17 Tempat Wisata Gratis Di Korea Selatan, Liburan Hemat

Infokekinian.com – Setelah kita mengetahui tips liburan murah ke negara ginseng, rasanya tak lengkap jika tidak membahas tempat wisata gratis di Korea Selatan yang tentunya akan cocok dengan tema liburan hemat kita kali ini.

Tempat wisata di Korea Selatan banyak diminati oleh anak muda di Indonesia mengingat maraknya film-film romantis Korea yang adegannya di tempat-tempat romantis dan seru untuk dikunjungi.

Industri televisi Korea memiliki tempat khusus di hati masyarakat Indonesia mengingat beberapa drama Korea telah sukses besar di Indonesia.

Serial drama Korea yang sukses di Indonesia adalah Full House, Princess Hours, Boys Over Flowers dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tempat Wisata di Kota Seoul
Serial drama ini menyuguhkan kepada penontonnya berbagai atraksi wisata yang seru. Dari serial drama tersebut, banyak penonton yang ingin benar-benar mengunjungi tempat tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Korea Selatan memiliki beragam tempat wisata yang seru dan romantis, tak jarang Korea Selatan menjadi tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

Tak hanya itu bagi pasangan yang baru menikah, Korea Selatan menjadi tujuan wisata untuk berbulan madu karena memiliki banyak tempat romantis. Berikut ini adalah tempat wisata gratis di berbagai kota di Korea Selatan

Tempat Wisata di Kota Seoul

Seoul adalah ibu kota Korea Selatan sehingga tidak mengherankan jika akan ada banyak kepadatan penduduk di Korea Selatan.

Sama halnya dengan ibu kota Jakarta yang ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan dan musim liburan tiba. Mengunjungi tempat wisata gratis tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain untuk menghemat pengeluaran, informasi berikut ini bisa menambah referensi kamu saat datang ke Korea Selatan. Contoh wisata gratis yang bisa kamu kunjungi antara lain sebagai berikut:

1. Namsan Park & Seoul Tower

Namsan Tower Seoul memiliki menara yang dijadikan sebagai tempat wisata, selain Tokyo Tower yang dijadikan tempat wisata di Jepang, Namsan Seoul Tower juga menarik untuk dikunjungi. Belum bisa dikatakan datang dan berwisata ke Seoul jika belum datang ke sini.

Menara ini dibangun dengan ketinggian sekitar 237 meter, lokasinya yang berada di Gunung Namsan membuat menara ini disebut menara Namsan.

Menara ini dijadikan sebagai ikon kota Seoul dan banyak wisatawan yang datang kesini untuk melihat kemegahan Namsan Seoul Tower.

Untuk menuju tempat ini pengunjung bisa naik Cable Car dari Gunung Namsan, setelah sampai di Gunung Namsan kamu bisa berjalan kaki menuju menara.

Jarak yang akan kamu tempuh relatif pendek. Sesampainya di Namsan Tower kamu akan disuguhi oleh toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Seoul.

kamu tidak hanya dapat menemukan suvenir di menara, tetapi kamu juga akan menemukan restoran yang menyajikan berbagai makanan khas dari Seoul atau Korea Selatan.

Saat kamu berada di puncak menara kamu akan menemukan keindahan dan pemandangan kota Seoul yang terlihat dari ketinggian.

Yang menarik dari menara ini dan tidak akan ditemukan di bangunan lain adalah kamu akan menemukan gembok cinta di puncak menara Namsan ini.

Gembok cinta disebut Gembok Cinta. kamu dapat meletakkan spiral di sekitar pagar menara untuk pasangan yang bepergian ke sana dan melemparkan kunci dari gembok.

Arti dari membuang gembok adalah berharap gembok tidak bisa dibuka lagi dan cinta yang dirajut akan langgeng.

Drama Korea yang pernah syuting di Love Lock adalah Boys Over Flowers dan Princess Hours. Tempat ini juga menjadi tempat yang romantis untuk dikunjungi bagi pasangan yang sedang merajut cinta.

Lokasi : 105 Namsangongwon-gil, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan

2. Bukchon Village

Bukchon Village
Bukchon-Village Tempat wisata menarik lainnya di Seoul adalah Bukchon Village. Pengunjung yang ingin merekam jejak masa lalu Korea bisa datang ke tempat ini.

Itu karena pengunjung bisa melihat kondisi Seoul di masa lalu. Yang bisa pengunjung dapatkan disini adalah pengunjung bisa melihat rumah-rumah tradisional Korea yang berjejer rapi.

Desa ini telah dilestarikan dan dijaga kebersihannya. Gedung ini tidak pernah lekang oleh waktu meski gedung-gedung bertingkat dan pencakar langit mengelilingi gedung ini.

Untuk memasuki tempat ini, pengunjung dapat menggunakan subway dengan jalur 3. Subway akan berhenti di Stasiun Anguk kemudian turun di pintu 2.

Sesampainya di Stasiun Anguk, pengunjung dapat melanjutkan dengan berjalan kaki ke arah utara yang berjarak 300 meter.

Sore hari pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang desa ini, menyusuri jalan di desa ini akan sangat menyenangkan apalagi jika ditemani oleh keluarga, teman atau pasangan.

Lokasi : Antara Istana Changdeok dan Istana Gyeokbok

3. Pantai Haeundae

Pantai haeundae Pantai ini merupakan pantai yang terkenal di Busan dan pantai ini merupakan pantai yang paling banyak menarik wisatawan dari segala penjuru.

Di musim panas, pantai ini akan dikunjungi oleh banyak wisatawan dari seluruh penjuru. Wisatawan yang datang ke pantai ini dapat melihat berbagai macam festival yang sering diadakan atau diadakan di pantai ini.

Festival yang pernah diadakan di pantai adalah Festival Pasir Haeundae, perayaan Jeongwol Daeboreum, Festival Laut Busan dan masih banyak lainnya.

Pengunjung dapat melihat dan menyaksikan replika berbagai monumen terkenal dunia selama Festival Pasir Haeundae. Gambar-gambar tentu saja terbuat dari pasir putih di pantai ini.

Ornamen atau replika adalah kompetisi yang diikuti banyak peserta, dan hadiahnya menggiurkan. Pengunjung yang datang bisa mencoba merasakan panasnya pasir di tubuhnya akibat dikubur menggunakan pasir panas.

Aktivitas atau aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah berjemur, berenang, jet ski, naik perahu, menyelam, naik banana boat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi: Haeundaehaebyeon-ro, Haeundae-gu, Busan, Korea Selatan

4. Bukhansan National Park

Taman Nasional Bukhansan, Korea Selatan, tepatnya di Seoul, memiliki Taman Nasional yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Seoul.

Dinamakan Taman Nasional Bukhansan karena taman nasional ini terletak di Gunung Han Utara. Gunung Han Utara disebut Bukhansan. Lokasi gunung ini berada di utara Sungai Han Korea.

Pengunjung yang datang ke sana bisa melihat keindahan ngarai yang terdiri dari puluhan ngarai. Pengunjung juga bisa melihat aliran sungai yang jernih.

Taman ini cocok bagi kamu yang suka melakukan hiking karena yang suka hiking bisa mendaki ke puncak gunung dan melihat keindahan dari atas bukit.

Luas taman ini adalah 78,9 km dan terletak di pusat kota Seoul. Pengunjung dapat melihat setidaknya 1.300 spesies flora dan fauna di taman ini.

Pengunjung bisa menemukan satu peninggalan sejarah di sana, yaitu Benteng Bukhansanseong. Benteng ini telah ada selama 2000 tahun. Tempat ini juga cocok sebagai tempat wisata yang cocok untuk para backpacker.

Lokasi: Sekitar 10 km sebelah utara Han . Sungai

5. Hongdae

Hongdae
Selain wisata alam, Korea Selatan juga memberikan wisata gratis berupa tempat-tempat yang didominasi acara hiburan dan musik.

Selain itu, kamu dapat menghabiskan waktu berbelanja karena Hongdae dekat dengan area perbelanjaan. Silakan kunjungi Donggyo-dong, Mapo-gu, untuk suasana yang lebih hidup dan modern.

6. Insadong

Masih di kawasan Seoul, kamu bisa menikmati wisata gratis di Korea Selatan, tepatnya di kawasan Insadong. Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri, apalagi ramai dengan kawasan perbelanjaan dan budaya tradisional.

Jika kamu tertarik untuk mencari pakaian tradisional Korea Selatan (hanbok), kamu bisa mendapatkannya di sini. Insadong juga erat kaitannya dengan sejarah Korea, khususnya era Joseon.

7. Pasar Dongdaemun

Dongdaemun Market merupakan wisata gratis di Korea Selatan yang tak kalah seru. Tempat yang satu ini cocok untuk kamu yang suka menikmati berbagai kuliner dan hobi belanja.

Pasalnya, Pasar Dongdaemun merupakan pusat perbelanjaan yang dekat dengan 26 mal dan ribuan toko. Silakan kunjungi Pasar Dongdaemun di 18-12 Ulji-ro, 6A, Jung-gu.

8. Taman Pusat Songdo

Incheon merupakan salah satu kota populer di Korea Selatan yang menyediakan wisata gratis untuk masyarakat umum.

Saat mengunjungi Incheon, menikmati pemandangan indah Songdo Central Park di sebelah sungai dan gedung-gedung tinggi layak untuk dinikmati.

Tempat ini populer dan pernah menjadi lokasi syuting video musik PSY untuk lagunya ‘Gangnam Style’.

9. Museum Nasional Korea

Museum Nasional Korea terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya bila wisatawan berkunjung. Namun, ada beberapa pameran khusus yang berbayar, misalnya Galeri Pameran Khusus.

Museum Nasional Korea buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 18:00. Khusus Rabu dan Sabtu buka hingga pukul 21.00.

Itulah informasi tentang wisata gratis di Korea Selatan. Semoga artikel ini menambah referensi tempat wisata bagi kamu yang ingin berkunjung kesana.

Untuk mewujudkannya, kamu bisa menabung atau mengambil kesempatan beasiswa di Korea Selatan.

Kamu bisa mendapatkan informasi tentang beasiswa terbaru di sini dan mendapatkan informasi lebih lanjut di Instagram Beasiswa Korea. Semoga beruntung!

10. Monumen Peringatan Perang Korea

Monumen Peringatan Perang Korea
Bagi kamu yang berkunjung ke tempat ini kamu akan disuguhkan dengan wisata sejarah di Seoul.

Tugu peringatan itu didirikan di atas lahan seluas 20.000 meter persegi. Tempat ini sebelumnya adalah markas tentara Korea.

Tidak hanya monumen saja yang bisa kamu dapatkan di sana tetapi kamu akan menemukan museum yang masih berada di lokasi yang tepat sebagai monumen dan dapat dikatakan bahwa monumen dan museum merupakan bagian yang tidak terpisahkan.

Dalam rangka menambah pengetahuan pengunjung tentang museum, pengelola tempat wisata telah menyediakan layar sentuh agar pengunjung dapat mengetahui seluk beluk museum.

Tujuan dari monumen ini adalah untuk mengingat sejarah kelam perang yang terjadi di Korea. Konflik dan perang terjadi sekitar 60 tahun yang lalu.

Di museum pengunjung dapat melihat berbagai macam peralatan militer yang digunakan dalam perang Korea saat itu. Pengunjung dapat melihat setidaknya 13 ribu peralatan militer di museum.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa monumen yang menceritakan tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Misalnya peringatan pertempuran 1 Maret dan yang paling terkenal adalah Monumen Nasional di ibu kota Jakarta.

Masuk ke monumen ini gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun. kamu wajib datang ke tempat ini bagi kamu yang memiliki jiwa militer atau rasa ingin tahu yang tinggi tentang sejarah.

Lokasi: Yongsan Dong

11. Kuil Bongeunsa

kuil bongeunsa Tempat wisata di Korea Selatan selanjutnya adalah Kuil Bongeunsa yang terletak di distrik Gangnam, kawasan Seoul.

Masyarakat merupakan daerah yang sangat elit dan memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang maju dan pesat.

Di distrik Gangnam sebuah kuil tua dibangun. Kuil ini dibangun pada tahun ke-10 pemerintahan Raja Shilla Wongseong.

Pengunjung tidak akan dipungut biaya untuk masuk ke pura ini, sehingga cocok sebagai destinasi wisata yang murah.

Yang harus diperhatikan bagi pengunjung yang datang ke sini adalah untuk dapat menikmati setiap titik di pura ini, pengunjung harus melewati rute yang telah ditentukan.

Pura ini beragama Buddha, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat wisata religi.

Lokasi : 531 Bongeunsa-ro, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan

12. Olympic Park

Olympic Park
Olympic-Park Tempat wisata unik lainnya di Seoul adalah Olympic Park. Bagi kamu yang penat dengan aktivitas atau rutinitas sehari-hari, kamu bisa mengunjungi tempat ini.

Tempat wisata ini merupakan kompleks olahraga dan berada di distrik Songpa. Sebelum menjadi kompleks olahraga pada masa lalu tempat ini digunakan sebagai tempat beternak ulat sutera. Peternakan ulat sutera ada di Dinasti Joseon.

Sementara di sini kamu akan menemukan sebuah bangunan bernama gate of peace yang artinya gerbang perdamaian.

Areal taman sangat luas sehingga untuk mengelilingi kompleks ini akan memakan waktu setidaknya 3 jam.

Jika tidak ingin lelah berjalan, santai saja karena pengunjung yang datang dan ingin berkeliling kompleks bisa menggunakan kereta api Hodori di lokasi ini.

Untuk menemukan kereta api Hodori pengunjung dapat berjalan kaki di sebelah gerbang perdamaian.

Bagi yang tidak ingin naik kereta api bisa naik sepeda untuk berkeliling taman, biaya sewa satu kali sepeda adalah 25 ribu won.

Lokasi : 424 Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul, Korea Selatan

Tempat Wisata di Busan

Tempat Wisata di Busan
Korea Selatan memiliki beberapa kota yang masing-masing memiliki tempat wisata yang menarik. Tidak hanya Seoul yang menarik untuk dikunjungi, kota Busan juga mempesona.

Kota Busan memiliki tempat wisata yang menarik dan beragam. Berikut ini adalah tempat wisata di Busan, Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi:

Yongdusan Park

Taman Yongdusan Tempat wisata di Busan yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Yongdusan. Taman ini merupakan taman yang luas.

Luas wilayahnya adalah 69.000 meter persegi. Arti taman yongdusan diambil dari kata yongdu dan san. Yongdu sendiri berarti kepala naga dan san berarti gunung.

Jika kamu melihat taman ini, terlihat seperti kepala naga. Di taman ini terdapat pepohonan dengan lebih dari 70 spesies, salah satu objek yang menarik di taman ini adalah patung Yi Sun-sin. Yi Sun-sin adalah seorang pahlawan laut Korea pada abad ke-16.

Kehadiran menara taman yang tingginya mencapai 120 meter menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang datang ke sini. Pengunjung bisa melihat keindahan Kota Busan dari sebuah ukuran.

Taman ini bahkan lebih indah di malam hari dan buka 24 jam setahun. Jadi setahun sekali taman ini akan tersedia sepanjang hari.

Keuntungan berwisata ke sini adalah wisatawan tidak perlu bingung mau menginap dimana karena di sekitar lokasi wisata sudah tersedia akomodasi berupa hotel dan penginapan.

Lokasi : 37-55 Yongdusan-gil, Jung-gu, Busan, Korea Selatan

Haedong Yonggungsa

Haedong Yonggungsa

haedong yongggungsa Tempat wisata ini merupakan kuli buddha yang bisa kamu jadikan tempat wisata selama berada di Busan, Korea Selatan.

Candi ini bisa disebut candi kuno karena bangunan yang ada merupakan bangunan tua dengan arsitektur kuno.

Kuil ini sudah ketinggalan zaman karena dibangun pada tahun 1376, yang menjadikannya Naong pada masa Dinasti Goryeo.

Kompleks candi ini merupakan salah satu candi terbesar di Korea Selatan dan terletak di tepi pantai. Kuil ini bersebelahan dengan Pantai Haeundae dan terletak di sisi timur pusat kota Busan.

Candi ini akan terlihat indah saat perayaan umat Buddha karena dihiasi dengan lampion warna-warni yang memukau.

Lokasi : 86 Yonggung-gil, Gijang-eup, Gijang-gun, Busan, Korea Selatan

Gwangalli Beach

Gwangalli Beach
Pantai Gwangalli, Busan juga terkenal dengan wisata air atau wisata pantainya. Bagi yang suka bermain air bisa mengunjungi tempat wisata ini.

Tempat wisata ini merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan menjadi tempat wisata favorit saat wisatawan berada di Busan.

Banyak wisatawan yang menyukai pantai ini karena di pantai ini wisatawan dapat melihat pasir pantai yang begitu bersih dan putih.

Tak hanya itu, keindahan pantai akan semakin bertambah karena hadirnya Jembatan Gwangan.

Di musim panas tidak mengherankan jika banyak pengunjung datang ke sini untuk berjemur. Pengunjung akan berjemur di bawah payung khas Pantai Gwangalli.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, kamu harus berjalan kaki dari Seksi Gwangan selama kurang lebih 20 menit dengan berjalan kaki. Tapi alangkah baiknya jika kamu tidak berjalan sendiri karena jalanan begitu sepi.

Jarak yang ditempuh 1 km, namun jika ditempuh dengan berjalan kaki jaraknya terasa sangat jauh, sehingga harus mempersiapkan fisik.

Meski melelahkan, rasa lelahmu akan segera terobati dengan keindahan Pantai Gwangalli. Lampu malam di Jembatan Gwangalli semakin mempercantik suasana dan pemandangan di pantai Gwangalli.

Lokasi : Gwangan 2(i)-dong, Busan, Korea Selatan

Taejongdae Park

Taman Taejongdae Tempat wisata menarik lainnya di Busan adalah Taman Taejongdae. Pengunjung yang datang ke taman ini akan menemukan ketenangan, keindahan dan ketenangan.

Banyak pemandangan indah tersaji di sini. Nama Taejongdae sendiri diambil dari raja ke-29 dinasti Silla, seorang raja bernama Taejong Mu-Yeol pada abad ke-7.

Tempat wisata ini merupakan taman alam di Busan. Ada tebing megah yang menghadap ke laut lepas dan di ujung selatan ada Pulau Yeongdo-gu.

Daya tarik di sini adalah keberadaan pohon pinus yang lebat dan berbagai fasilitas wisata yang dapat dinikmati pengunjung, yaitu taman hiburan, mercusuar, terminal kapal pesiar, dan observatorium.

Tebing di tempat wisata ini penuh dengan legenda, legenda yang beredar adalah tempat wisata ini pernah menjadi persinggahan para dewa di bumi untuk beristirahat.

Tebing batu di tempat wisata ini adalah Mangbuseok yang meninggal kemudian ia berpaling ke batu tersebut karena terlalu lama menunggu suaminya.

Untuk menikmati keindahan taman seluas 440 hektar ini, kamu harus berjalan menuruni tebing tinggi yang dipenuhi spesies tumbuhan.

Spot terbaik adalah di atas tebing karena pengunjung bisa melihat lautan luas yang sangat eksotis.

Lokasi : 24 Jeonmang-ro, Yeongdo-gu, Busan, Korea Selatan

Busan Cinema Centre

busan cinema center Tempat wisata terbaru di Busan adalah Busan Cinema Centre. Dianggap unik karena tempat wisata ini dibuka pada tahun 2011.

Dilihat dari namanya, kita sudah bisa menebak jenis wisata apa saja yang ditawarkan di sana. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menyuguhkan bioskop atau pertunjukan.

Selama disana kamu akan menemukan 3 bangunan yaitu Cine Mountain, Biff Hill dan Cone Double. Bangunan utama di tempat wisata ini adalah Gunung Cine.

Di Gunung Cine terdapat 3 bioskop yang digunakan untuk pemutaran film dan ada satu ruangan yang digunakan untuk pertunjukan teater.

Teater di sana mengusung tema internasional. Lampu LED yang ada di sana menambah tontonan spektakuler. Berbagai macam film kelas dunia diputar setiap malam di tempat ini. Pusat Bioskop Busan dapat menampung sekitar 6.800 orang

Lokasi: Haeundae-gu, Busan-si

Kesimpulan

Itulah sedikit rekomendasi mengenai tempat wisata gratis di Korea Selatan, yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berlibur di Negara K-Pop tersebut.

Dengan adanya wisata gratis ini tentu akan membantu kamu dalam menghemat biaya, apalagi jika tema liburan kamu adalah “liburan hemat”.

Selain itu kamu juga akan mendapatkan pengalaman dan kenangan yang yang tak dapat dilupakan, karena kamu tidak akan menemukan tempat tersebut di manapapun selain di Korea Selatan.

Demikianlah artikel mengenai tempat wisata gratis di Korea Selatan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */