ke pasaran Indonesia.

Spesifikasi Oppo A96 5G

Berikut adalah spesifikasi Oppo A96 5G:

1. Spesifikasi

  1. Nama model: Oppo A96 5G
  2. Kode produksi: PFUM10
  3. Segmen pasar: Mid-range
  4. Diperkenalkan: Januari 2022
  5. Dirilis resmi: Januari 2022
  6. Jaringan: GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / 5G (SA&NSA)

2. Eksternal

  1. Dimensi: 59,9 x 73,2 x 7,49 mm (Night Dream and Evening Star, Apricot Pink Warm Sun) dan 159,9 x 73,2 x 7,55 mm (Glass Symphony)
  2. Berat: 171 gram
  3. SIM Card: Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)

3. Layar

  1. Jenis: OLED
  2. Ukuran: 6,43 inci (90,8% screen-to-body ratio)
  3. Resolusi: 2400 × 1080 pixels FHD+ (409 ppi)
  4. Perlindungan –
  5. Model: Bezel-less dengan punch hole, refresh rate 60Hz, touch sampling rate 180Hz (2 jari) Default 120Hz (5 jari)

4. Internal

  1. Sistem Operasi: Android 11
  2. User Interface (UI): ColorOS 12
  3. Chipset: Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm)
  4. Prosesor: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver)
  5. Kartu grafis: Adreno 619 @840MHz
  6. ROM: 256GB UFS2.2 (support dengan SD Card 3.0)
  7. RAM: 8GB LPDDR4x
  8. Kamera, Speaker, Sensor
  9. Depan: 16MP
  10. Fitur: Photo, video, panorama, portrait, night scene, time-lapse photography, cute shot, AI ID
    Belakang: 48MP + 2MP
  11. Fitur: Photo, video, panorama, portrait, night scene, time-lapse photography, cute shot, AI ID, Photo Text, ultra-clear image quality, AI ID photo, cute photo, multi-view video, scan
  12. Loudspeaker: Ya
  13. Port jack 3,5mm: Ya
  14. Sensor utama: Geomagnetic induction, proximity sensor, off-screen light sensor, acceleration sensor, gravity sensor, gyroscope, support step function
  15. Sensor sidik jari: Ya (di samping)

5. Konektivitas

  1. WLAN: Wi-Fi 5 (802.11ac), 802.11a/b/g/n/, WLAN 2.4G/WLAN 5.1G/WLAN 5.8G, WLAN Display, WLAN network sharing
  2. Bluetooth: 5.1, SBC, AAC, support aptX HD, LDAC
  3. USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  4. NFC: –
  5. GPS: GPS, A-GPS, Beidou, GLONASS, GALILEO, QZSS, AutoNavi Map, Baidu Map, Tencent Map
  6. Radio: –

6. Baterai

  1. Jenis: Non-removable Lithium Polymer
  2. Kapasitas daya: 4500 mAh (Support VOOC, 33W super flash charging)
  3. Warna: Apricot Pink Warm Sun, Glass Symphony, Night Dream and Evening Star
  4. Harga: CNY 1999 (sekitar Rp4,51 jutaan)

Fitur Unggulan Oppo A96 5G

Berikut adalah fitur unggulan yang dimiliki A96 5G:

1. Desain Menarik dengan Balutan Warna-warna Romantis

Seperti yang sempat disinggung di paragraf awal, Oppo A96 5G memiliki tampilan mirip seperti Oppo Reno7 5G.

Pada casing belakangnya pun sama-sama seperti terlihat ada taburan berlian Kristal dengan desain modul kamera yang berbentuk kotak besar.

Walaupun materialnya adalah terbuat dari plastik, akan tetapi karena balutan warna itu, Oppo A96 5G tetap terlihat seperti sebuah smartphone mewah.

Untuk warnanya sendiri, Oppo A96 5G hadir dalam 3 varian yang berbeda, yaitu Apricot Pink Warm Sun, Glass Symphony dan Night Dream and Evening Star.

Ketiga warna ini memancarkan kesan yang cukup romantis dan tidak seperti smartphone-smartphone pada umumnya yang selalu memiliki satu atau dua varian warna dengan kesan misterius dan deep.

Tapi untuk Oppo A96 5G ini tidak ada yang mengesankan tampilan kelam. Terlebih lagi, ketiga warna tersebut menggunakan teknologi streamer crystal diamond yang cukup menawan. Bagian belakang perangkat tidak akan meninggalkan sidik jari.

Apricot Pink Warm Sun mengambil kesan seperti saat matahari terbenam dengan warna merah muda aprikot hangat.

Sedangkan Glass Symphony memiliki artian seperti warna ketika fajar menyingsing dengan pantulan awan yang berwarna-warni di langit.

Night Dream and Evening Star seperti gelapnya malam yang masih ada cercah cahaya bulan dengan taburan bintang-bintang di langit.

Oppo A96 5G tidak hanya memiliki desain dan warna menarik saja, tetapi juga cukup ringan dan sleek atau tipis. Tercatat, Oppo A96 5G memiliki ketebalan 7,49 mm saja, sedangkan bobotnya hanya 171 gram.

Bahkan dapat dikatakan bahwa Oppo A96 5G ini adalah smartphone 5G tertipis di semua seri Oppo A.

Satu hal yang menarik adalah walaupun dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4500 mAh, akan tetapi bodynya tetap slim.

2. Gemini Ring, Lingkar Bercahaya di Sekitar Lensa Kamera

Gemini Ring adalah sebuah istilah yang dimunculkan oleh Oppo untuk inovasi terbaru mereka. Gemini Ring tersebut adalah teknologi lampu LED berkualitas tinggi yang tersembunyi di sela-sela lensa kameranya.

Fungsinya adalah sebagai penanda apabila ada telepon atau pesan masuk. Ketika Gemini Ring aktif, maka akan menyala dan di pinggiran lensa kamera belakangnya akan terlihat menyala.

Lampunya tidak membutuhkan daya yang tinggi dan mampu beroperasi sampai 50 ribu kali. Bahkan dengan baterai hanya 1%, lampu tersebut mampu bertahan sampai dengan 2 jam.

3. Chipsetnya Bagus dengan Fabrikasi 6 Nanometer

Beranjak ke sisi dalamnya, Oppo A96 5G dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G yang memiliki fabrikasi 6nm dan merupakan salah satu tertinggi di antara semua produk seri A dari Oppo.

Chipsetnya ini lebih bagus dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 690. Prosesor yang digunakan memiliki clock speed 2x 2.2GHz A78 dan kartu grafis Adreno 619 yang mampu menampilkan rendering grafis GPU hingga 30% lebih cepat dan kinerja CPU 15% lebih bagus dibandingkan dengan model sebelumnya.

Untuk operating systemnya masih sama seperti kebanyakan smartphone Oppo lainnya, yaitu Android 11.

Sedangkan untuk user interfacenya adalah ColorOS 12 dan Oppo A96 5G adalah smartphone pertama di seri A dari Oppo yang kali pertama menggunakannya.

Banyak hal yang dimiliki ColorOS 12 ini, seperti salah satunya adalah Smart Sidebar 2.0. Dalam hal pengamanan, ColorOS 12 telah mendapatkan upgrade yang sangat banyak dari model sebelumnya.

Jadi kamu dapat sharing foto, data dan apapun dengan aman dan nyaman. Ketika ingin mengaktifkan Photo Safe Sharing dan mulai berbagi, kamu dapat memilih untuk menghapus informasi mulai dari lokasi sampai dengan semua data exifnya.

4. Ruang Penyimpanan Besar dan RAM Dapat Ditambah Kapasitasnya

Apabila kebanyakan smartphone di kelas mid-range hanya dilengkapi dengan RAM yang permanen atau dalam artian apabila sudah ditetapkan misalnya sebesar 4GB, maka tidak dapat ditambah lagi.

Akan tetapi berbeda dengan Oppo A96 5G, smartphone satu ini dilengkapi teknologi ekspansi RAM yang cukup canggih.

RAM yang dimiliki Oppo A96 5G adalah sebesar 8GB, akan tetapi masih dapat ditambah lagi maksimal 5GB menjadi total 13GB. Sedangkan untuk internal storagenya sendiri adalah berkapasitas 256GB.

5. Sistem Pendingin Cair yang Mampu Turunkan Suhu

Produk smartphone satu ini mirip seperti perangkat mobile kelas flagship yang dilengkapi dengan sistem pendingin cair.

Sistem pendinginnya ini memiliki kinerja daya rendah yang sangat bagus dan kompatibel dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695 yang digunakannya.

Teknologi ini sangat bagus untuk menurunkan temperatur di dalam perangkat, terutama saat dipakai untuk bermain game.

Sistem pendinginnya memakai tabung tembaga berpendingin cairan super besar yang ditambah bahan grafit konduktivitas termal tinggi.

6. Layar Ultra-jernih Berjenis OLED Berukuran Besar

Untuk tampilan depannya sendiri, Oppo A96 5G dilengkapi dengan layar berjenis OLED berukuran 6,43 inci dengan punch hole kecil yang tidak memangkas banyak space.

Rasio screen-to-body mencapai 90,8% yang akan sangat menyenangkan ketika digunakan untuk bermain game atau menonton video.

Layarnya memiliki warna memukau dengan gamut warna ultra-tinggi DCI-P3 dan tampilan warnanya jelas juga nyata.

Dengan tampilan yang bagus tersebut, maka dapat menghadirkan pengalaman visual yang lebih mendalam.

Selain itu, walaupun refresh ratenya adalah 60Hz, akan tetapi dapat menghadirkan pengalaman bermain lebih lancar dan efek menonton drama lebih imersif.

7. Baterai Berkapasitas Besar dan Cepat Diisi Ulang

Untuk urusan energinya, Oppo A96 5G dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 4500 mAh.

Dengan kapasitas sebesar itu, maka perangkat dapat digunakan seharian penuh untuk berbagai keperluan.

Ditambah lagi, Qualcomm Snapdragon 695 memiliki manajemen konsumsi daya yang sangat bagus sehingga daya tahan baterainya semakin tahan lama.

Oppo A96 5G support dengan teknologi pengisian cepat VOOC 33W flash charge. Dari posisi 0% sampai dengan 100% hanya membutuhkan waktu 63 menit.

Dalam kondisi 100%, baterainya mampu bertahan selama 15,27 jam lamanya, 6 jam untuk bermain game atau 10 jam untuk menonton video streaming.

8. Lensa Kamera dengan Resolusi 48MP dengan Fitur Spot Portrait

Oppo A96 5G dilengkapi dengan lensa kamera utama yang memiliki resolusi 48MP dan aperturenya f/1.7.

Dalam mode pemotretan, Oppo A96 5G support Night Scene, Portrait, time-lapse photography, super text, ultra-clear image quality, multi-view video dan banyak lainnya.

Satu hal yang menarik adalah Oppo A96 5G juga support dengan fitur “Spot Portrait” atau fasilitas yang digunakan di banyak smartphone Oppo Reno series.

Dengan menggunakan Spot Portrait, maka hasil gambarnya akan sangat bagus seperti mendapatkan bantuan teknologi AI.

Lensa keduanya memiliki resolusi 2MP dengan bukaan f/2.4 yang digunakan khusus untuk Portrait.

Hanya saja yang perlu diketahui adalah Spot Portrait dengan lensa kedua pada Oppo A96 5G adalah 2 fasilitas yang berbeda.

Dengan lensa Portrait ini, maka hasil fotonya akan mendapatkan efek bokeh halus. Sedangkan untuk lensa kamera depannya sendiri, resolusinya adalah 16MP dan memiliki fungsi seperti halnya kamera depan pada umumnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Oppo A96 5G:

Kelebihan Oppo A96 5G

Kelebihan dari Oppo A96 5G pertama adalah smartphone satu ini dilengkapi dengan layar berjenis OLED yang lebar dan memiliki resolusi serta tingkat density yang tinggi.

Kelebihan kedua adalah Oppo A96 5G dilengkapi dengan user interface terbaru, ColorOS 12. Oppo A96 5G juga support untuk dapat digunakan di jaringan 5G.

Satu hal yang menarik lagi adalah smartphone ini memiliki RAM dan ROM besar. Selanjutnya, Oppo A96 5G memiliki baterai berkapasitas besar dan support teknologi fast charging 33W. Terdapat juga fitur menarik yang jarang ditemui, yaitu Gemini Ring.

Kekurangan Oppo A96 5G

Sedangkan kekurangan yang dipunyai Oppo A96 5G ini adalah pada fasilitas lensanya tidak dilengkapi dengan fitur ultra-wide angle yang cukup banyak digunakan oleh banyak smartphone pada umumnya.

Kemudian perangkat mobile ini tidak dilengkapi dengan fitur NFC. Oppo A96 5G juga bukan tergolong smartphone tahan banting walaupun pihak Oppo mengklaim bahwa produk satu ini sudah lolos uji tes endurance.

Kekurangan lainnya adalah Oppo A96 5G dijual dengan harga yang relatif tinggi untuk ukuran smartphone kelas menengah.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai harga dan spesifikasi Oppo A96 5G, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan.

Oppo A96 5G merupakan smartphone yang memiliki desain dan tampilannya bagus. Banyak hal menarik yang dimiliki Oppo A96 5G dan salah satunya adalah Gemini Ring.

Tentunya akan banyak orang yang tertarik dengan fasilitas satu ini karena tergolong baru yang mana sebelum-sebelumnya, semua notifikasi hanya akan ada tampilannya di layar ataupun melalui nada yang dikeluarkan.

Selain itu, smartphone satu ini juga sudah support untuk digunakan di jaringan 5G yang mulai diadopsi banyak Negara di dunia.

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki, akan tetapi tidak terlalu menjadi satu masalah besar. Untuk saat ini, Oppo A96 5G baru dijual di pasaran Cina dan Hong Kong saja dengan harga sekitar Rp4,51 jutaan.

Demikianlah artikel mengenai Harga dan Spesifikasi Oppo A96 5G dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.