Jurus Jitu Paham Investasi

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai jurus jitu paham investasi, khusus untuk Sobat kekinian yang ingin mengetahui atau belajar tentang investasi.

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang dapat menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi. Mereka menghasilkan rata-rata antara 12 dan 14 persen setiap tahun.

Berinvestasi di saham bisa memberikan imbal hasil yang lebih besar lagi jika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berkinerja baik.

5 Informasi Dasar Tentang Investasi

Meskipun demikian, banyak investor mengalami kerugian saat berinvestasi di saham. Banyak dari mereka juga menderita kerugian yang signifikan sebagai akibat dari keputusan investasi yang buruk.

Bagi kamu yang belum pernah berinvestasi saham namun ingin mulai berinvestasi, simak artikel ini hingga selesai.

5 Informasi Dasar Tentang Investasi

Berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu terapkan:

1. Gali Informasi dan Beli Saham Yang Dikenal

Sebelum memulai sesuatu, sangat penting bahwa kamu mengumpulkan sejumlah besar pengetahuan. Gali informasi dari berbagai sumber, seperti media, internet, buku dan hadiri seminar.Jurus Jitu Paham Investasi

Tetapi informasi ini tidak boleh ditelan seluruhnya. Selain itu, kamu harus mewaspadai “mangsa hoax” dengan menyaring dan mengeceknya.

Kemudian beli di perusahaan yang sahamnya kamu kenal. Siapa yang memilikinya, bagaimana tingkat kepercayaannya ditambah dengan rekam jejaknya, neraca (seperti laba rugi dan arus kas), penilaiannya, prospek dan prakiraannya di masa depan.

Dengan cara ini, investasi saham kamu akan memberikan pengembalian yang dijanjikan, karena kamu tidak akan membeli saham seperti kucing dalam karung.

2. Hindari Spekulasi

Jika investasi saham jenuh dengan spekulasi tinggi, maka akan berisiko tinggi. Misalnya, diperkirakan harga saham akan naik tajam dalam waktu singkat.

Jangan terlibat dalam spekulasi pasar saham. Spekulasi seperti perjudian, mempertaruhkan uang untuk memenangkan saham tertentu.

Pengetahuan dan pemahaman tentang informasi yang telah kamu pelajari harus menjadi dasar untuk investasi saham.

3. Gunakan Dana Menganggur

Sebenarnya, bisa saja menggunakan utang untuk berinvestasi di saham, termasuk saat investasi merugi. Namun, yang terbaik adalah menggunakan dana menganggur untuk investasi.

Misalnya, ada dana menganggur di rekening tabungan. Jika dana darurat telah terpenuhi, dana tersebut bisa digunakan untuk investasi. Lebih aman dan nyaman daripada utang.

Ini karena pasar saham sangat tidak stabil. Dalam hitungan menit atau detik, harga saham bisa berfluktuasi. Hanya butuh sepersekian detik untuk berubah dari kaya menjadi miskin.

Jika kamu meminjam uang, kamu harus membayar kembali uang yang kamu pinjam ditambah bunga. Misalnya, tingkat bunga harian pinjaman online mungkin setinggi 1 hingga 2 persen.

Sedangkan untuk investasi saham, hanya 3 persen setiap bulan yang termasuk dalam uang besar. Apakah kamu mampu melunasi hutang dengan pendapatan investasi?

4. Beli Saat Harga Turun

Banyak investor pemula berasumsi bahwa ketika harga saham turun, mereka harus menghindari membeli saham.

Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena kamu bisa membeli dengan harga tinggi dan kemudian menjualnya saat harga saham naik ke level yang lebih tinggi atau reguler.

Jelas, keuntungan paling banyak dapat dibuat dengan menggunakan strategi ini. Untuk amannya, jangan langsung menerapkan strategi ini pada setiap penurunan nilai suatu saham.

Ada sejumlah faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan. Jadi, lanjutkan dengan hati-hati dan kehati-hatian setiap saat.

5. Jangan Cepat Menyerah

Kunci sukses investasi saham adalah konsistensi dan kesabaran. Selalu positif, pantang menyerah dan tidak takut akan resiko.

Hal ini akan membuat kamu lebih kuat dalam bertahan dalam investasi saham untuk menghasilkan keuntungan.

Jangan takut dengan resiko kegagalan atau keinginan untuk mendapatkan uang dengan cepat, bangunlah mentalitas ini secara terus menerus sebelum memulai.

Tingkat pencapaian seseorang sangat ditentukan oleh pola pikirnya, yang memiliki pengaruh signifikan.

Kesimpulan

Itulah 5 dasar untuk memulai investasi yang bisa kamu perhatikan agar tidak salah perhitungan nantinya.

Demikianlah artikel mengenai Jurus Jitu Paham Investasi dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */