Mengetahui Macam-Macam Penyakit Jantung Dan Ciri Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang beresiko kematian, tidak sedikit orang meninggal karena penyakit yang satu ini, terutama di Indonesia. Jadi, sangat perlu mengetahui macam-macam penyakit jantung dan pencegahannya sejak dini.

Mungkin beberapa orang menyederhanakan penyakit yang berhubungan dengan jantung disebut sakit jantung saja, padahal sakit jantung sendiri dibagi menjadi beberapa macam.

Ciri penyakit jantung

Macam-macam penyakit jantung, simaklah informasi berikut ini!

  1. Penyakit Jantung Koroner
    Penyakit yang satu ini adalah yang paling banyak diderita orang. Penyakit jantung sendiri disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah dan pengerasan pembuluh darah arteri. Pembuluh tersebut berperan penting dalam hal suplai darah, jadi apabila terjadi penyempitan pembuluh darah, otot jantung akan kekurangan oksigen.
  2. Aritmia Jantung
    Bila seseorang pernah mengalami masalah jantung, maka ada resiko terkena aritmia jantung. Macam penyakit jantung yang satu ini ditandai dengan detak jantung yang tak beraturan. Namun tidak sedikit pula orang yang mengalami aritmia jantung tanpa mengalami masalah pada jantung sebelumnya.
  3. Gagal Jantung
    Macam-macam penyakit jantung selanjutnya adalah gagal jantung. Hal ini berarti jantung tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu tidak bisa memompa darah. Nah, penyakit gagal jantung disebabkan oleh beberapa hal, seperti tekanan darah tinggi, tiroid, jantung koroner dan lainnya.
  4. Penyakit Kelemahan Otot Jantung
    Kelemahan otot jantung sering pula disebut kardiomiopati. Penyakit ini ditandai dengan semakin melemahnya jantung dalam memompa darah, bisa disebabkan oleh kondisi jantung yang terlalu tebal atau terlalu kaku.
  5. Penyakit Katup Jantung
    Tentunya kita semua tahu bahwa jantung memiliki 4 katup yang berfungsi mengalirkan darah baik ke paru-paru maupun seluruh tubuh. Nah, apabila salah satu katupnya mengalami masalah atau kecacatan, dinamakan penyakit katup jantung. Penyakit ini bisa disebabkan oleh tingginya tekanan darah seseorang atau infeksi virus.
  6. Penyakit Jantung Bawaan
    Jantung yang bermasalah bisa terjadi sejak berada dalam kandungan, jadi saat lahir, jantung tidak bekerja maksimal. Ciri penyakit jantung yang satu ini bisa diketahui saat masih anak-anak, bisa saja baru bisa diketahui saat usia dewasa.

Dari berbagai macam penyakit jantung di atas, ciri atau gejala yang terjadi bisa berbeda-beda. Nah, di bawah ini ciri-ciri penyakit jantung yang umumnya terjadi pada penderita, apapun macam penyakitnya. Yuk simak!

  1. Mengalami nyeri di bagian dada secara terus menerus. Nyeri di dada merupakan salah satu tanda tidak mengalirnya arteri, sehingga sirkulasi darah pun tidak lancar.
  2. Mengalami sesak nafas saat melakukan aktivitas ataupun setelah beraktivitas. Jika mengalaminya, berarti pembuluh darah semakin tebal, denyut jantung pun menjadi tak beraturan.
  3. Ciri-ciri sakit jantung selanjutnya adalah sakit kepala atau migrain. Sakit kepala menandai adanya sirkulasi darah yang menyimpang pada jantung.
  4. Mudah lelah dan pusing juga menjadi ciri-ciri jantung bermasalah. Apabila Anda mengalami kelelahan atau pening padahal belum melakukan aktivitas apapun, segeralah konsultasi pada dokter, karena hal tersebut salah satu ciri sakit jantung.
  5. Gejala awal penyakit jantung pun ditandai dengan rasa mual, baik saat makan ataupun setelah makan. Hal ini terjadi karena sakit jantung mengalami komplikasi dengan pembengkakan di perut.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai macam sakit jantung dan ciri penyakit jantung. Segeralah konsultasikan pada dokter bila Anda mengalami beberapa ciri di atas, baik nyeri di dada, sesak nafas, sakit kepala, mudah lelah, ataupun rasa mual.

Tinggalkan komentar