Resep Pisang Goreng Rumahan yang Enak dan Mudah

Infokekinian.com – Makanan olahan yang berbahan dasar pisang memiliki banyak minat saat ini, sehingga banyak diantara kita yang mencari resep pisang goreng rumahan yang enak dan mudah.

Pisang sebelumnya hanya digoreng dengan cara biasa. Namun, pengolahan pisang menjadi lebih bervariasi dari segi bentuk, rasa, dan resep.

Bisnis menjadi lebih inventif dalam mengubah pisang menjadi makanan baru dan menarik. Resep pisang goreng ini mudah dipelajari dan dijalankan.

Aneka Resep Pisang Goreng

Alhasil, sangat mudah untuk menjualnya dengan berbagai olahan rasa. Uraian berikut ini mencakup beberapa resep pisang goreng yang bisa kamu buat di rumah.

Aneka Resep Pisang Goreng

Sangat sederhana untuk membumbui pisang goreng dengan berbagai bahan. Namun, resepnya harus diikuti dengan tepat agar olahan yang dihasilkan enak.

Untuk menghindari kebosanan, sebaiknya pengolahan pisang goreng bervariasi atau bervariasi. Ada banyak resep pisang goreng unik dan menarik yang tersedia saat ini.

Mengetahui berbagai resep olahan pisang bahkan bisa digunakan untuk menambah penghasilan kamu.

Banyak pengusaha memilih menjalankan bisnis pisang goreng karena dianggap mudah dalam pengoperasiannya dan tidak membutuhkan investasi yang besar.

Berikut beberapa link resep pisang goreng yang bisa kamu coba di rumah:

1. Resep Pisang Goreng Krispi

Tentunya ada beberapa bahan yang harus disiapkan untuk membuat pisang goreng yang krispi. Jadi, saat proses pembuatannya akan sederhana dan lugas.

Selanjutnya, hasilnya akan memuaskan sesuai dengan harapan kamu. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan saat membuatnya tercantum di bawah ini:

Bahan Dasar Pisang Goreng Krispi

Saat membuat pisang goreng crispy, ada beberapa bahan dasar atau bahan dasar yang harus disiapkan. Beberapa bahan dasar pisang goreng crispy di bawah ini bisa dijadikan panduan:

  1. Pisang kepok atau pisang uli, tidak terlalu matang jumlah 1 sisir
  2. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng pisang

Bahan Celup Pisang Goreng Krispi

Selain bahan dasar, bahan celupan harus disiapkan dalam proses pembuatan pisang goreng yang renyah. Kamu bisa menggunakan resep sambal pisang goreng crispy berikut ini sebagai panduan:

  1. 150 g tepung terigu berkualitas tinggi
  2. 2 sendok makan gula untuk memberikan rasa manis pada pisang goreng
  3. 1 sendok makan tepung beras, untuk dicampurkan ke dalam adonan celupan pisang goreng
  4. air secukupnya
  5. 1 sendok teh garam

Bahan Kremes Pisang Goreng Krispi

Kamu juga perlu menyiapkan bahan-bahan krim di samping ini. Berikut ini adalah bahan-bahan krim yang paling penting dan diperlukan untuk membuat pisang goreng renyah:

  1. 150 gram tepung beras
  2. 2 butir telur kuning telur
  3. empat sendok makan gula
  4. 2 sendok teh tepung sagu
  5. Untuk rasa, bumbui dengan garam dan air.

Cara Membuat Resep Pisang Goreng Krispi

Setelah semua bahan sudah disiapkan, sekarang saatnya membuat pisang goreng crispy sesuai resep. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat pisang goreng crispy:

  1. Pisang kepok dibagi menjadi empat bagian untuk langkah pertama. Cobalah untuk tidak berpisah. Kemudian, lebarkan setiap irisan pisang sehingga membentuk kipas.
  2. Jika kamu kesulitan membentuknya, sesuaikan dengan selera. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa bentuk tidak mempengaruhi rasa.
  3. Sisihkan pisang yang sudah dibentuk tadi. Jika sudah, mulailah membuat adonan celup. Dalam mangkuk pencampur, campur semua bahan pewarna. Tuang air dan aduk hingga menjadi adonan yang lembek dan tidak encer.
  4. Sisihkan campuran pencelup. Membuat adonan krim adalah langkah selanjutnya dalam membuat pisang goreng renyah. Dalam mangkuk pencampur, gabungkan semua bahan krim. Untuk memudahkan proses penuangan, adonan yang dibuat dari bahan creamy yang dihasilkan harus lebih encer.
  5. Minyak goreng sekarang harus dipanaskan dengan api sedang. Pastikan minyak goreng sudah sangat panas sebelum menggoreng pisang.
  6. Ambil 1 sendok besar adonan krim. Lalu tuang ke minyak goreng. Sebarkan adonan jika perlu. Akibatnya, adonan akan pecah saat digoreng. Setelah creaminess mengapung, kamu siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  7. Ambil salah satu pisang yang kamu sisihkan sebelumnya. Masukkan ke dalam adonan celup, lalu goreng pisang di atas floating cream. Gulung pisang untuk mendistribusikan krim secara merata. Tahap ini diulangi sampai semua pisang habis dimakan.
  8. Goreng pisang hingga berubah warna, menandakan sudah matang. Jika sudah berubah warna, segera angkat dan tiriskan.
  9. Pisang Goreng Renyah siap dihidangkan. Topping seperti keju parut, susu kental manis, atau meses bisa ditambahkan agar semakin nikmat.

2. Resep Pisang Goreng Nugget

Resep Pisang Goreng Nugget

Pisang sebelumnya hanya digoreng dengan cara biasa. Namun, pengolahan pisang menjadi lebih bervariasi dari segi bentuk, rasa, dan resep.

Akan mudah untuk mempraktikkan instruksi jika kamu memahami semuanya dengan benar. Bahan-bahan dan langkah-langkah membuat nugget pisang goreng selengkapnya di bawah ini:

Bahan-Bahan Pembuatan Pisang Goreng Nugget

Membuat nugget pisang goreng perlu adanya persiapan bahan dasar. Berikut ini adalah bahan dasar untuk membuat nugget pisang goreng:

  1. 500 gram pisang kapuk
  2. 3 sendok makan susu bubuk
  3. kamu dapat menyesuaikan rasa susu dengan preferensi kamu.
  4. 100 gr gula pasir
  5. 1 butir telur ayam
  6. 100 gram tepung terigu berkualitas tinggi
  7. 1/2 sendok teh garam

Bahan Untuk Balutan Resep Pisang Goreng Nugget

Untuk membuat nugget pisang goreng, kamu harus menyiapkan bahan dressing selain bahan dasar.

Bahan-bahan dressing dalam resep nugget pisang goreng yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Tepung terigu kualitas bagus sebanyak 100 gr
  2. Menggunakan 3 sendok makan gula pasir
  3. 200 gr tepung roti/breadcrumbs
  4. Air rebusan secukupnya.

Cara Membuat Pisang Goreng Nugget

Setelah semua bahan dasar dan bahan dressing sudah disiapkan, saatnya memulai proses pembuatan nugget pisang goreng.

Berikut ini adalah uraian tentang cara membuat nugget pisang goreng yang harus dipahami dan dipahami, antara lain:

  1. Pisang harus dicincang kasar pada langkah pertama. Jangan memotong terlalu halus, karena ini akan menjaga tekstur pisang.
  2. Kemudian tambahkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, garam, dan telur ke dalam adonan pisang yang sudah dicincang sebelumnya. Dengan menggunakan sendok, aduk adonan hingga rata.
  3. Siapkan plastik untuk alas wajan agar lebih mudah mengeluarkan adonan setelah matang. Adonan yang sudah jadi kemudian dimasukkan ke dalam loyang. Kukus selama 15 hingga 20 menit.
  4. Jika adonan sudah kalis, angkat. Kemudian, sebelum dipotong, biarkan dingin.
  5. Potong banana nugget menjadi irisan setebal 1 cm, atau sesuai selera.
  6. Langkah selanjutnya adalah menggabungkan adonan dressing yang sudah ada kecuali tepung roti. Buat adonan yang pas, jangan terlalu encer atau terlalu kental.
  7. Jika sudah, masukkan nugget pisang ke dalam tepung roti sebelum menambahkannya ke campuran tepung yang sudah jadi.
  8. Langkah terakhir panaskan minyak goreng dengan api sedang. Kemudian goreng nugget hingga kuning keemasan. Setelah masak, pisang goreng bisa disajikan dan dimakan. Topping bisa ditambahkan sesuai selera.

3. Resep Pisang Goreng Madu

Resep Pisang Goreng Madu

Pisang goreng lain yang terkenal dan populer adalah pisang goreng madu. Selain enak, penambahan madu ini akan menghasilkan rasa manis alami yang juga jauh lebih sehat.

Bahan-bahan yang harus disiapkan sangat mudah didapat dan harganya terjangkau dan bahan-bahan yang harus disiapkan sebelum membuat olahan pisang goreng madu dijelaskan di bawah ini dan bisa dijadikan referensi:

Bahan-Bahan Pembuatan Pisang Goreng Madu

Untuk membuat pisang goreng madu yang enak, kamu hanya membutuhkan beberapa bahan saja. Beberapa bahan yang harus disiapkan sebelum membuat pisang goreng madu adalah sebagai berikut:

  1. 1 ikat pisang raja matang
  2. 250 gram tepung terigu
  3. dua sendok makan gula
  4. 4 sendok teh madu
  5. Sekitar 1 sdt vanili bubuk
  6. 350 mililiter air
  7. Gula merah, dihaluskan atau diparut, kira-kira setengah sendok teh

Cara Mudah Membuat Pisang Goreng Madu

Setelah menyiapkan semua bahan untuk pisang goreng madu, langkah selanjutnya adalah berlatih membuatnya. kamu harus memahami langkah-langkah berikut saat membuat pisang goreng madu:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memotong pisang. Irisan pisang berbentuk kipas akan terasa lebih enak. Jika kamu merasa kesulitan, sesuaikan dengan keinginan kamu.
  2. Kemudian campurkan tepung terigu, gula merah, ekstrak vanila, dan gula pasir. Beberapa bahan ini harus dicampur bersama sampai halus.
  3. Jika sudah, tambahkan air dan aduk hingga rata. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer. Adonan harus terbentuk dengan sempurna.
  4. Campuran tersebut kemudian diaduk kembali setelah ditambahkan 4 sendok makan madu.
  5. Pisang yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam campuran tepung yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Kemudian, dengan api sedang, panaskan minyak goreng. Keluarkan pisang setelah warnanya berubah menjadi coklat.
  7. Pisang goreng madu yang lezat kini siap disajikan dan disantap.

4. Resep Pisang Goreng Coklat Keju

Resep ‘pisang goreng’ terpopuler adalah pisang goreng keju coklat. Keju coklat memang populer, sehingga memiliki daya pikat tersendiri saat dijadikan bahan utama.

Sebelum membuat pisang goreng keju coklat, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa hal. Berikut cara membuatnya:

Resep Pisang Goreng Coklat Keju

Bahan-Bahan Pembuatan Pisang Goreng Coklat Keju

Dari segi bahan untuk membuat pisang goreng keju coklat sangat mudah didapat. Hal ini sangat terjangkau untuk harga. Untuk membuat pisang goreng keju coklat, siapkan bahan-bahan berikut:

  1. 5 buah pisang
  2. 1 sendok makan gula pasir, atau sesuai selera
  3. Bumbui dengan garam sesuai selera
  4. 5 sendok teh tepung
  5. 1 sendok makan margarin
  6. Jumlah air yang cukup.

Topping Pembuatan Pisang Goreng Coklat Keju

Jika bahan utama sudah disiapkan, selanjutnya bahan topping harus disiapkan. Topping ini digunakan untuk membuat masakan pisang lebih menarik bagi penonton. Preferensi individu mempengaruhi topping yang digunakan.

Ada beberapa topping yang perlu diketahui dan dijadikan referensi saat membuat pisang goreng keju coklat, di antaranya:

  1. Susu kental manis
  2. Coklat batangan, parut
  3. Keju parut
  4. Cokelat kalengan
  5. Gula palm.

Cara Membuat Pisang Goreng Coklat Keju Enak

Setelah kamu selesai menyiapkan kedua bahan tersebut, membuat pisang goreng adalah praktik yang mudah.

Langkah-langkah di bawah ini akan menjelaskan cara membuat pisang goreng keju coklat yang dijamin enak dan konsisten:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa alat yang akan digunakan sebagai wadah. Kemudian tambahkan beberapa bahan seperti tepung, garam, gula, margarin, dan air. Jika sudah, kocok hingga rata.
  2. Pisang yang sudah di siapkan di kupas lalu dipotong-potong sesuai selera Kemudian masukkan pisang ke dalam adonan yang sudah tercampur sebelumnya.
  3. Langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak goreng dalam wajan di atas kompor. Pisang digoreng hingga berwarna kecokelatan, menandakan bahwa pisang sudah matang.
  4. Topping ditambahkan ke pisang goreng matang sebagai langkah terakhir dalam membuat pisang goreng. kamu dapat menyesuaikan topping sesuai dengan keinginan kamu. Toppingnya bisa coklat, keju, atau jenis lainnya. Pisang goreng keju coklat siap dihidangkan selagi masih hangat.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai resep pisang goreng rumahan yang enak dan mudah serta bahan-bahan yang harus kamu persiapkan sebelum membuat pisang goreng atau olahan pisang lainnya.

Demikianlah artikel mengenai Resep Pisang Goreng Rumahan yang Enak dan Mudah dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */