Inilah Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Infokekinian.com – Siapa disini yang tak kenal pisang, si buah yang enak dan sering dikonsumsi semua kalangan? Selain karena memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah, tentunya juga kaya akan manfaat. Penasaran apa saja? Yuk kita lihat, inilah manfaat buah pisang untuk kesehatan.

Jika kita perhatikan, buah pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi para atlet untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pilih Buah Pisang Berkualitas Tinggi

Buah pisang adalah penyelamat bagi mereka karena dapat mengembalikan tingkat energi puncaknya.

Secara umum banyak sekali kandungan gizi pada buah pisang untuk menyampaikan pembahasan mengenai manfaat buah pisang. Kandungan gizi buah pisang adalah sebagai berikut:

99 gram kalori

1,2-gram protein

0,2 gram lemak

25,8 mg karbohidrat

0,7 gr serta

8 mg kalsium

28 mg fosfor

0,5 mg besi

44 RE vitamin A

0,08 mg vitamin B

3 mg vitamin C

72 gr air.

Menurut informasi yang diberikan di atas, buah pisang memiliki nilai gizi yang tinggi. Karena kandungan nutrisi tersebut, pisang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian seseorang.

Pilih Buah Pisang Berkualitas Tinggi

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah pisang, kamu harus mengonsumsi pisang berkualitas tinggi. Dalam hal ini, cobalah untuk menemukan buah pisang berkualitas tinggi.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas buah pisang yang baik. Pilih pisang yang sudah matang, memiliki kulit hijau kekuningan dengan bintik-bintik coklat atau kuning dan dalam hal ini tidak membusuk.

Ini adalah karakteristik yang menguntungkan dari pisang. Buah pisang dengan karakteristik ini lebih mudah dicerna, dan gula dalam pisang diubah menjadi glukosa alami, yang dengan cepat didistribusikan ke aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh sebagai sumber energi baru.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang, karena kandungan nutrisinya, memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat pisang untuk kesehatan yang bisa menjelaskan mengapa buah ini begitu populer antara lain sebagai berikut:

Sebagai Sumber Energi

Buah pisang merupakan salah satu buah yang dapat memberikan banyak energi. Buah ini sangat mudah dicerna, dan gula di dalamnya dengan cepat diubah menjadi sumber energi.

Buah pisang dengan demikian sangat baik untuk membentuk tubuh, meningkatkan kerja otot, dan menghilangkan kelelahan.

Baik untuk Ibu Hamil

Beberapa dokter menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi pisang. Hal ini disebabkan kandungan asam folat pada buah pisang yang tinggi, yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin. Namun, jangan makan pisang terlalu banyak karena memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia

Apakah kamu menderita anemia? Pisang, di sisi lain, adalah salah satu buah terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan khusus ini.

Mengkonsumsi dua buah pisang per hari bermanfaat bagi mereka yang menderita anemia. Mengapa? Pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang secara signifikan dapat mengurangi anemia.

Mengatasi Masalah Perut dan Usus

Salah satu manfaat pisang yang paling penting adalah membantu mengatasi masalah perut dan usus.

Pisang, bila dicampur dengan susu cair atau dimasukkan ke dalam segelas susu cair, dapat digunakan untuk mengobati gangguan usus.

Selanjutnya, menu ini dapat direkomendasikan untuk pasien yang mengalami sakit perut dan asam lambung.

Menyelesaikan Masalah Hati

Pisang adalah salah satu buah yang paling penting untuk mengatasi masalah hati. Pisang mengandung nutrisi yang dapat membantu sakit liver secara rutin.

Dalam hal ini, kamu dapat mengatasi masalah hati dengan mengonsumsi dua buah pisang dengan satu sendok makan madu.

Menyembuhkan Luka Bakar

Menyembuhkan Luka Bakar

Daun pisang memiliki manfaat selain buahnya, salah satunya adalah meredakan luka bakar. Campuran abu daun pisang dan minyak kelapa, di sisi lain, memiliki manfaat pendinginan yang sangat baik. Cukup oleskan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa tadi.

Mengatasi Masalah Diabetes

Diabetes adalah salah satu kondisi medis yang paling serius. Mengkonsumsi pisang secara rutin merupakan salah satu solusi dari masalah diabetes ini. Pisang kaya akan antioksidan, yang dapat membantu dalam pengobatan diabetes.

Mempercantik Kulit

Apakah kamu mendambakan kulit halus dan bersih? Pisang, misalnya, merupakan salah satu buah yang bisa dimanfaatkan.

Buat masker pisang untuk perawatan kulit dengan memadukan pisang tumbuk dan madu. Oleskan masker pisang ini setiap hari selama 15 hari untuk melihat hasilnya.

Mengontrol Berat Badan

Mengontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan adalah salah satu manfaat pisang terbaik. Ya, kamu yang memiliki berat badan berlebih pasti akan merasa gelisah dan minder.

Selain untuk diet, mengonsumsi pisang merupakan salah satu cara untuk mencapai berat badan ideal. Nutrisi pisang secara bertahap akan mengurangi lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Selanjutnya, pisang akan memberikan rasa kenyang, memungkinkan kamu untuk mengontrol nafsu makan. Dalam hal ini, cobalah makan pisang setiap hari dan amati perubahan pada tubuh kamu.

Mengatasi Depresi

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat digunakan untuk mengobati depresi. Dalam hal ini, nutrisi yang ditemukan dalam pisang akan membantu produksi dopamin tubuh. Depresi akan lebih mudah diatasi begitu hormon ini diproduksi.

Mencegah Kram Otot

Kram otot adalah salah satu masalah yang pasti akan menyiksa. Dalam hal ini, pisang merupakan salah satu buah yang bisa diandalkan untuk membantu.

Mengkonsumsi pisang bisa menjadi solusi karena kandungan kalsiumnya yang akan membantu memperkuat otot.

Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium pada pisang tidak hanya bermanfaat untuk otot tetapi juga untuk tulang. Ya, salah satu manfaat pisang adalah membantu memperkuat tulang. Makan pisang, terutama untuk anak-anak, sangat dianjurkan karena kandungan kalsiumnya.

Mengatasi Mood yang Buruk

Mengatasi Mood yang Buruk

Jika kamu mengalami hari yang buruk, cobalah makan pisang. Buah yang satu ini mengandung banyak sekali kandungan yang bisa mengatur mood.

Pisang, di sisi lain, bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kegembiraan, terutama saat stres atau menderita PMS.

Menurunkan Hipertensi

Kandungan potasium pisang akan sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Hipertensi, seperti yang kita semua tahu, adalah masalah kesehatan yang serius. Efek negatif hipertensi bisa dihindari dengan mengonsumsi pisang.

Tips Diet Pisang

Pisang membuat perut kenyang lebih lama, mengonsumsinya merupakan pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Kandungan gizi pisang sangat baik untuk membentuk tubuh ideal karena banyak mengandung potasium dan serat, serta harganya juga sangat murah.

Berikut adalah petunjuk rinci untuk menyelesaikan diet pisang untuk kenyamanan kamu:

1. Diet Pisang Watanabe

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dari diet yang dipopulerkan oleh pria Jepang bernama Watanabe ini.

Mulailah diet pisang kamu dengan 1 hingga 4 pisang kecil untuk sarapan, diikuti dengan 1 pisang dan 1 porsi salad sayuran untuk makan siang.

Selanjutnya, minumlah 8 sampai 10 gelas air putih per hari dan hindari minum air dingin atau es. Biasakan makan malam sebelum jam 8 malam, dengan mengkonsumsi 1 buah pisang dan makanan sehat lainnya seperti 1 butir telur rebus dan salad kecil. Pisang favorit Watanabe adalah pisang Cavendish.

2. Morning Banana Diet

Diet pisang pagi ini terdiri dari makan pisang untuk sarapan pagi. Sedangkan untuk menu makan siang dan makan malam, kamu bisa menyantap makanan sehat apa saja yang kamu inginkan.

Ingatlah untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang berminyak, mengandung santan, atau tinggi lemak.

Batasi juga porsi makan siang dan makan malam kamu agar diet pisang pagi ini berhasil. Silakan makan dua pisang dan segelas air untuk sarapan.

Mengkonsumsi pisang, yang mengandung serat larut dan tidak larut, akan membuat perut kenyang lebih lama sekaligus meningkatkan oksidasi lemak karena pisang membantu proses fermentasi saluran pencernaan, yang terdiri dari asam lemak rantai pendek.

3. Diet dengan Pisang 7 Hari

Diet dengan Pisang 7 Hari

Tips Diet Pisang berikut adalah diet pisang 7 hari. Diet pisang dalam 7 hari merupakan diet cepat yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan hingga 3 kg dalam satu minggu.

Diet ini terdiri dari berbagai makanan yang mengandung protein, karbohidrat, protein, dan vitamin dalam buah pisang.

Mulailah diet dengan 1 buah pisang, 2 potong roti gandum, dan susu skim untuk sarapan. Makan siang harus terdiri dari 1 gelas susu skim, 2 pisang, dan 1 mangkuk sup sayur.

Makan malam bisa terdiri dari 1 cangkir teh panas dan 1 buah pisang dicampur dengan susu kental manis rendah lemak.

4. Diet Pisang 14 Hari

Dengan diet pisang 14 hari, kamu bisa kehilangan hingga 5 kg lemak sekaligus menurunkan berat badan.

Meskipun menurunkan berat badan membutuhkan waktu, ini adalah diet yang baik, seimbang, dan lebih aman karena tidak terlalu membatasi.

Mulailah pagi kamu dengan 2 gelas air, 1 pisang, susu skim atau teh, keju cottage, dan sepotong roti gandum.

1 buah pisang, salad sayuran dengan tambahan minyak wijen, ikan bakar atau dada ayam tanpa kulit, dan 2 gelas air putih dapat dikonsumsi untuk makan siang.

Sedangkan untuk makan malam, kamu bisa makan 1 buah pisang, 1 butir telur rebus, dan salad sayuran.

Diet pisang 14 hari kurang padat kalori dibandingkan diet pisang lainnya. kamu tidak perlu menyiksa diri dengan mengonsumsi berbagai makanan lezat asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

5. Sarapan

Konsumsilah satu buah pisang untuk sarapan sebelum makanan lain untuk meningkatkan pencernaan sekaligus membuat perut kamu lebih kenyang, mengurangi porsi sarapan.

Setelah beberapa saat makan pisang, kamu bisa beralih ke makanan diet sehat lainnya seperti susu skim dan roti gandum untuk memaksimalkan hasil diet kamu.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar buah pisang:

Apa Efek Samping Dari Pisang?

Berikut adalah beberapa efek samping dari buah pisang:

  1. Berat badan naik
  2. Menyebabkan kantuk
  3. Kerusakan gigi
  4. Mengalami hiperkalemia
  5. Mengalami migrain.

Berapa Banyak Makan Pisang Dalam Sehari?

Dilansir dari Healtline, mengonsumsi pisang sebanyak satu atau dua buah setiap harinya masih tergolong asupan moderat bagi orang-orang yang sehat.

Tetapi kamu harus tetap pastikan untuk menerapkan pola makan yang seimbang agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup, selain dari mengonsumsi pisang.

Sebaiknya Makan Buah Dulu Apa Makan Nasi Dulu?

Menurut Dokter spesialis gizi, dr Florentina M. Rahardja, M,Gizi, Sp, GK, buah sebaiknya dikonsumsi disaat sebelum mengonsumsi makanan pokok.

Apakah Boleh Makan Buah Setelah Makan?

Makan buah lebih disarankan untuk dikonsumsi sebelum kamu makan makanan pokok, hal itu dikarenakan makan buah setelah makan dapat membuat penyerapan tubuh atas fruktosa akan lebih lambat.

Sehingga apabila kamu makan buah setelah makan makanan pokok, maka perut kamu akan terasa lebih begah akibat keluarnya asam di dalam perut, dan hal itulah yang menyebabkan sakit perut ataupun diare.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat buah pisang untuk kesehatan karena buah pisang sendiri memiliki berbagai khasiat yang beragam, selain itu kamu juga bisa memanfaatkan buah pisang sebagai program untuk diet.

Dan dengan aneka manfaat yang telah kami jelaskan diatas, tentu mengonsumsi pisang bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu konsumsi dengan teratur untuk medapatkan manfaat buah pisang untuk menjaga kesehatan tubuh.

Demikianlah artikel mengenai Inilah Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */