Review Seongsan Sunrise Peak, Puncak Matahari Terbit Di Jeju

Infokekinian.com – Kamu yang ingin berlibur ke Pulau Jeju, Korea Selatan. Yuk simak review Seongsan Sunrise Peak untuk menikmati matahari terbit yang indah.

Salah satu tujuan wisata paling populer bagi para pelancong atau wisatawan dari seluruh dunia adalah Korea Selatan.

Budaya Korea yang beragam dan kemajuan teknologi juga telah membantu mendorong untuk menjadi lebih dikenal dalam skala global.

Sekilas Seongsan Sunrise Peal
Selain itu, empat musim yang berbeda di Korea menambah keindahan alam sekitarnya. Bagi kamu yang senang memotret matahari terbit, Korea memiliki lokasi yang strategis bernama Seongsan Sunrise Peak atau Puncak Seongsan Ilchulbong.

Ilchulbong, merupakan puncak gunung tempat matahari terbit yang menakjubkan yang dapat diamati, terletak di Seongsan, yang merupakan sebuah gunung yang menyerupai kastil.

Bahkan, UNESCO telah mendaftarkan tempat ini sebagai Situs Warisan Dunia (UNESCO World Heritage).

Sekilas Seongsan Sunrise Peak

Wisata ekologis yang terletak di Korea ini mempunyai ciri khas dengan puncaknya yang naik dari dasar bawah laut saat letusan gunung berapi lebih dari 100.000 tahun.

Kawah besar di dekat puncak Seongsan Ilchulbong Peak yang terletak di ujung timur Pulau Jeju ini memiliki diameter sekitar 600 meter dan tinggi 90 meter.

Dengan musim semi, puncak Seongsan Ilchulbong memiliki pemandangan yang menakjubkan, ditutupi dengan bunga kanola kuning yang mempesona.

Batuan bergerigi yang mengelilingi kawah ini memberikan tampilan seperti mahkota besar.

Sisi barat laut dibatasi oleh perbukitan berumput menghijau yang menghubungkan Desa Seongsan, sedangkan dengan sisi tenggara dan utara yang berupa tebing.

Kemudian pada punggung bukitnya terdapat tempat yang cocok untuk kegiatan berkuda ataupun berjalan-jalan santai, dan yang terpenting kawah ini akan sangat cantik disaat matahari terbit.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Seongsan Sunrise Peak

Salah satu tempat wisata alam ini menawarkan beragam kegiatan seru yang bisa kamu coba, antaranya adalah:

1. Menikmati Matahari Terbit

Puncak Ilchulbong Seongsan memang sudah tidak diragukan lagi, karena menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di seluruh Korea, dan juga merupakan salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Pulau Jeju.

Sehingga sudah tak heran lagi, jika ada begitu banyak orang yang berwisata ke Pulau Jeju dan mendaki puncaknya.

Selain itu juga ada banyak hotel dan restoran yang melayani sekitar 3 juta turis setiap tahunnya jika kamu ingin bermalam di kota Seongsan-ri di kaki puncak.

2. Mendaki

Saat di Seongsan sunrise peak ini, kamu bisa bergabung dengan para rombongan lain untuk menuju ke puncak matahari terbit ini.

Zona vulkanik kecil dengan kerucut vulkanik disebut “oreum” dalam dialek Jeju. Sehingga ini menjadi salah satu “oreum” di Pulau Jeju, yang merupakan pulau terbesar di Korea.

Serangkaian tangga dibuat untuk memudahkan pengunjung untuk mencapai puncak, meskipun berada di ketinggian 182 meter dan memiliki jalur yang cukup curam.

Pejalan kaki dapat berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan Pulau Jeju dan angin laut yang menyegarkan setelah 20 menit berjalan kaki dari pintu masuk taman ke puncak.

Setelah sampai di puncak, inilah waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Selain itu ada tangga yang dipisahkan menjadi dua arah, yang bisa bisa kamu lalui untuk turun dari puncak.

Jika ke arah kiri, maka kamu akan melihat bahkan menunggangi kuda poni Jeju atau yang biasa di sebut “Jorangmal”.

Dan jika kamu mengambil jalur sebelah kanan, kamu dapat menyaksikan sebuah pemandangan dari laut yang begitu cantik dengan dihiasi batu basal hitam.

Dan kamu juga bisa melihat “Haenyeo” atau para penyelam wanita yang biasanya mengumpulkan berbagai jenis kerang di sore hari yang begitu terkenal.

3. Berkuda

Berkuda
Selain mendaki ke puncak matahari terbit, kamu juga bisa mencoba untuk melakukan aktivitas menunggangi kuda poni Jeju (Jorangmal) di padang berumput dekat pintu masuk Seongsan Ilchulbong.

4. Menuju ke Pantai Pasir Hitam Jeju

Di kaki tebing Sunrise Peak adalah pantai pasir hitam yang begitu megah ini. Salah satu tempat terbaik untuk melihat Sunrise Peak dari dekat adalah di pantai ini.

Kamu juga dapat menikmati makanan laut yang baru ditangkap di pantai ini berkat penyelam wanita yang dikenal sebagai “haenyeo.”

5. Menyaksikan Kegiatan Para Penyelam Wanita

Disini kamu juga dapat melihat aksi “haenyeo”, di mana wanita Korea terjun ke air untuk mengumpulkan makanan laut. Waktu untuk kegiatan menyelam ini adalah 13.30 dan 15.00.

Penyelam wanita tua ini, begitu terkenal di seluruh Korea, yang juga merupakan simbol warisan matriarkal (peribuan) Jeju. Karena secara historis, perempuan memainkan peran penting sebagai kepala keluarga.

Waktu Untuk Mengunjungi Seongsan Sunrise Peak

Karena Korea memiliki empat musim yang berbeda, maka Sunrise Peak ini juga mempunyai suasana panorama yang indah dan berbeda setiap musimnya.

Berikut adalah nuansa panorama yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Sunrise Peak:

Musim Dingin

Saat musim dingin tiba, suhu dan cuaca di Pulau Jeju ini akan lebih ringan dibandingkan dengan daratan Korea lainnya.

Meskipun begitu, puncak Sunrise Peak ini masih akan terlihat begitu coklat dengan cuaca dingin dan lebih sering berawan serta berangin.

Musim Semi dan Gugur

Musim Semi dan Gugur
Pada dua musim ini merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi Sunrise Peak, karena cuaca nya yang begitu nyaman untuk sekedar berjalan-jalan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pesona dari bunga kanola kuning yang begitu indah, sehingga akan memberikan kesan Pulau Jeju yang begitu lembut dengan pemandangan yang menyegarkan dan lengkap.

Musim Panas

Nah untuk musim panas ini, meskipun cuaca di musim ini yang akan begitu terasa panas dan lembab, tapi kamu bisa pergi ke pelabuhan feri untuk ke Pulau Udo yang begitu indah.

Cara Menuju ke Seongsan Sunrise Peak

Jika kamu ingin berkunjung ke Seongsan Sunrise Peak ini, kamu bisa melakukan beberapa perjalan dengan sarana transport yang tersedia, sebagai berikut:

Dari Terminal Bus Antar Kota Jeju

Dari terminal bus ini kamu bisa mengambil bus dengan nomor 710 dengan tujuan halte pintu masuk Ilchulbong, yang akan memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit.

Jangan takut kehabisan bus, karena bus ini akan tiba setiap 20-25 menit, dimulai dari 06.15-21.00.

Dari Terminal Bus Antar Kota Seogwipo

Jika kamu dari kota Seogwipo, maka kamu bisa menaiki bus dengan nomor 701 menuju ke timur halte pintu masuk Ilchulbong dengan jarak waktu tempuh sekitar 2 jam 12 menit.

Bus ini akan tiba setiap 15-20 menit sekali, sejak 05.40 hingga 20.50.

Sewa Mobil

Selain dengan transportrasi umum seperti bus yang akan memakan waktu hingga 2 jam, kamu juga bisa nih menyewa mobil untuk menempuh perjalanan agar lebih singkat, apalagi Pulau Jeju ini cukup besar.

Biaya Masuk ke Puncak Seongsan Sunrise Peak

Biaya Masuk ke Puncak Seongsan Sunrise Peak
Untuk naik ke puncak Seongsan Sunrise Peak ini memang akan terkena biaya, karena yang terkumpul dari penjualan tiket masuk ini biasa akan digunakan untuk menjaga jalur pendakian agar tetap dalam kondisi yang baik.

Selain itu juga terdapat area parkir yang luas dan juga gratis, berikut adalah biaya masuk ke puncak Seongsan Sunrise Peak:

  1. Dewasa (usia 25<) 5.000 won, atau setara dengan Rp 55.000
  2. Anak-anak (usia 7-24) 2.500 won, atau setara dengan Rp 28.000
  3. Anak prasekolah (usia <6) gratis

Alamat dan Jam Operasional Puncak Seongsan Peak

Berikut adalah alamat serta jam operasioanl dari puncak Seongsan Sunrise Peak:

Jam Operasional:

  1. Senin Tutup
  2. Selasa 07.30–19.00
  3. Rabu 07.30–19.00
  4. Kamis 07.30–19.00
  5. Jumat 07.30–19.00
  6. Sabtu 07.30–19.00
  7. Minggu 07.30–19.00

Alamat:

Seongsan Ilchulbong, 78 Seongsan-ri, Seongsan-eup, Seogwipo-si, Jeju-do, Korea Selatan

+82 64-783-0959

*Pengunjung diharuskan untuk membeli tiket setidaknya 20 menit sebelum waktu penutupan.

Panorama dan Maps Seongsan Sunrise Peak

earth.google[dot]com/web/search/Seongsan+Ilchulbong

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar review Seongsan Sunrise Peak di Pulau Jeju:

Apa Julukan dari Pulau Jeju?

Berkat berlimpahnya bebatuan, wanita, dan angin, sehingga membuat Pulau Jeju dijuluki dengan “Pulau yang Berlimpah dengan Tiga Hal”.

Kesimpulan

Itulah sedikit review Seongsan Sunrise Peak yang bisa masuk ke dalam itinerary kamu selama berlibur di Pulau Jeju, Korea Selatan.

Karena ini menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi selama di Pulau Jeju. Bagaimana, tertarik melihat keindahan matahari terbit?

/* */