Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Buah Kelapa merupakan salah satu buah yang paling disukai banyak orang, karena memiliki rasa yang enak dan segar baik itu pada air kelapanya maupun daging kelapa. Buah Kelapa juga dikenal sebagai buah yang sangat kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh terutama pada air kelapa.

Buah yang sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di indonesia  serta harganya yang murah tentu membuat buah yang satu ini sangat populer sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi oleh orang orang terutama untuk dibuat menjadi minuman segar. Bukan hanya air kelapanya saja, bahkan daging kelapa yang sudah tua pun sering digunakan orang sebagai bumbu masakan sehari hari untuk membuat santan.

Manfaat Air Kelapa Muda memang tidak perlu diragukan lagi, bahkan banyak sekali produk minuman yang bahan dasar dan utamanya menggunakan air kelapa muda seperti Pocari Sweat misalnya dan masih banyak lagi, lalu sebenarnya apa saja sih Khasiat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh? Simak informasi selengkapnya berikut ini:

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh

  • Mengontrol Tekanan Darah, Gula Darah dan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Kandungan alami air kelapa muda sangatlah bermanfaat dalam berbagai hal untuk kesehatan tubuh, air kelapa mengandung sedikit lemak dan gula namun kaya akan vitamin, mineral, vitamin C, kalium, magnesium dan masih banyak lagi. Air Kelapa Muda juga terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah yang tinggi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan lainnya. air kelapa juga kaya akan HDL atau kandungan kolesterol baik sehingga bagus untuk dikonsumsi.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Ada banyak sekali dampak negatif dari tidak sehatnya sistem pencernaan tubuh, anda akan mengalami penyakit pencernaan seperti diare, cacingan bahkan gangguan ginjal. untuk mencegah penyakit ini terjadi, konsumsilah air kelapa muda yang mengandung asam amino, enzim dan mineral yang dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh. selain itu air kelapa juga mengandung natrium klorida yang rendah sehingga bagus untuk dehidrasi.

  • Sebagai Detoks Alami

Detoks dalam tubuh berfungsi sebagai pembersih racun atau detoksifikasi dimana sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. manfaar air kelapa muda salah satunya adalah bisa dijadikan detoks alami karena mengandung sifat elektrolit yang tinggi.

  • Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, anda bisa menggunakan air kelapa muda ini sebagai salah satu sumber konsumsi anda setiap hari. Karena Seperti yang sudah saya katakan diatas, air kelapa muda dapat melancarkan sistem pencernaan, sehingga tidak heran jika air kelapa sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Air kelapa juga sangat sedikit mengandung lemak dan kolesterol, jadi sangat cocok untuk anda yang ingin diet.

  • Mengatasi Dehidrasi

Tubuh kita setiap hari akan mengalami dehidrasi terutama saat kita melakukan aktivitas olahraga. Mengatasi dehidrasi merupakan manfaat utama air kelapa yang sangat dikenal dan terbukti, yakni mengatasi dehidrasi tubuh. Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh anda kekurangan cairan akibat kurangnya mengonsumsi air putih, penyakit diare ataupun karena mual dan muntah. hal ini dipengaruhi karena air kelapa mengandung elektrolit yang dapat menghidrasi tubuh saat kekurangan cairan dan dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh.

Bahkan air kelapa muda sudah pernah dites dengan studi pada tahun 2012 yag diterbitkan Journal Of International Society Sports Nutrition dimana air kelapa muda sama dengan minuman olahraga, jadi cocok untuk anda yang mengalami kekurangan cairan layaknya saat sedang berolahraga. air kelapa muda juga dapat melancarkan pencernaan, sehingga kondisi tubuh anda akan selalu sehat.

  • Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala juga dipercaya dapat diredakan dengan air kelapa muda akibat adanya kandungan magnesium di dalamnya, untuk mengonsumsinya usahakan jangan terlalu berlebihan.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh yang sehat selalu disebabkan karena kuatnya sistem kekebalan tubuh itu sendiri sehinga tidak mudah terkena penyakit, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, anda dapat memanfaatkan air kelapa muda yang memang dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena air kelapa muda memiliki sifat antibakteri yang cukup tinggi. Sebenarnya bukan hanya air kelapanya saja, daging buah kelapa juga memiliki manfaat yang sama dengan air kelapa itu sendiri.

Manfaat Air Kelapa Untuk Wajah

Tahukah anda bahwa air kelapa juga terbukti efektif untuk perawatan wajah alami? apa saja manfaat tersebut? simak ulasannya dibawah ini:

  • Mengencangkan Kulit

Air kelapa dapat menghidrasi tubuh sehingga akan membuat kuit tubuh tetap kencang dan terhindar dari penuaan dini seperti keriput. untuk menggunakannya, anda bisa membuatkan air kelapa menjadi masker alami untuk wajah dan gunakanlah seminggu 3 kali.

  • Menghilangkan Jerawat

Kulit wajah selalu identik dengan munculnya jerawat, untuk menanggulangi masalah ini, anda dapat memanfaatkan air kelapa, bukan hanya jerawat, air kelapa juga bisa untuk mengatasi berbagai kerusakan wajah lainnya seperti minyak berlebih, noda hitam dan lain lain.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Bagi anda para ibu hamil yang sedang mengalami gejala morning sickness, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi air kelapa muda karena dapat mengatasi masalah tersebut karena kandungan vitamin C dan elektrolitnya.

Efek Samping Air Kelapa Muda

Bukan hanya memiliki manfaat, air kelapa muda juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh, namun selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, efek samping air kelapa muda tidak akan ada, jadi tenang saja dan tidak perlu khawatir. namun anda tetap harus tahu apa saja efek samping air kelapa muda, seperti berikut ini:

  • Menyebabkan Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang sangat meresahkan dan paling sering dialami oleh banyak orang yang disebabkan karena pola makan yang kurang tepat. Dan inilah salah satu efek samping air kelapa muda dimana Meskipun manfaat air kelapa muda adalah dapat mengobati penyakit pencernaan tak terkecuali diare, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, jelas akan tidak baik dan justru malah membuat penyakit diare itu muncul, hal ini dikarenakan air kelapa muda memiliki rendah lemak.

  • Tidak Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Bagi anda yang mengalami penyakit ginjal disarankan agar tidak mengonsumsi air kelapa karena kalium dan elektrolit dalam air kelapa muda dapat menyebabkan hiperkalemi dan tidak bagus untuk fungsi ginjal.

Itulah beberapa Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya, dengan berragam manfaat seperti diatas, tentu saja anda sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi air kelapa muda dan daging buahnya, asalkan tidak terlalu berlebihan. Jika anda sulit mendapatkan air kelapa muda langsung dari buahnya, anda dapat menggantikannya dengan produk minuman segar yang terbuat dari air kelapa muda.

Tinggalkan komentar