Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli yang Harus Anda Tahu

Pengertian Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang membahas tentang kehidupan manusia serta kebutuhannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, aspek yang dikaji dalam ilmu ekonomi adalah sistem penyaluran, sistem produksi, sistem distribusi serta pemakaiannya atau cara mengonsumsinya baik berupa barang atau jasa.

Berkaitan dengan arti ekonomi, kata ekonomi sendiri berasal dari Bahasa Yunani “Oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga, dan dari kata “Nomos” yang berarti aturan, peraturan atau hukuman. Jadi mudahnya, arti ekonomi yaitu aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Pengertian Ekonomi

Lalu bagaimana pengertian ekonomi menurut Beberapa ahli yakni:

Pengertian Ekonomi Menurut Abraham Maslow
Abraham Maslow yang merupakan seorang psikologi humanis, pemikir, inspirator dan teorikus, menyatakan bahwa pengertian ekonomi ialah salah satu bidang keilmuan yang bisa menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan manusia melalui penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang telah tersedia, serta berdasarkan prinsip dan teori dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap lebih efektif dan efisien,

Pengertian Ekonomi Menurut Adam Smith
Menurut Adam Smith, pengertian ekonomi ialah suatu penyelidik tentang kondisi serta sebab hadirnya atau adanya kekayaan negara

Pengertian Ekonomi Menurut Jhon Stuart Mill
Jhon Stuart Mill adalah seorang filsuf empiri yang berjasa dalam reformasi utilitarianisme sosial di Inggris. Dan menurut Jhon Stuart, arti ekonomi ialah satu ilmu praktis yang mempelajari tentang pengeluaran dan penagihan.

Pengertian Ekonomi Menurut Paul Anthony Samuelson
Paul Anthony Samuelson menyatakan bahwa arti ekonomi ialah satu cara yang digunakan oleh seseorang atau sekelompok orang, dalam memanfaatkan sumber yang terbatas untuk mendapatkan berbagai komoditas serta produk, dan kemudian menyalurkannya agar bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Pengertian Ekonomi Menurut Hermawan Kartajaya
Menurut Hermawan Kartajaya, pengertian ekonomi ialah suatu wadah, dimana sektor industri sedang melekat di dalamnya.

Pengertian Ekonomi Menurut Amwal
Amwal menyatakan bahwa pengertian ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang paling efektif, agar dapat mengelola sumber daya yang telah tersedia, dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pada individu maupun masyarakat.

Pengertian Ekonomi Menurut Khursid Ahmad
Menurut Khursid Ahmad, arti ekonomi ialah suatu usaha yang memahami serta mensistematiskan segala permasalahan dalam ekonomi serta segala macam perilaku manusia dengan permasalahannya bersandarkan perspektif Islam.

Pengertian Ekonomi Menurut Aristoteles
Aristoteles mengartikan pengertian ekonomi ialah suatu cabang ilmu pengetahuan yang bisa digunakan dengan dua jalan, akni mungkin dapat digunakan dan mungkin untuk dikaitkan dengan barang. Sehingga ekonomi memiliki nilai penggunaan dan nilai pertukaran.

Pengertian Ekonomi Menurut Lipsey
Menurut Lipsye, ekonomi merupakan suatu studi yang mempelajari tentang pemanfaatan sumber daya langka yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang tak terbatas dan tak pernah berujung.

Pengertian Ekonomi Menurut M. Manullang
Menurut M. Manullang, ekonomi merupakan suatu studi yang membahas tentang aktivitas masyarakat, dalam rangka untuk mencapai berbagai kemakmuran, dan kemakmuran tersebut merupakan suatu keadaan dimana manusia bisa memenuhi berbagai kebutuhannya, baik dalam bentuk barang atau jasa.

Pengertian Ekonomi menurut Alfred Marshal
Alfred Marshal, mengartikan ekonomi ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang berbagai kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari

Pengertian Ekonomi menurut Case dan Fair
Menurut Case dan Fair, ekonomi ialah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan, yang akan digunakan dalam segala sumber daya yang lengkap dan apa yang telah disediakan oleh alam dan generasi sebelumnya.

Dengan beberapa pengertian dan arti ekonomi tersebut, maka dapat diartikan bahwa ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sumber daya material individu, masyarakat ataupun negara, yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, ekonomi juga menjadi salah satu ilmu yang terkait dengan tingkah laku serta aksi manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tinggalkan komentar